Alat Penting untuk Meningkatkan Pengalaman Menulis Anda

Ini tahun 2023, dan menulis bukan hanya sekedar hobi lagi. Sebaliknya, ini adalah pilihan karier bagi banyak orang – yang masuk akal mengingat permintaan yang tinggi akan konten di dunia online.

Tetapi, terlepas dari apakah seseorang menulis sebagai hobi atau sebagai profesi, mereka sering menemukan diri mereka bergumul dengan beberapa hal yang berbeda. Pertama, mereka mungkin kesulitan menemukan dan memperbaiki sendiri semua kesalahan tata bahasa/ejaan dalam konten, atau mereka mungkin kesulitan mendapatkan akses ke semua opsi pemformatan yang mereka perlukan, dll.

Untungnya, ada sejumlah alat online yang tersedia untuk penulis yang dapat membantu meningkatkan pengalaman menulis mereka. Dalam posting ini, kita akan melihat beberapa di antaranya serta bagaimana Anda dapat menggunakannya dengan benar saat diperlukan.

RajaBackLink.com

Apa Saja Alat Penting untuk Meningkatkan Pengalaman Menulis Anda?

Berikut adalah daftar alat yang akan kita bahas dalam posting ini:

  1. Perangkat Lunak Pengolah Kata – MS Word
  2. Alat Pemeriksa Plagiarisme – Check-Plagiarism
  3. Alat Parafrase – Paraphraser

Jangan khawatir jika alat ini tidak masuk akal saat ini. Saat membahas masing-masing, kita akan berbicara tentang bagaimana tepatnya mereka dapat membantu meningkatkan proses penulisan dengan menjelaskan fitur-fitur yang relevan.

1. Perangkat Lunak Pengolah Kata – MS Word

Ketika kita berbicara tentang “menulis”, definisi yang paling literal pada dasarnya berarti tindakan mengetik huruf dan karakter untuk pembentukan konten. Ini dapat dilakukan secara harfiah di setiap tempat yang memiliki kotak/ruang input untuk karakter Unicode.

Tapi, tentu saja, tidak ada yang suka menulis konten mereka di tempat seperti Notepad atau bilah alamat mesin pencari mereka. Orang-orang menggunakan perangkat lunak pengolah kata karena mereka datang dengan semua opsi pemformatan dan gaya yang diperlukan yang mungkin diperlukan selama proses penulisan.

Dengan kata lain, perangkat lunak pengolah kata membantu meningkatkan proses penulisan dengan memberi pengguna akses ke fitur pemformatan (serta sejumlah opsi lainnya). Dan di kategori perangkat lunak pengolah kata, mungkin ada nama yang lebih populer dari Microsoft Word.

Microsoft Word adalah bagian dari paket Microsoft 365. Sama seperti Excel dan PowerPoint yang masing-masing digunakan untuk membuat file .xlsx dan .ppt, Word digunakan untuk membuat file .docx. Muncul dengan opsi yang berguna, dengan segala sesuatu mulai dari fitur pemformatan, yaitu, gaya font, penataan paragraf, dll., hingga alat perancangan dan menggambar.

Dengan MS Word, Anda juga dapat membuat dan memasukkan referensi dan kutipan ke dalam dokumen Anda. Anda juga dapat memberi nomor halaman, mengedit footer dan header, memeriksa kesalahan ejaan, mengetahui jumlah kata, menambahkan keterangan dan daftar isi, dan sebagainya.

Kami tidak dapat benar-benar berlaku adil pada MS Word dengan menyebutkannya dalam tenor sepintas ini. Namun, hal-hal yang telah kami sebutkan di atas dapat memberi Anda gambaran tentang sejauh mana yang dapat Anda lakukan dengannya.

Fitur

  1. Hadir dengan opsi pemformatan dan gaya yang sangat baik
  2. Hadir dengan berbagai gaya font
  3. Memungkinkan pengguna untuk memasukkan elemen multimedia yang berbeda dalam tulisan mereka
  4. Dilengkapi dengan tata bahasa terintegrasi dan pemeriksa ejaan
  5. Menawarkan berbagai template berguna yang ada
  6. Gratis untuk digunakan online

2. Alat Pemeriksa Plagiarisme – Periksa-Plagiarisme

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, dalam konteks kita saat ini, proses penulisan tidak hanya mencakup fase penulisan itu sendiri, tetapi juga hal-hal yang muncul sebelum dan sesudahnya.

Salah satu langkah terpenting yang harus diambil penulis setelah selesai menulis konten adalah memeriksa plagiarisme di dalamnya. Karena plagiarisme memiliki banyak konsekuensi berbahaya, maka perlu untuk menemukan dan menghapus semua jejaknya.

Masalah dengan plagiarisme adalah untuk menemukannya, tidak ada cara manual yang dapat Anda gunakan. Dengan kata lain, ketika sampai pada hal-hal seperti kesalahan tata bahasa dan pembuatan ide, alat bertindak dalam kapasitas bantuan dan tidak sepenuhnya diperlukan. Di sisi lain, untuk memeriksa plagiarisme, menggunakan alat adalah satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan… secara praktis. Secara teknis tidak ada yang menghentikan seseorang untuk memeriksa sepotong teks terhadap semua yang dipublikasikan di internet jika mereka punya waktu.

Kembali ke intinya, ketika Anda perlu memeriksa plagiarisme dalam konten Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan alat yang tepat untuk pekerjaan itu. Check-Plagiarism adalah pilihan bagus yang dapat Anda pilih, berkat ketersediaannya yang gratis dan hasil yang akurat.

Ada beberapa fitur yang dapat Anda gunakan dengan Check-Plagiarism sebelum dan sesudah memulai proses.

Fitur

  1. Memungkinkan pengguna mengunggah file langsung dari penyimpanan lokal mereka
  2. Memiliki batas input 1.000 kata
  3. Memberikan keunikan dan plagiarisme konten sebagai persentase
  4. Mengizinkan pengguna membuat dan mengunduh laporan plagiarisme

3. Alat Parafrase – Parafrase

Oke, jadi kita sudah membahas tentang pentingnya memeriksa plagiarisme dan bagaimana Anda dapat menggunakan alat di atas untuk melakukannya.

Tapi apa yang Anda lakukan jika cek kembali menunjukkan bahwa sebagian besar teks Anda memang dijiplak?

Apakah Anda menghapus bagian yang dijiplak? Itu mungkin dan dapat dilakukan tetapi bukan pilihan ideal jika konten plagiarisme memainkan peran yang menentukan dan utama dalam keseluruhan makna konten.

Apa yang dapat Anda lakukan dalam situasi seperti ini hanyalah memparafrasekan konten yang dijiplak. Parafrase mengacu pada proses mengubah isi dengan mengganti kata dan frase tanpa mengubah makna secara keseluruhan. Biasanya, ini bisa menjadi proses yang memakan waktu, tetapi Anda dapat menggunakan alat parafrase untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Dan untuk memilih alat parafrase, Anda tidak perlu melangkah lebih jauh dari Parafrase.

Parafrase adalah – Anda dapat menebaknya – alat parafrase yang dilengkapi dengan model dan algoritme AI seperti NLP dan GPT-3. Berkat integrasi AI dalam kerjanya, alat ini mampu memahami makna konten yang diberikan. Itu dapat membuat perubahan yang sesuai yang tidak mengalihkan atau mengurangi konteks utama.

Ada kegunaan lain di mana Anda dapat menggunakan alat ini daripada hanya menggunakannya untuk menghilangkan plagiarisme. Anda bahkan dapat menggunakannya jika Anda ingin meningkatkan alur dan kualitas konten Anda atau jika Anda ingin menulis sesuatu menggunakan kata-kata…selain dari apa yang awalnya Anda gunakan.

Fitur

  1. Mengizinkan pengguna gratis memasukkan 500 kata sekaligus
  2. Dilengkapi dengan beberapa mode parafrase
  3. Mendukung banyak bahasa
  4. Dilengkapi dengan fitur pasca-pemrosesan dan pra-pemrosesan yang berguna

Kesimpulan

Ada banyak alat online lain yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pengalaman menulis Anda juga. Kami telah mencoba mengumpulkan beberapa dari berbagai kategori sehingga Anda dapat memperoleh gambaran tentang jenis alat apa yang dapat Anda gunakan untuk tujuan ini.

Dengan kata lain, kami telah menyebutkan alat parafrase tertentu di sini, tetapi Anda dapat menggunakan alat lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda jika Anda mau. Demikian pula, kami telah menyebutkan pemeriksa tata bahasa tertentu di atas, tetapi Anda dapat menggunakan apa pun yang menurut Anda lebih cocok.

Leave a Comment