6 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Tidak sengaja menghapus foto di android lalu ingin mengembalikannya kembali? Simak 6 cara mengembalikan foto yang telah terhapus si android pada artikel dibawah.

foto merupakan gambar yang biasanya berisi momen momen berharga yang tentunya layak untuk diabadikan. Seringkali foto foto tersebut dihapus secara sengaja dengan kepentingan tertentu, misal untuk memberi luang kekosongan pada memori berkapasitas penuh yang terdapat pada handphone untuk dipakai untuk urusan atau untuk menyimpan hal lain di dalamnya.

Kita seringkali menghapus foto tersebut secara acak tanpa memperhatikan apakah di dalam foto tersebut ada kepentingan yang masih dibutuhkan. Dan yang terjadi adalah penyesalan dan rasa bingung tentang bagaimana cara mengembalikan beberapa foto yang dinilai penting tersebut.

Kasus yang sering didapatkan adalah ketidaksengajaan kita dalam menghapus foto di dalam android tanpa memperhatikannya kembali. Alhasil kita baru akan menyadari bahwa tidak seharusnya foto tersebut terhapus karena mungkin didalam foto tersebut ada moment atau dokumen berharga lainnya.

Jika kamu adalah salah satu pengguna android yang mengalami kejadian tersebut, tentu tak perlu risau.Dengan adanya kemajuan teknologi yang cukup pesat pada era ini bukanlah sebuah kemustahilan untuk mengembalikan atau me recovery foto kesayangan kamu.Berbagai macam cara dapat kamu lakukan untuk mengembalikan foto yang telah terhapus pada ponsel androidmu.

Berikut ini telah kami rangkum dalam 6 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android. Silakan disimak baik baik ya.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Sebelum menuju tutorial, perlu diperhatikan bahwa pastikan kamu memiliki play store didalam ponsel androidmu dikarenakan cara yang akan kami paparkan melibatkan aplikasi tersebut.

1. Menggunakan Aplikasi Dumpster

Dumpster merupakan aplikasi yang cukup terkenal di dunia per android an. Seperti halnya Recycle Bin, aplikasi ini memiliki fitur atau fungsi untuk menyimpan file file yang telah terhapus. Ini merupakan aplikasi pertama yang dapat kami rekomendasikan kepada pengguna android untuk pertolongan pertama dikala file berharga kamu terhapus. Namun perlu diketahui bahwa aplikasi ini bukan sebuah aplikasi recovery, melainkan aplikasi yang berguna untuk menyimpan foto yang telah dihapus.

Dumpster bisa dikatakan sebagai aplikasi yang melakukan tindakan pencegahan terhadap foto-foto yang terhapus di ponsel Android. Begitu kamu men-download-nya di Google Play Store, foto-foto yang kamu simpan di galeri ponsel Android secara otomatis akan tersimpan juga di Dumspter. Kelebihan dari aplikasi dibanding aplikasi lain adalah kamu tidak perlu men root ponsel terlebih dahulu.

Pengguna android dapat bernapas lega, dengan menggunakan aplikasi dumpters ini, kamu dapat dengan mudah mem back up file maupun foto yang telah terhapus atau tidak sengaja terhapus dengan cukup mudah. Caranya adalah silakan cek pada bagian bin dan restore foto yang terhapus, didalamnya kamu akan mendapati foto foto yang sebelumnya telah terhapus.

2. Menggunakan Aplikasi Deleted Photo Recovery Free

Namun bagaimana jika kamu tidak menyiapkan tindakan sebelumnya ? setelah melihat penjelasan pada poin satu diatas mengenai dumpster mungkin kamu akan bertanya tanya mengenai hal tersebut apakah ada cara jika sebelumnya tidak menyiapkan tindakan preventif ?

Jangan khawatir, solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Deleted Photo Recovery Free ini. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat me recovery foto yang telah terhapus dari galeri ponsel androidmu ataupun dari memori external yang berada pada androidmu. Aplikasi Deleted Recovery Free ini dapat memulihkan foto foto yang telah terhapus dengan cepat seperti semula dan ditempat yang sama.

Caranya kamu hanya perlu mendowload aplikasi Deleted Recovery Free ini yang terdapat pada Google Play Store, setelah itu silakan melaukan pemindaian semua foto di android dan tunggu beberapa saat hingga foto yang telah terhapus muncul kembali ditempat yang sama.

3. Menggunakan Aplikasi Disk Digger Photo Recovery

Aplikasi DiskDigger Photo Recovery memiiki fungsi yang sama dengan kedua aplikasi yang telah kami jelaskan pada poin satu dan dua. Namun untuk perbedaannya terletak pada cara kerjanya yang akan sedikit berbeda.

Perbedaan yang dimaksud terletak pada ‘root’ untuk memaksimalkan penggunakan aplikasi Disk Digger Photo Recovery. Ya, jika kamu ingin mendapatkan berbagai fitur yang ada di dalam aplikasi ini, kamu perlu melakukan root Android. Menariknya, nantinya kamu juga bisa mengembalikan video yang terhapus.

Aplikasi ini dapat dijalankan tanpa root namun dampak yang akan ditimbulkan adalah kita tidak dapat menimati setiap fitur yang disediakan oleh aplikasi Disk Digger Photo Recovery ini.

4. Menggunakan Aplikasi DigDeep Image Recovery

Aplikasi selanjutnya yang dapat kami rekomendasikan adalah DigDeep Image Recovery. Aplikasi ini termasuk aplikasi yang mudah digunakan. Selain dari mengembalikan foto pada memori internal, DigDeep Recovery ini juga dapat mengembalikan foto yang terhapus pada memori eksternal lho.

Caranya kamu hanya perlu mendowload aplikasi Deleted Recovery Free ini yang terdapat pada Google Play Store, setelah itu aplikasi ini akan melakukan pemindaian semua foto di android secara otomatis dan kita tinggal menunggu beberapa saat hingga foto yang telah terhapus muncul kembali ditempat yang sama.

5. Menggunakan Aplikasi Restore Image

Cara mengembalikan foto yang terhapus di Android selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Restore Image. sama halnya dengan aplikasi aplikasi diatas, aplikasi ini akan dengan mudah mengembalikan foto di android yang telah terhapus.

Caranya adalah kamu perlu men download aplikasi Restore Image pada Google Play Store masing masing. Selanjutnya silakan ikuti tahapan sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan pada aplikasi tersebut. Dan nantinya foto yang telah terhapus akan secara otomatis mengembalikan foto tersebut baik pada memori internal maupun memori eksternal.

Tidak seperti aplikasi DiskDigger Photo Recovery, aplikasi Restore Image ini tidak memerlukan root dalam android kalian gais, jadi kamu dapat dengan cepat mengembalikan foto yang terhapus.

6. Menggunakan Aplikasi Photo Recovery Workshop

Aplikasi terakhir yang dapat kami rekomendasikan adalah Photo Recovery Workshop. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga termasuk aplikasi yang mudah dijalankan dan terbukti untuk mengembalikan foto yang terhapus dengan efektif.

Selain itu, Photo Recovery Workshop juga mendukung pengembalian video terhapus yang menggunakan format 3GP dan MP4. Kalian dapat men download aplikasi ini secara gratis dalam google playstore.

Demikian lah berbagai macam aplikasi untuk mengembalikan foto foto yang telah terhapus dari android. Kamu dapat memilih mana yang menurut kamu paling efektif untuk mengembalikan foto foto penting kamu nih yang mungkin dengan sengaja ataupun tanpa adanya kesengajaan.

Sedikit saran dari kami, setelah kamu berhasil mengembalikan foto foto yang terhapus tadi, alangkah lebih baiknya jika kamu menggunakan aplikasi dumpster sebagai tindakan pencegahan sehingga kamu memiliki cadangan seandainya kejadian tersebut terulang kambali.

Sekian penjelasan mengenai 6 cara mengembalikan foto yang terhapus di Android, semoga dengan adanya artikel ini diharapkan dapat menjadi kebermanfaatan untuk kita semua. Terima Kasih.