Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus

WhatsApp merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh orang Indonesia. WhatsApp digunakan untuk berkomunikasi dengan saling mengirim pesan kepada orang lain. 

Masalah yang seringkali muncul di WhatsApp adalah beberapa file yang terhapus secara sengaja maupun secara tidak sengaja. Beberapa orang merasa panik dan kebingungan apabila mengalami hal demikian, karena beberapa file yang terhapus bisa jadi merupakan sebuah file yang sangat penting. 

Apabila Anda mengalami hal yang demikian, jangan merasa panik dan kebingungan, karena masih terdapat beberapa cara untuk mengembalikan file WhatsApp yang terhapus. Lalu, bagaimanakah caranya? 

Artikel ini akan membahas cara mengembalian file Whatsapp yang terhapus dengan mudah dan cepat. Jadi, silakan simak hingga selesai ya!

Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus

Mengembalikan file WhatsApp yang terhapus bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu sebagai berikut: 

 

Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus via Google Drive

Salah satu cara mengembalikan file WhatsApp yang terhapus adalah melalui Google Drive. Berikut merupakan cara mengembalikan file whatsapp yang terhapus melalui Google Drive: 

Langkah yang pertama untuk mengembalikan file whatsapp yag terhapus adalah dengan melakukan uninstall aplikasi whatsapp Anda. Jika sudah lalu install kembali aplikasi Whatsapp. Anda dapat menginstall whatsapp melalui google play store. 

Jika proses instalasi Whatsapp sudah berhasil, Anda harus segera membuka aplikasi tersebut dan melakukan verifikasi nomor telepon Anda. 

Kemudian, Anda disarankan untuk memulihkan dokumen Anda. Anda dapat memilih memulihkan chat dan media dari google drive. 

Jika proses pemulihan telah selesai, pilihlan tombol lanjut. Chat dan dokumen whatsapp Anda akan segera ditampilkan setelah proses pemulihan selesai.

Tunggu beberapa saat hingga whatsapp memulihkkan dokumen Anda. 

Yang biasanya menjadi masalah adalah ketika whatsapp dipasang tanpa melakukan backup sebelumnya dari google drive. Hal ini seringkali membuat beberapa orang merasa khawatir akan kehilangan dokumen-dokumen penting. Tetapi, jangan khawatir, Anda tetap bisa memulihkan whatsapp secara otomatis melalui file cadangan lokal. 

 

Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus Melalui Aplikasi Manajer File

Berikut merupakan langkah mengembalikan file whatsapp yang terhapus dengan menggunakan aplikasi manajer file: 

Langkah yang pertama adalah mendownload terlebih dahulu aplikasi manajer file. Anda dapat menemukan aplikasi tersebut di Google Play Store. 

Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai. 

Apabila proses instalasi telah selesai, Anda dapat segera membuka aplikasi tersebut. 

Selanjutnya, Anda dapat membuka penyimpanan internal dan eksternal yang terdapat di smartphone Anda yang mempunyai folder whatsapp. 

Kemudian, Anda bisa membuka folder tersebut dan memilih file bernama Databases. 

Lalu, Anda bisa mengganti nama file cadangan yang akan Anda kembalikan. Nama mulanya adalah msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crypt12. Saat proses mengubah nama pastikan Anda tidak mengganti nomor eksistensi crypt. 

Apabila proses mengganti nama sudah selesai, Anda dapat melakukan uninstall aplikasi whatsapp Anda. 

Selanjutnya, bukalah google play store dan install aplikasi Whatsapp kembali. 

Kemudian, Anda bisa login kembali jika proses instalasi sudah selesai. Biasanya login Whastapp dilakukan dengan memasukkan nomor HP milik Anda. Setelah itu, Whatsapp akan mengirimkan nomor verifikasi ke nomor HP Anda melalui SMS. 

Lalu, Anda akan diarahkan untuk melakukan pemulihan. Anda dapat memilih menu pemulihan tersebut. 

Tunggu hingga proses pemulihan selesai. Pemulihan akan memakan cukup waktu terutama jika dokumen yang ngin Anda pulihkan cukup banyak. 

Jika proses pemulihan selesai, maka dokumen Anda telah kembali. 

 

Sumber Gambar: Pexels Free Images