Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

Smartphone terus mengalami perkembangan dan memiliki banyak fungsi belakangan ini. Smartphone saat ini sudah mempunyai layar ponsel dengan ukuran yang cukup besar, sehingga dapat memanjakan mata saat menggunakannya. Meski demikian, terdapat pula orang yang menganggap bahwa ukuran smartphone kurang besar, sehingga perlu media lain untuk menampilkan layar HP. 

Salah satu media yang dapat digunakan untuk menampilkan layar HP adalah laptop. Laptop memang mempunyai ukuran layar yang lebih besar, sehingga lebih memuaskan apabila digunakan. Layar smartphone dapat ditampilkan ke media lain, salah satunya adalah laptop. 

Tampilan layar smartphone dapat dipiindahkan ke smartphone dengan beberapa cara, yaitu dengan menggunakan kabel lain maupun aplikasi-aplikasi lain. Artikel ini akan membahas mengenai cara menampilkan layar HP ke laptop. Jadi, simak sampai selesai, ya!

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop 

Cara menampilkan layar HP ke laptop dapat dilakukan dengan beberapa cara salah satunya adalah dengan menggunakan kabel maupun aplikasi-aplikasi lain. 

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Menggunakan Kabel USB

Salah satu cara menampilkan layar HP ke laptop dengan mudah adalah dengan menggunakan kabel USB. Berikut merupakan cara menampilkan layar HP ke laptop dengan menggunakan kabel USB: 

Langkah pertama, pilihlah menu pengaturan yang terdapat di smartphone Anda. 

Setelah itu, Anda dapat memilih menu sistem, dan lanjutkan dengan kli menu tentang telepon. 

Jika sudah, scrol ke arah bawah dan carilah menu Build Number. Kemudian, pilihlah menu tersebut. 

Klik menu build number hingga 5 kali sampai muncul sebuah pemberitahuan bertuliskan You Are Now Developer. 

Lanjutkan dengan masuk ke Pengaturan Sistem, dan klik salah satu opsi yaitu Pengembang. 

Lalu, buika kembali Pengaturan, klik sistem, dan klik lagi opsi pengembang. 

Kemudian, Anda dapat melakukan scrol ke bawah kembali, alihkan pengaturan menjadi Debugging USB. Anda sangat disarankan untuk menambahkan tanda centang 'Selalu izinkan' untuk pop up 'Izinkan Debugging USB'. Jika sudah Anda tidak perlu lagi melakukan setting mode USB Debugging berulang kali. 

 

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Menggunakan WiFi

Selain menggunakan kabel USB, menampilkan layar HP ke laptop dapat dilakukan dengan menggunakan jaringan WiFi. Apabila Anda ingin menggunakan cara ini, maka Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa terdapat jaringan WiFi di sekitar Anda. Berikut merupakan cara menampilka layar HP ke laptop dengan menggunakan WiFi: 

Langkah pertama, pilihlah menu start di laptop. Anda dapat menemukannya di bagian pojok kiri bawah. Selanjutnya, ketikkan di kolom pencarian 'Connect'. 

Jika sudah akan terdapat beberapa pilihan hasil pencarian, Anda dapat memilih pilihan yang paling atas. 

Beberapa saat kemudian, menu Connect akan terbuka dan terdapat sebuah tulisan yaitu '…is ready for you to connect wirelessly'.

Selanjutnya, Anda dapat mengaktifkan screen mirroring di smartphone yang akan ditampilkan layarnya di laptop. Apabila Anda pengguna IPhone atau Samsung, Anda bisa langsung swipe up Control Center agar beralih ke menu screen miroring atau bisa juga smart view. Apabila Anda menggunakan smartphone jenis lain, Anda bisa memilih menu settings, lalu pilih wireless & network, lanjutkan pilih wireless display dan pilih smart view. 

Setelah itu, tunggu beberapa waktu sampai perangkat smartphone Anda terdeteksi ke laptop. Jika sudah terdeteksi pilihlah nama perangkat smartphone Anda. Sesaat kemudian layar HP Anda secara otomatis akan ditampilkan ke laptop. 

 

Sumber Gambar: Pexels Free Images