Cara Cek Nomor Smartfren

Apabila Anda baru saja membeli kartu baru dari provider Smartfren namun terlupa menyimpan nomornya, sementara kemasan kartu sudah lenyap terbuang, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana prosedur cara mengecek nomor Smartfren secara mandiri. Biar bagaimanapun juga, pengguna wajib menambahkan nomor pribadinya untuk keperluan pengisian pulsa maupun isi ulang paket data. Tapi, bagaimanakah prosedur cek nomor Smartfren yang bisa dicoba?

Panduan Cek Nomor Smartfren Secara Mandiri

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengecek nomor Smartfren secara mandiri, satu diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Via Telepon

Teknik pertama yang bisa dijajal ialah memanfaatkan kode USSD atau yang juga populer sebagai bintang, bar code, atau angka. Untuk langkah-langkah pengecekan bisa dipahami dalam urutan berikut.

  1. Buka menu panggilan yang ada di perangkat seluler Anda.
  2. Tuliskan *995# pada kolom yang tersedia dan klik button telepon.
  3. Pada dialog baru yang muncul, pilih opsi Info dan klik OK.
  4. Pengguna bisa melihat detail nomor Smartfren yang sedang digunakan saat hasilnya dimunculkan.

2. Lewat SMS

Opsi lain yang bisa dipilih ialah menggunakan SMS yang dikirimkan ke kontak Customer Service Smartfren. Namun meskipun prosedur ini memanfaatkan fitur pesan teks, segala rangkaian prosesnya tidak memakan biaya sama sekali, alias gratis. Untuk dapat mengecek nomor lewat SMS, berikut merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan.

RajaBackLink.com
  1. Buka aplikasi SMS kemudian buat pesan baru dengan format INFO.
  2. Setelah itu, kirimkan pesan ke nomor 995 dan tunggu beberapa waktu sampai muncul balasan dari pihak operator.
  3. Tidak berselang lama, nomor yang Anda gunakan akan tertulis di pesan balasan.

3. Menggunakan Operator

Teknik yang sama juga berlaku untuk operator seluler lain selain Smartfren. Secara umum Smartfren memang menawarkan layanan call center yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari mengeluhkan suatu kendala hingga pemeriksaan kartu dan status aktivasinya. Ketika menghubungi operator, pengguna juga berkesempatan meminta informasi terkait versi kartu yang digunakan, pun berapa nomor kartunya. Lebih lanjut, berikut merupakan petunjuk menghubungi call center Smartfren.

  1. Buka menu panggilan dan tuliskan nomor 995. Setelah itu klik panggil agar terhubung dengan call center Smartfren.
  2. Tunggu beberapa waktu hingga operator berhasil menghubungkan panggilan ke pusat panggilan.
  3. Saat sudah terhubung, Anda dapat menanyakan detail kartu Smartfren yang digunakan secara langsung. Pada fase ini, Anda bisa mempersiapkan kertas atau ponsel lain untuk mencatat nomor yang didiktekan.
  4. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menghubungi nomor 500 jika gagal menggunakan 995.

4. Melalui Aplikasi MySmartfren

Ada juga pemeriksaan nomor dengan menggunakan aplikasi MySmartfren yang digawangi langsung oleh pihak Smartfren. Aplikasi ini sejatinya menawarkan berbagai fitur dasar seperti informasi detail nomor, pembelian paket data, pemeriksaaan sisa kuota, informasi paket terbaru, dan lain sebagainya. Sementara itu, panduan untuk cek nomor lewat aplikasi MySmartfren bisa dilakukan dengan cara berikut.

  1. Unduh dan lakukan instalasi aplikasi MySmartfren melalui Google Play Store atau situs resmi Smartfren.
  2. Buka aplikasi MySmartfren, kemudian daftarkan sebuah akun menggunakan alamat email aktif.
  3. Setelah berhasil, akan muncul halaman utama aplikasi secara otomatis, dimana pada halaman tersebut bakal ditampilkan nomor Smartfren yang sedang digunakan.

5. Dengan Misscall

Alternatif terakhir, Anda bisa mencoba memeriksa nomor Smartfren dengan cara misscall ke nomor lain. Mudah saja, cukup masuk ke menu telepon dan hubungi teman atau keluarga yang ada di dekat Anda. Setelah itu, nomor Smartfren bisa dilihat dari panggilan yang masuk ke nomor tujuan.

Itulah beberapa opsi cara cek nomor Smartfren yang bisa Anda coba terapkan.

 

Sumber gambar: Dreamstime Free Image

Leave a Comment