Cara Unreg Kartu Smartfren

Smartfren merupakan salah satu perusahaan layanan telekomunikasi di Indonesia yang cukup dikenal masyarakat. Salah satu layanan yang paling banyak diminati masyarakat adalag 4G LTE Advanced pada tahun 2015. Perusahaan ini masih aktif dan banyak berkiprah dalam layanan penyedia telekomunikasi seperti Andromax dan MiFi modem. 

Apabila ingin mengaktifkan kartu smartfren, pengguna Telkomsel harus melakukan registrasi dengan mengirimkan nomor Kartu Keluarga serta Nomor Induk Kependudukan. Aturan memasukkan nomor KK dan NIK tersebut telah dilakukan sejak tahun 2017 dan merupakan salah satu kebijakan pemerintah tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. 

Pengguna Smartfren yang sudah melakukan registrasi berarti secara resmi telah menjadi pengguna Smartfren. Akan tetapi, terkadang tak sedikit pula pengguna yang ingin melakukan unreg atau membatalkan registrasi kartu Smartfren. Artikel ini akan memaparkan langkah-langkah dalam melakukan unreg kartu Smartfren. 

Berikut merupakan cara dalam melakukan Unreg Kartu Smartfren:

RajaBackLink.com

Cara melakukan unreg kartu Smartfren dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu melalui SMS dan melalui website. 

Cara Unreg Kartu Smartfren Lewat SMS

Cara melakukan Unreg kartu Smarfren melalui SMS cukup mudah dan praktis. Berikut ini merupakan cara dalam melakukan unreg kartu Smartfren melalui SMS:

Siapkan ponsel Anda, bukalah fitur pesan singkat atau SMS di ponsel Anda. 

Setelah itu, tuliskan pesan singkat dengan format sebagai berikut: UNREG#NomorPonsel#. Contohnya ialah UNREG#08122334456#. 

Kemudian, kirimkan pesan singkat tersebut ke nomor 4444. 

Setelah selesai, tunggulah pesan masuk ke ponsel Anda. Pesan itu akan menyatakan bahwa kartu Smartfren Anda telah berhasil dinonaktifkan. 

Cara Unreg Kartu Smartfren Melalui Website

Cara melakukan Unreg Kartu Smartfren yang kedua adalah melalui website. Cara ini cukup mudah dan praktis. Namun pastikan Anda memiliki kuota yang cukup untuk membuka website Smartfren. 

Cara melakukan Unreg kartu Smartfren melalui website adalah sebagai berikut:

Langkah yang pertama, pastikan ponsel Anda telah tersambung ke internet. 

Setelah itu, bukalah website Smartfren yaitu mysf.id/unreg. Website tersebut hanya bisa digunakan atau diakses dengan ponsel yang hanya tersambung jaringan internet Smartfren. 

Selain itu, pastikan pula pilihan data server dalam aplikasi browser dalam keadaan mati atau off. '

Apabila merasa kebingunan dalam menonaktifkan data server, Anda dapat memilih tombol titik tiga. Anda dapat menemukan tombol tersebut pada halaman pojok kanan atas di halaman situs web Anda. Kemudian, pilihlah pengaturan atau setting dan klik data server. 

Setelah data server pasti telah off atau nonaktif, masukkan data-data kartu SIM Smartfren Anda di situs tersebut. Kemudian, tunggu beberapa saat, informasi mengenai penonaktifan kartu SIM Smartfren akan dikirimkan dari operator. 

Pilihan Paket Smartfren

Agar pelanggan Smartfren tidak pindah ke layanan penyedia telekomunikasi lain, Smartfren telah menyediakan beberapa paket data pilihan. Pilihan data ini dapat membuat pengguna berpikir ulang apabila ingin beralih ke layanan penyedia telekomunikasi lain sebelum melakukan Unreg. Berikut merupakan pilihan paket data yang ditawarkan Smartfren. 

Kuota Internet Kemendikbud

Smartfren masuk ke dalam salah satu layanan penyedia jasa yang menyediakan paket internet gratis dari pemerintah. Tujuan dari paket ini adalah untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar di rumah karena pandemi. 

Paket Smartfren ini tersedia untuk kalangan pelajar dari jenjang PAUD/TK, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), maupun mahasiswa. Selain itu, paket kuota ini juga tersedia untuk kalangan pengajar yang terdiri dari guru dan dosen. 

Paket internet yang ditawarkan oleh Smartfren adalah sebesar 7 hingga 15 GB.  

Kuota ini dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar online seperti Google Meet, Zoom, ataupun aplikasi pembelajaran seperti Ruang Guru, Zenius, dan lain-lain. Akan tetapi, kuota ini tidak bisa digunakan untuk media sosial, game, dan lain-lain.

Gokil Max

Gokil Max merupakan salah satu layanan Smartfren yang menyediakan pilihan kuota 9 GB, 21 GB, dan 36 GB.

Sumber Gambar: Pexel Free Images