Cara Upload Foto Instagram Tanpa Crop

Mendokumentasikan aktivitas berharga kita di aplikasi Instagram memang menyenangkan. Terlebih dengan kehadiran fitur-fitur terbarunya, aksi bermedia sosial pun semakin membuat betah!

Apa Anda termasuk yang rajin upload foto di Instagram? Pernah tidak mengalami masalah ingin upload foto, tetapi terhalang ukurannya dan akhirnya mesti di-crop? Ini memang hal yang tidak mengasikkan ketika terjadi! 

Ketika foto yang akan di-upload itu telah memiliki format dan efek yang kita inginkan, memang sangat disayangkan sekali apabila hanya karena ukurannya yang besar ataupun tidak sesuai dengan format yang tersedia di aplikasi Instagram, foto itu jadinya harus dipotong (crop) demi bisa sukses ter-upload di sana.

Pastinya, jika ada jalan keluar yang lain selain di-crop, tentunya hal itu akan diambil demi menjaga estetika foto tersebut. Tetapi, apakah ada cara sukses upload foto di Instagram tanpa harus crop, jika foto itu tidak sesuai dengan ukuran yang ditetapkan?

Kabar baik, jawabannya adalah ada! Kita bisa upload foto kesayangan kita yang berbeda dengan ukuran yang telah ditetapkan oleh aplikasi Instagram, tanpa harus dulu di-crop. Ini adalah jawaban yang pasti dibutuhkan oleh semua pengguna Instagram.

Memang benar, aplikasi Instagram hingga saat ini termasuk pada jajaran aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Bukannya tanpa alasan hal ini bisa terjadi. Fitur-fitur yang hadir di aplikasi Instagram waktu demi waktu terus diperbarui dan di antaranya terus dihadirkan fitur baru.

Fitur-fitur yang hadir di Instagram benar-benar semakin memanjakan para penggunanya. Banyak sekali sekarang di sana fitur baru yang unik, keren, dan lucu apabila digunakan. Tentu, hal ini akan membuat para penggunanya semakin betah dan terus memakainya dalam aktivitas keseharian mereka, di aplikasi milik Marc Zuckerberg ini.

Selain itu, Anda juga bisa melihat unggahan foto, video, dan reels hasil share dari orang lain yang mungkin akan membuat Anda terinspirasi karenanya. Anda tentu bisa membuat jenis konten yang serupa, namun dengan versi Anda sendiri.

Anda bisa mengedit hasil karya Anda sendiri di aplikasi Instagram dengan menggunakan fitur-fitur keren yang tersedia di sana. Dalam Instagram telah disediakan banyak fitur yang menunjang aktivitas editing seperti di antaranya terdapat filter foto, fitur audio, dan fitur efek yang akan mempercantik foto atau video Anda.

Meskipun begitu, jika Anda mengalami kendala saat akan meng-upload foto di Instagram karena ukurannya yang tidak sesuai dengan aplikasi, maka jangan tergesa-gesa untuk mengambil rekomendasi crop, ya, yang ditawarkan di sana! Masih ada cara lain agar foto itu bisa di-upload tanpa harus dulu di-crop.

Penasaran dengan caranya? Silakan Anda simak baik-baik penjelasannya di bawah ini!

Berikut adalah cara upload foto di Instagram tanpa dulu harus crop, apabila formatnya tidak sesuai dengan format yang disediakan dalam aplikasi tersebut.

Cara Sukses Upload Foto Instagram Tanpa Harus Crop

Silakan Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini mengenai cara sukses upload foto di Instagram tanpa harus crop, yaitu:

  1. Unduhlah aplikasi instafitter di smartphone Anda
  2. Setelah berhasil meng-install instafitter, silakan dibuka
  3. Anda akan disuguhi dengan tampilan utama pada aplikasi ini, silakan diklik 'select picture'
  4. Anda akan diarahkan untuk membuka galeri, silakan dipilih foto mana yang ingin Anda unggah sukses ke instagram tanpa harus di-crop
  5. Silakan dipilih template yang tersedia di sana di bagian bawah aplikasi
  6. Anda bisa mengatur warna template tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Caranya adalah mengklik posisi ikon kedua dari kiri
  7. Klik 'save'
  8. Setelahnya akan muncul opsi kualitas foto yang ingin disimpan, silakan dipilih sesuai kebutuhan Anda
  9. Tunggu selama beberapa saat, foto tersebut akan tersimpan secara otomatis di galeri folder 'instafitter' dalam smartphone Anda
  10. Selamat, foto telah siap diunggah di Instagram Anda tanpa perlu di-crop.

Demikian, pembahasan mengenai cara upload foto Instagram tanpa crop yang bisa mulai Anda coba sedari sekarang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @3422763