Daftar Aplikasi Kalender Hijriyah Android Terbaik

Bagi umat Muslim, kalender Hijriyah diperlukan untuk mengingatkan hari-hari penting terkait peribadatan. Karenanya, penting juga untuk meng-install aplikasi android kalender Hijriyah di smartphone.

Aplikasi android kalender Hijriyah hingga saat ini telah banyak bermunculan dan bisa diunduh secara gratis 100% di Google Playstore.

Berikut adalah rekomendasi aplikasi android terbaik terkait kalender Hijriyah yang bisa Anda coba pasang di smartphone Android kesayangan Anda. Silakan disimak!

1. Kalender Hijriyah (Islam)

Aplikasi android yang satu ini berfungsi untuk mengonversi antara tanggal Masehi dan tanggal Hijriah. Aplikasi ini menyediakan kalender penanggalan Islam secara lengkap.

Aplikasi android ini telah dilengkapi dengan fitur slide untuk penunjukkan bulan sebelum dan setelahnya. Selain itu, hari-hari besar umat Islam pun ditampilkan dalam aplikasi ini.

Kalender Hijriyah yang terdapat pada aplikasi ini adalah bersifat estimasi yang merujuk pada hasil perhitungan bulan (Hisab Hilal). Oleh karenanya, untuk penentuan mutlak terkait hari raya akan tetap menunggu nanti hasil keputusan dari Ru’yatul Hilal yang akan digelar setiap tanggal 29 bulan Islam oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Aplikasi Kalender Hijriyah (Islam) hingga saat ini telah diunduh lebih dari 1 juta kali. Aplikasi yang satu ini memiliki ukuran yang ringan yaitu sebesar 3.3 MB, sehingga tidak akan membebani ruang penyimpanan smartphone Android Anda.

2. Kalender Hijriah Offline

Selain merilis aplikasi android berjenis kamus bahasa Inggris, pengembang BriXzeN pun membuat aplikasi keislaman bernama kalender Hijriah Offline.

Aplikasi android yang satu ini memiliki fitur yang bisa mengubah penanggalan Masehi menjadi penanggalan Hijriah. Selain terdapat kalender hijriyah, aplikasi ini pun dilengkapi dengan fitur lainnya seperti menampilkan apa saja hari-hari spesial dalam Islam, loncat ke bulan tertentu, share ke media sosial, Prayer, Doa dan Copy Clipboard.

Aplikasi Kalender Hijriah Offline bisa dijalankan pada sistem operasi Android tipe 4.1 ke atas. Ukuran file aplikasi ini adalah sebesar 2.2 MB saja.

Aplikasi android yang satu ini mempunyai rating yang cukup bagus di Google Playstore. Hingga saat ini, aplikasi Kalender Hijriah Offline telah diunduh lebih dari 100.000 kali.

3. Aplikasi Android: Kalender Islam 1437 Hijriyah Plus Jadwal Puasa Sunnah

Mirip dengan aplikasi android kalender Hijriyah yang sebelumnya, aplikasi yang satu ini memiliki fungsi yang sama. Walaupun demikian, aplikasi kalender ini dirancang dengan fitur yang cukup lengkap sehingga bisa menunjang aktivitas ibadah Anda.

Fitur-fitur yang terdapat di aplikasi ini yaitu jadwal ibadah puasa Senin dan Kamis, ibadah puasa Ayamul Bidh (setiap tanggal 13, 14, 15 tiap bulan Islam), ibadah puasa Arafah, ibadah puasa Tasu’a-Assyura, dan ibadah puasa Ramadhan.

Setiap jadwal ibadah puasa sunnah dan ibadah puasa wajib adalah dapat dibedakan berdasarkan warna pada aplikasi ini. Aplikasi android ini dapat Anda unduh secara gratis 100% di Google Playstore.

4. Waktu Shalat dan Kalender Islam

Aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh Muhamed Rabbani. Aplikasi android ini dirancang dengan fitur utamanya yaitu kalender Hijriyah dan kalender Gregorian.

Selain tersedia fitur kalender, dalam aplikasi ini juga disediakan fitur lain yaitu jadwal waktu shalat, penunjuk arah kiblat, kumpulan doa-doa dalam Al-Qur’an dan Hadist, informasi cuaca, dan informasi fase bulan. Kalender Hijriyah pada aplikasi ini disusun berdasarkan perhitungan Ummul Qura.

Aplikasi android yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur jadwal waktu shalat yang bisa diatur berdasarkan dengan zona waktu serta lokasi dari penggunanya. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1 juta kali dan terdapat fitur-fitur tertentu yang akan dilakukan pembayaran dari penggunanya jika ingin menikmati fitur spesial tersebut.

5. Kalender Hijriah dan Jawa

Kalender Hijriah dan Jawa merupakan aplikasi android yang berisi penanggalan tahun Islam sekaligus penanggalan tahun Jawa.

Untuk kalender Jawa, penanggalan dibuat berdasarkan fase bulan sehingga sangat dimungkinkan bagi Anda untuk mengetahui lebih lanjut apa saja hari pasaran dalam penanggalan Jawa.

Dalam aplikasi ini dilengkapi juga fitur hari-hari penting untuk umat Muslim, fitur tanggal libur nasional, fitur konversi perhitungan umur yang dihitung berdasarkan tanggal lahir, serta fitur konversi perhitungan hari peringatan kematian diantaranya seperti pitung dina, nyatus, dan nyewu.

Aplikasi android ini dapat Anda unduh secara gratis di Google Playstore, dengan ukurannya yang hanya sebesar 5.6 MB. Aplikasi ini dapat dipasang pada smartphone Anda mulai dari OS Android versi 2.0 ke atas.

6. Islamic Calendar (Hijri)

Aplikasi Kalender Hijriyah yang direkomendasikan selanjutnya adalah bernama Islamic Calendar (Hijri). Sesuai dengan namanya, aplikasi android yang satu ini akan memberikan fasilitas penanggalan kalender Hijriyah untuk Anda, yang telah disusun secara akurat bersamaan dengan penanggalan kalender Masehi.

Fitur lain yang terdapat pada aplikasi ini antara lain hari-hari besar umat Muslim dan konversi penanggalan kalender Masehi ke penanggalan kalender Hijriyah.

Aplikasi ini dilengkapi juga dengan fitur tema pada setiap kalender yang dipilih. Berbagai tema yang indah bisa Anda saksikan dalam aplikasi ini. Selain itu, terdapat juga fitur widget penanggalan kalender Islam sehingga Anda dapat memasangnya secara langsung di tampilan layar depan smartphone Anda.

Selain adanya fitur-fitur unik tersebut, terdapat pula fitur pemutaran ayat acak dari Al-Quran dan teks Hadist setiap harinya yang bisa Anda hapalkan.

Kemudian, terdapat pula fitur penunjuk arah kiblat, jadwal waktu shalat harian, kumpulan Asmaul Husna lengkap, jadwal waktu puasa, kalkulator penghitung zakat, dan penghitung tasbih. Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis 100% di Google Playstore.

7. Hijriah Kalender Islam 2020

Mengusung fungsi yang hampir sama seperti aplikasi kalender Islam yang sebelumnya, aplikasi ini menghadirkan fitur penanggalan kalender Hijriyah dan kalender Masehi secara akurat.

Aplikasi android ini juga memiliki kalkulator pengukur usia yang bisa dihitung berdasarkan tahun Hijriyah. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui usia Anda pada perhitungan Hijriyah.

Cara menggunakan kalkulator pengukur usia Hijriyah di atas adalah tidak sulit. Anda hanya perlu memasukkan saja tanggal lahir Anda berdasarkan kalender Masehi. Setelahnya, penghitungan usia Anda akan ditampilkan secara otomatis berdasarkan kalender Masehi dan kalender Hijriyah.

Terdapat fitur-fitur unik dalam aplikasi ini antara lain fitur koreksi manual, fitur pergi ke tanggal tertentu, fitur widget layar utama, fitur multilingual (bahasa Malaysia, bahasa Inggris, bahasa Turki, bahasa Swahili, bahasa India, bahasa Thailand), fitur geser slide ke bulan selanjutnya atau sebelumnya, dan fitur kalender Ummul Qura.

Ukuran aplikasi ini adalah sebesar 6.6 MB saja dan telah bisa di-install mulai OS Android versi 4.1 ke atas. Aplikasi android ini adalah tipe yang berbayar. Setiap item yang terdapat dalam aplikasi ini bernilai Rp14.000.

8. Hijri – Jam Islam Widget

Aplikasi Hijri – Jam Islam Widget didukung dengan berbagai bahasa yaitu bahasa Perancis, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahasa Turki, bahasa Filipina, bahasa Malaysia, dan bahasa Arab.

Kelebihan yang dihadirkan oleh fitur-fitur aplikasi ini adalah dapat menambahkan widget-nya ke layar utama dan mengubah tema widget-nya sesuai keinginan Anda.

Aplikasi ini memiliki size yang sangat ringan yaitu berukuran hanya 1.9 MB saja. Fitur perubahan tanggal Hijriah per harinya dalam aplikasi ini adalah ketika masuk waktu Maghrib.

Aplikasi ini bisa Anda jalankan pada smartphone mulai OS Android versi 4.4 ke atas. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis 100% di Google Playstore.

9. Kalender Hijri Pasaran

Aplikasi kalender Hijriyah selanjutnya yang direkomendasikan adalah Kalender Hijri Pasaran. Aplikasi ini juga menghadirkan penanggalan Jawa.

Fitur yang hadir dalam aplikasi ini terdiri atas fitur hari libur nasional, fitur hari besar Islam, fitur informasi ibadah bulanan umat Muslim, fitur penanggalan kalender Hijriyah, fitur penanggalan kalender Pasaran, dan fitur penanggalan kalender bulan Masehi.

Dalam aplikasi android ini juga terdapat fitur widget, yang akan bisa menampilkan informasi kalender secara dinamis untuk Anda. Aplikasi ini dapat Anda install secara gratis 100% di Google Playstore.

Ukuran dari aplikasi ini adalah sebesar 20 MB dan terdapat di dalamnya tayangan iklan ketika aplikasi telah dijalankan.

10. Kalender Hijriah (Masehi)

Rekomendasi terakhir dari aplikasi android kalender Hijriyah adalah bernama Kalender Hijriah (Masehi). Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana, namun lengkap.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur konversi dari penanggalan kalender Hijriyah ke penanggalan kalender Masehi atau sebaliknya.

Penanggalan Hijriyah dalam aplikasi ini adalah menggunakan perhitungan bulan (Hisab Hilal).

Aplikasi ini dirancang dengan berbagai fitur yang bermanfaat seperti fitur smart muslim yang berisi panduan ibadah sehari-hari. Panduan tersebut diantaranya adalah informasi bacaan sholawat, tahlil, yasin, panduan sholat, informasi panduan zakat, panduan ibadah haji, panduan cara tayamum, dan panduan ibadah umroh.

Fitur lainnya yang juga terdapat pada aplikasi ini adalah tilawah Al-Quran 30 Juz, Fiqh Sunah, Jadwal Waktu Shalat dan Imsakiyah untuk setiap daerah di Indonesia, dan sebagainya.

Demikian, daftar aplikasi kalender Hijriyah terbaik yang direkomendasikan untuk smartphone android Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @200degrees