Cara Menonaktifkan Facebook Sementara dan Permanen

Facebook merupakan salah satu media sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg. Sebenarnya Facebook sudah menjadi media sosial yang populer sejak beberapa tahun yang lalu. 

Meski sudah populer sejak lama, ternyata Facebook tetap mempunyai banyak pengguna hingga saat ini. Tak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, Faebook juga seringkali digunakan untuk berdagang secara online. 

Seiring dengan kepopuleran Facebook banyak orang yang mencari tahu mengenai cara menonaktifkan Facebook baik untuk sementara maupun secara permanen. Cara untuk menonatifkan Facebook cukup mudah dan tidak rumit. 

 

Pengguna Facebook bisa menonaktifkan akun Facebooknya untuk sementara maupun menghapus untuk selamanya atau permanen. Hal tersebut tergantung pada pilihan masing-masing pengguna. 

Apabila Anda ingin fokus pada suatu hal dan ingin beristirahat sejenak dari media sosial, salah satunya adalah Facebook, maka Anda bisa menonaktifkan akun Facebook Anda untuk sementara waktu. Akan tetapi, apabila Anda tidak ingin menggunakan kembali akun Facebook Anda untuk selamanya, maka Anda bisa menghapus secara permanen akun tersebut. Lantas, bagaimanakah caranya? Berikut merupakan cara menonaktifkan Facebook secara sementara ataupun permanen!

Cara Menonaktifkan Facebook Sementara

Apabila Anda ingin menonaktifkan akun Facebook Anda secara sementara, maka Anda bisa memperhatikan langkah-langkah berikut ini: 

Langkah pertama, buka akun Facebook milik Anda.

Pilih simbol menu, biasanya terletak di bagian kanan atas, berupa tiga garis. 

Llau, pilih bagian pengaturan. 

Pilihlah menu penonaktifan dan penghapusan. 

Tarik ke bawah dan pilih menu kepemilikan dan kontrol akun. Anda bisa menemukannya di bagian Informasi Facebook. 

Selanjutnya, pilihlah penonaktifan da penghapusan. 

Kemudian, klik nonaktifkan akun dan pilih juga penonaktifan akun. 

Terakhir, ikuti instruksi untuk mengkonfirmasi pilihan Anda. 

Ketika proses penonaktifan Facebook Anda telah berhasil, maka akun Facebook Anda tidak bisa dilihat oleh orang lain. Akan tetapi, teman Anda dapat melihat nama akun Facebook Anda dalam daftar teman mereka. Sementara itu, pesan dan komentar Anda juga masih bisa dilihat. Anda juga tetap bisa mengaktifkan Messenger atau login Messenger meskipun akun Facebook Anda dinonaktifkan. Yang tidak bisa dilihat saat menonaktifkan akun Facebook adalah profil Anda dan mencari nama Anda di menu pencarian Facebook. 

Cara menonaktifkan Facebook Secara Permanen

Anda harus memikirkan hal ini secara matang-matang apabila ingin menghapus akun Facebook Anda secara permanen. Jika Anda menghapus akun Anda secara permanen, maka Anda tidak akan bisa melihat akun Anda, postingan, komentar, dan semua data yang telah tersimpan di akun Facebook Anda. Anda juga tidak bisa menggunakan Messenger Anda, bahkan juga tidak bisa login Spotify dan aplikasi lain menggunakan Akun Facebook Anda. Maka dari itu, pikirkan terlebih dahulu pilihan Anda sebelum terlanjur menghapus akun Facebook Anda. 

Berikut adalah cara menonaktifkan akun Facebook secara permanen: 

Langkah pertama, tentu saja masuk ke akun Facebook Anda. 

Selanjutnya pilihlah menu yang terdapat di bagian kanan atas Facebook. 

Tarik ke bawah dan pilih menu pengaturan. 

Tarik ke bawah lagi dan lihat menu informasi facebook, lalu pilihlah menu kepemilikan dan kontrol akun. 

Kemudian, pilih menu penonaktifan dan penghapusan, lalu klik menu hapus akun. 

Tindakan menghapus akun secara permanen ini dapat dibatalkan dalam waktu kurang dari 30 hari. Apabila Anda berubah pikiran dan ingin membatalkan penonaktifan akun Facebook secara permanen, simak keterangan berikut!

Cara Membatalkan Penghapusan Akun Facebook 

Langkah pertama, masuk ke akun facebook Anda dalam waktu kurang dari 30 hari setelah Anda berupaya menghapus akun secara permanen. 

Pilih batalkan penghapusan. 

Apabila dalam waktu lebih dari 30 hari, maka akun Facebook Anda sudah benar-benar terhapus dan tidak bisa dipulihkan. 

Sumber Gambar: Pexels Free Images