Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop

Dalam masa pandemi seperti sekarang ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk memasang WiFi di rumahnya. Saat pandemi memang banyak pekerjaan yang dilakuan di rumah, sehingga dibutuhkan jaringan internet yang kuat untuk menunjang pekerjaan tersebut. 

Jaringan WiFi dinilai lebih cepat dan lebih murah dibandingkan paket internet seperti biasanya. Maka dari itu, pengguna WiFi selama pandemi terus meningkat dengan seiring waktu. Akan tetapi, tak jarang pula beberapa orang yang tidak memiliki akses WiFi di rumahnya, sehingga memanfaatkan akses WiFi milik orang lain. 

Saat akan mengakses WiFi milik orang lain tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu password atau kata sandi WiFi tersebut. Seringkali, yang menjadi masalah adalah ketika kita tidak mengetahui password atau kata sandi dari WiFi tersebut. Akan tetapi, jangan khawatir terdapat sebuah cara untuk mengetahui password atau kata sandi WiFi tanpa bertanya kepada pemilik WiFi tersebut. 

Cara Mengetahui Password WiFi

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password atau kata sandi WiFi milik orang lain melalui laptop. Berikut merupakan cara mengetahui password WiFi orang lain melalui laptop: 

RajaBackLink.com

Cara Mengetahui password Wifi di Laptop Windows

Salah satu cara mengetahui password atau kata sandi di laptop adalah melalui sistem operasi Windows bawaan laptop. Lalu, bagaimanakah caranya, simak penjelasan berikut ini: 

Langkah pertama adalah dengan membuka menu start. Menu start biasanya dapat Anda temukan di pojok kiri bawah layar laptop Anda. Jika sudah, carilah opsi 'Status Jaringan'. Ketikkan opsi tersebut di kolom pencarian agar prosesnya lebih cepat. Selanjutnya, Anda bisa memilih menu 'Change Adapter Options' yang terdapat di menu pengaturan Anda. 

Kedua, Anda bisa melakukan klik kanan di adaptop WiFi Komputer Anda. Lalu, pilihlah menu Status. Lanjutkan dengan memilih menu Wireless Properties. Beberapa saat kemudian, akan ditampilkan sebuah kotak kata sandi yang bertuliskan simbol titik-titik. Anda akan menemukan kotak tersebut di bagian bawah tab keamanan. Selanjutnya, Anda bisa memilih Tampilkan Karakter untuk melihat kata sandi yang terdapat di dalam kotak tersebut. 

Akan tetapi, masalah seringkali muncul ketika kita tidak pernah terhubung dengan WiFi tersebut, sehingga tidak bisa mengetahui passwordnya. Namun, jangan khawatir, di bawah ini akan dijelaskan cara mengetahui password WiFi tanpa harus terhubung terlebih dahulu dengan WiFi tersebut. 

Cara yang dilakukan untuk mengetahui password WiFi tanpa harus terhubung lebih dahulu tetap bisa dilakukan melalui laptop dengan sistem operasi Windows. Caranya adalah sebagai berikut: 

Agar prosesnya dapat berjalan dengan lebih mudah, Anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasi pihak ketiga. Aplikasi tersebut bernama Magical JellyBean WiFi Password Revealer. Aplikasi ini berfungsi untuk menampilkan seluruh kata sandi dari WiFi yang disimpan di laptop tersebut. Anda dapat menginstal aplikasi ini dengan mengetikkan nama aplikasinya di mesin pencarian dan ikuti instruksinya. 

Akan tetapi, apabila Anda tidak ingin mengintal sebuah aplikasi tambahan, makaAnda dapat menemukan kata sandi yang terdapat di Command Prompt Windows. Selanjutnya bukalah terlebih dahulu start menu yang terdapat di pojok bawah layar laptop. Lalu carilah menu 'Command Prompt'. Jika sudah lakukan klik anan untuk proses Run As Administrator. Setelah itu, Anda bisa melakukan instruksi di bawah ini untuk menampilkan daftar jaringan WiFi yang disimpan.

Kemudian, pilihlah netsh wlan show profile. Lalu pilihlah salah satu jaringan WiFi dari daftar jaringan tersebut. Lanjut dengan menjalankan netsh wlan show profile MyNetwork key=clear. 

Terakhir, gantilah MyNetwork menggunakan nama jaringan yang Anda pilih. Beberapa saat kemudian, Anda akan dikirimkan informasi mengenai jaringan tersebut termasuk password atau kata sandi. 

 

Sumber Gambar: Pexels Free Images