Cara Melacak Ponsel yang Hilang

Cara Melacak Ponsel yang Hilang – Ada berbagai metode untuk melacak hp yang telah hilang, seperti dengan menggunakan Google Map, Device Manager, Whatsapp, dan metode lainnya.

Sekarang ini tidak setikit masyarakat yang merasa dikejutkan dengan adanya fitur dari Whatsapp yang ternyata bisa untuk digunakan mencari hp yang hilang. Tentu saja informasi ini sangatlah mengejutkan karena memgingat Whatsapp adalah aplikas yang umum digunakan untuk berkomunikasi, sedangkan aplikasi-aplikasi yang biasanya untuk melacak adalah dari Google.

Beberapa Cara Untuk Melacak HP yang Hilang

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk melacak HP yang hilang, diantaranya sebagai berikut :

Menggunakan Google Maps

Cara yang pertama ini dapat menggunakan Google Maps, Google Maps dapat kalian gunakan untuk mencari HP yang telah hilang walaupun dalam kondisi mati sekalipun. Kalian hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk menggunakan fitur ini. Langkah pertama kalian buka aplikasi Google Maps, lalu masuk menggunakan akun Google yang memang sudah tersedia di dalam hp yang hilang, kemudian pilih menu pada hamburger, selanjutnya pilih menu Your Timeline, langkah terakhir pilih menu pada gambar kalender. Selain itu juga kalian dapat mengetahui dimana letak lokasi hp kalian yang hilang.

Menggunakan Fitur Find My Device

Cara kedua yang kalian gunakan adalah menggunakan fitur Find My Device, Fitur Find My Device ini memang berfungsi ditujukan untuk menemukan HP yang sedang hilang. Jika ingin menggunakan fitur ini, kalian perlu mempunyai akun Google. Langkahah-langkah yang perlu kalian lakukan pun terbilang sangat simpel untuk dapat mengakses fitur ini.

Langkah pertama, unduh aplikasi Find My Device, lalu jika sudah berhaisl diinstall kalian masuk ke akun Google yang sudah terdapat di hp yang hilang, langkah terakhir kalian hanya perlu menunggu beberapa saat hingga aplikasi Find My Device selesai mencari hp kalian yang hilang. Aplikasi ini akan membantu kalian untuk menunjukkan dimana letak lokasi dari hp kalian yang hilang.

Menggunakan Android Device Manager

Cara berikutnya adalah menggunakan fitur Android Device Manager, Fitur Android Device Manager berfungsi untuk membantu menemukan HP yang hilang dengan melalui bantuan GPS. Sebelum menggunakan Android Device Manager, Pastikan terlebih dahulu kalian telah memiliki akun Google. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, kalian hanya perlu diharuskan untuk mengikuti langkah-langkah yang terbilang mudah.

Langkah pertama adalah masuk ke Android Device Manager dengan menggunakan akun Google kalian yang memang sudah tersedia di hp yang hilang, selanjutnya tunggu saja hingga kalian mendapatkan informasi mengenai perangkat yang tersambung dengan akun Google kalian, terakhir pilih tipe dari HP yang hilang dan tunggu sampai muncul lokasi hp tersebut. Jika lokasi tidak muncul, maka HP kalian yang hilang sedang dalam keadaan mati.

Menggunakan WhatsApp

Ada beberapa langkah yang memang kalian perlukan untuk melakukan pelacakan pada hp yang hilang jika ingin melakukannya dengan menggunakan Whatsapp. Langkah pertama adalah buka aplikasi Whatsapp dan kirim pesan kepada seseorang yang ponselnya hilang, cara kedua adalah bagikan lokasi terkini serta izinkan penerima pesan mengetahui letak lokasi terkini kalian. Cara selanjutnya adalah pilih durasi waktu 8 jam dalam membagikan lokasi terkini. Terakhir pilihlah menu Lihat Lokasi Terkini sehingga dengan begitu penerima pesan akan mengetahui dimana kalian berada, kemudian kalian hanya perlu negosiasi dengan penerima pesan tersebut, tentang tindakan selanjutnya mengenai hp yang sedang dibawanya.

Berhati-hatilah dalam menyimpan ataupun meninggalkan suatu barang pribadi kalian, terutama barang yang memang mempunyai nilai penting menurutmu.