7 Tips Memakai Excel Untuk Pemula

Microsoft Excel merupakan aplikasi spreadsheet yang sangat populer di tahun 2023, aplikasi ini yang menggunakan bukan hanya kerja kantoran saja tetapi mahasiswa dan juga anak-anak sekolah menggunakannya. Untuk bisa menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar maka perlu mempelajari rumus rata rata Excel dan juga rumus lainnya yang nantinya akan mempermudah pengolahan data berupa numerik.

Tips Jitu Menguasai MS Excel

Untuk bisa mahir menggunakan Microsoft Excel memang butuh waktu yang cukup lama karena ada banyak sekali rumus yang harus dipelajari dan juga harus bisa menggunakan semua fitur yang ada di aplikasi Excel. Agar nantinya bisa cepat menguasai Microsoft Excel sebaiknya praktekkan beberapa cara yang akan dijelaskan berikut ini.

Kenali Bagian Penting di Microsoft Excel 

Hal yang perlu dilakukan pertama kali jika ingin pintar memainkan Microsoft Excel adalah mempelajari bagian-bagian penting yang ada di Microsoft Excel. Bagian yang perlu dipelajari diantaranya adalah Spreedsheet Grid, Ribbon, Quick Access Toolbar, Formula Bar dan juga Status Bar. 

Manfaatkan Fitur Autosum 

Setelah mengetahui semua bagian penting yang ada di lembar kerja Microsoft Excel juga perlu mempelajari fitur yang ada di Microsoft Excel dan salah satunya adalah fitur autosum. Fitur ini fungsinya adalah bisa membuat perhitungan data menjadi lebih cepat tanpa harus menggunakan rumus perhitungan. 

RajaBackLink.com

Pelajari Cara Penggunaan Tabel 

Selain diharuskan bisa memakai fitur autosum juga harus pintar menggunakan fitur tabel, fitur ini sangat disarankan untuk dikuasai karena fitur tabel dapat digunakan untuk merapikan data yang sudah dimasukkan di Microsoft Excel. Untuk bisa memasukkan data-data tersebut ke tabel caranya adalah dengan memblok semua data yang sudah dicatat dan klik fitur tabel. 

Pelajari Cara Pembuatan Grafik

Selain perlu mempelajari rumus rata rata Excel juga perlu mempelajari cara membuat chart atau grafik sederhana di Microsoft Excel. Pengguna diwajibkan untuk membuat grafik agar data yang sudah diolah bisa ditampilkan lebih menarik. Untuk menambahkan grafik caranya tinggal blok kolom berisi data dan klik insert untuk memilih grafik yang tersedia.

Gunakan Semua Template Yang Ada

Microsoft Excel mempunyai banyak sekali template yang bisa digunakan pengguna setiap saat, template-template ini bisa dipakai untuk mempermudah pekerjaan. Saat pengguna pertama kali membuka Microsoft Excel biasanya akan langsung muncul rekomendasi template yang bisa digunakan dan pengguna cukup gunakan yang dibutuhkan saja.

Pelajari Format Angka 

Microsoft Excel merupakan program yang sangat erat dengan pengolahan data jadi pengguna diharuskan untuk mengetahui format angka yang bisa digunakan di Microsoft Excel. Pengguna yang tidak mengetahui format angka dengan baik dan benar akan sangat kesulitan untuk menggunakan rumus atau formula di Microsoft Excel.

Kenali Semua Ekstensi File Microsoft Excel

Pengguna Microsoft Excel juga harus mengetahui nama ekstensi file dari aplikasi ini. Ada beberapa ekstensi file yang umumnya bisa ditemukan pengguna seperti xlx, xlxs, xlsm dan juga xlsb. Dengan mengetahui jenis ekstensi file tersebut nantinya pengguna bisa menyimpan lembar kerja yang sudah dikerjakan menggunakan ekstensi file yang tepat.

Keuntungan Menguasai Microsoft Excel 

Untuk bisa mudah mendapatkan pekerjaan sangat diwajibkan untuk menguasai Microsoft Excel karena semua pekerja perusahaan swasta maupun instansi pemerintah wajib bisa menggunakan Microsoft Excel. Hal tersebut dikarenakan dengan menguasai aplikasi ini nantinya pekerjaan menjadi lebih mudah untuk diselesaikan seperti membuat laporan keuangan harian maupun bulanan dengan menggunakan rumus rata rata Excel ataupun rumus lainnya.

Leave a Comment