Review Aplikasi Dapodik 2021 dan Cara Menginstallnya

Aplikasi Dapodik – Sistem pendidikan di Indonesia saat ini sudah merambah ke teknologi digital, salah satunya yakni dengan hadirnya sebuah aplikasi yang berfungsi untuk pemutakhiran data semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020. Aplikasi Dapodik versi terbaru yang satu ini memang sudah di sempurnakan dengan banyak perubahan salah satunya perubahan dan pembaruan pada menu (sarana prasarana yang lebih rinci misal mulai dari : data tanah, bangunan, ruang, alat, angkutan, ataupun buku) semuanya sudah sangat rinci sehingga mudah untuk kita cek dan awasi. Tak hanya itu saja, pada identitas siswa juga terdapat tambahan yakni penambahan atribut Nomor KK (Kartu Keluarga) dan NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah) lengkap dengan password setiap penggunannya jadi dalam segi keamanan jauh lebih aman. Perubahan ini tak lain bertujuan untuk menyelaraskan prosedur & mekanisme pendataan Dapodik untuk berbagai transaksi pada lingkungan Kemendikbud.

Aplikasi Dapodik 2020 ini tentu saja sudah menggunakan database baru, sehingga untuk versi sebelumnya tidak bisa upgrade ke versi baru ini, akan tetapi anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Nah disini kami akan membagikan link download lengkap dengan bagaimana cara menginstall aplikasi ini, jadi jika anda belum tahu langkah-langkahnya ikuti saja postingan dari kami ini sampai selesai sebagai berikut.

Cara Install Aplikasi Dapodik Versi 2020 Terbaru

Akan tetapi, tentu saja sebelum anda melakukan install aplikasi dapodik 2020 ini, ada beberapa persiapan yang harus di lengkapi terlebih dahulu. Dari mulai membuat email dan lain sebgainya, untuk lebih jelasnya anda bisa lihat selengkapnya dibawah ini.

BACA JUGA:  Daftar Aplikasi Gratis untuk Membuat Video Bokeh Museum

Persiapan Sebelum Install Dapodik Apk Versi 2020

  • Pastikan anda sudah menyimpan email, password & kode registrasi dapodik untuk sekolah bapak/ibu, user id ini digunakan pada saat akan registrasi dan juga saat akan download
  • Anda juga harus meng upgrade aplikasi browser yang digunakan ke versi paling baru entah (mozilla, chrome, ataupun yang lainnya)
  • Update juga antivirus yang anda gunakan
  • Uninstall aplikasi dapodik versi terdahulu

Nah setelah perlengkapan di atas sudah anda lakukan, maka langkah selanjutnya baru anda download serta install aplikasi tersebut pada link yang sudah kami siapkan dibawah.

Download dan Install Aplikasi Dapodik 2020

  • Download Aplikasi Dapodik —>> disini
  • Setelah di download anda buka file yang sudah di downloadnya, lalu klik kanan dan pilih “run administrator” apabila ada security anda klik “yes” sampai muncul jendela aplikasi dapodik lalu klik “lanjut”

  • Maka akan muncul sebuah halaman berikutnya, dan anda klik saja “saya setuju” untuk menyetujui segala aturan aplikasi tersebut lalu klik “lanjut”

  • Dengan begitu sistem akan mengarahkan kemana aplikasi tersebut akan disimpan misal (C:\Program File(x86)\Dapodik), lalu anda klik lanjut

  • Anda pilih saja folder “star menu”, maka secara otomatis dapodik akan terisi lalu anda klik lanjut

Simak cara membuat Alat Mitra Higgs Domino di Tdomino Boxiangyx Com.

  • Langkah berikutnya anda tinggal klik saja pasang / istall untuk lanjut ke proses installasi

  • Sekarang anda tunggu saja sampai proses installnya selesai
  • Apabila sudah selesai, maka akan muncul gambar seperti berikut

Nah itulah bagaimana cara install aplikasi dapodik versi 2020, sekarang anda bisa langsung menggunakan dan memanfaatkan segala fitur yang terdapat di aplikasi tersebut. Semoga bermanfaat.