Contoh dan Cara Membuat CV Lamaran Kerja

Cara Membuat CV Lamaran Kerja – Dalam melakukan proses lamaran pekerjaan, tentu saja membutuhkan ketekunan, kesabaran, serta persiapan yang matang. Kita juga harus memperhatikan dengan seksama apakah dokumen yang nantinya akan dikirim sudah sesuai atau belum. Adanya dokumen yang menarik dan juga benar adalah suatu hal yang sangat berpengaruh ketika ingin melamar pekerjaan disebuah perusahaan. Tidak sedikit orang yang menganggap dokumen lamaran pekerjaan atau bisa disebut juga dengan Curriculum Vitae (CV) adalah hal yang tidak terlalu berpengaruh pada proses lamaran pekerjaan, padahal pemikiran seperti itu sangatlah salah. Sebab banyak juga yang tidak lolos kerja dikarenakan kesalahan dalam CV mereka, biasanya hal ini karena mereka membuat CV yang tidak terlalu menonjol atau terkesan biasa-biasa saja, padahal di internet sudah banyak contoh CV yang dapat dijadikan sebagai referensi. 

Jadi pada kesempatan kali ini, saya bukan hanya akan memberikan contoh CV saja, namun saya juga akan menjelaskan secara rinci mengenai bagaimana cara untuk membuat CV yang benar dan tentu saja dengan kreativitas yang menarik. Sebelum membahas topik utama, alangkah baiknya kita perlu untuk mengetahui apa itu CV dan kegunaannya terlebih dahulu. Berikut ulasan yang bisa kalian simak di bawah ini.

Pengertian Singkat Mengenai CV (Curriculum Vitae)

Curriculum Vitae (CV) merupakan aspek kebutuhan yang dibutuhkan oleh orang-orang pencari pekerjaan dan bersifat sanagt penting. Sekarang ini CV tidak hanya dilihat dari isinya saja, nilai estetika yang terkandung didalamnya pun ikut menjadi perhatian perusahaan ataupun HRD. Jadi disarankan membuat CV yang lebih menarik agar ada kemungkinan besar dapat diterima di perusahaan yang ingin kalian lamar tersebut. Nah oleh sebab itu, untuk membuat CV janganlah asal-asalan atau sesuka hati tanpa memperhatikan isi kandungannya. 

Di bawah ini akan saya beri contoh CV dan juga cara untuk membuat CV lamaran pekerjaan yang menarik dan dapat kalian gunakan sebagai referensi membuat CV. Silakan simak ulasan berikut ini.

RajaBackLink.com

Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik

Tidak sedikit orang yang membuat CV lamaran kerja dengan sesuka hati tanpa memikirkan apakah CV tersebut menarik atau tidak, hal ini membuat mereka susah untuk diterima kerja. Nah dengan cara menyimak ulasan ini, maka kalian akan mendapatkan referensi untuk CV kalian, sebab disini saya akan memberikan beberapa contoh CvV yang benar dna tentu saja menarik.

Beikut adalah beberapa pertanyaan terkait CV yang sering muncul di Google : contoh cv lamaran kerja pdf, contoh CV lamaran kerja menarik, contoh CV lamaran kerja word, contoh CV lamaran kerja via email, contoh membuat CV lamaran kerja, contoh CV lamaran kerja bahasa inggris, contoh CV lamaran kerja fresh graduate, contoh surat CV lamaran kerja, contoh CV lamaran kerja doc, contoh CV lamaran kerja yang menarik, contoh pembuatan CV lamaran kerja, download contoh CV lamaran kerja, contoh format CV lamaran kerja, contoh CV lamaran kerja tulis tangan, format contoh CV lamaran kerja, file contoh CV lamaran kerja, contoh file CV lamaran kerja. 

Kalian bisa mencari beberapa contoh CV lamaran kerja di Google, lalu tinggal memilih mana CV yang menurut kalian menarik untuk dijadikan sebagai referensi. Sebab di Google sudah banyak file CV lamaran kerja yang menarik tersebar secara luas. Nah untuk dapat membuat CV kalian sendiri maka kalian perlu menyimak ulasan yang ada dibawah ini terlebih dahulu.

Simak hal penting yang harus kalian perhatikan dalam membuat CV dibawah ini. Simak artikelnya baik – baik supaya kalian dapat dengan mudah mengerti dan mudah pula dalam membuat CV.

Cara Untuk Dapat Membuat CV Lamaran Kerja yang Baik dan Juga Menarik

Sebelum membuat CV, kalian harus memastikan terlebih dahulu apakah kalian sudah memahami struktur yang wajib ada pada CV. Sebab hal ini akan menjadi peluang yang besar agar kalian dapat diterima kerja pada perusahaan yang ingin kalian lamar. Nah untuk itu, kalian dapat simak beberapa informasi penting di bawah ini. 

1. Data Diri Pelamar

Hal pertama yang wajib untuk kalian cantumkan adalah data diri kalian atau bisa disebut juga informasi pribadi. Untuk mencantumkan data diri, kalian harus pastikan sudah mengisinya dengan secara lengkap. Sebab tidak sedikit juga orang yang hanya mencantumkan nama, alamat, dan nomor telepon saja. Jika kalian hanya memberikan informasi itu saja, maka data diri kalian tidaklah lengkap dan juga kurang menarik.

Berikut ini adalah data yang lebih lengkap dan menarik yang bisa kalian gunakan sebagai referensi CV :

  1. Nama
  2. Tanggal lahir
  3. Alamat
  4. Nomor telpon
  5. Jenis kelamin
  6. Agama
  7. Alamat email
  8. Alamat akun media sosial (Facebook, Instagram, dna lain-lain) 

Nah dengan data yang lengkap tersebut maka kemungkinan besar peluang untuk kalian diterima kerja akan semakin besar. Namun apabila kalian memasukkan alamat akun media sosial maka pastikan terlebih dahulu media sosial kalian telah tertata dengan rapih. Sebab banyak juga HRD yang akan melihat akun media sosial kalian dan mencerminkan keperibadian kalian hanya dengan melihat akun media sosial saja.

2. Deskripsi Diri Pelamar

Hal penting yang wajib selanjutnya untuk kalian cantumkan di dalam CV adalah deskripsi diri kalian. Sebab dengan memberikan sebuah deskripsi diri maka CV akan terlihat lebih menarik. Kalian dapat mendeskripsikan diri kalian ke tulisan yang akan kalian cantumkan pada CV dan ditujulan kepada HRD selaku penanggung jawab dari perusahaan yang sedang mencari para pekerja.

Sangat disarankan untuk membuat diri kalian semanarik mungkin dalam mendeskripsikan diri di CV, sebab hal ini akan terkesan untuk dapat membuat para pembaca CV menjadi tertarik. Jika kalian meraka bingung, maka kalian bisa melihat contoh deskripsi diri yang telah saya buatkan untuk dapat kalian jadikan sebagai referensi.

Berikut ini contohnya:

Saya adalah orang yang sangat kreatif. Saya juga mudah dan senang dalam bersosialisasi, bertemu, serta bekerja sama dengan orang lain yang baru saya kenal. Saya juga dikenal sebagai pendengar yang baik sehingga mempu dalam menangkap inti persoalan dan dapat memberikan solusi yang sangat tepat.

3. Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

Hal selanjutnya yang penting untuk kalian perhatikan dan juga perlu kalian cantumkan pada CV adalah riwayat pendidikan dan pelatihan. Hal ini sangatlah penting, sebab di dalam CV harus wajib untuk mencantumkan informasi secara lengkap mengenai riwayat pendidikan dari yang terendah sampai yang tertinggi. Jika kalian adalah lulusan sarjana, maka jangan lupa untuk mencantumkan fakultas dan jurusan universitas tempat kalin menempuh pendidikan kuliah. Dan jangan tertinggal pula untuk mencantumkan IPK terakhir sebagai bahan pertimbangan oleh perusahaan, namun apabila pendidikan kalian hanya sampai SMA, maka kalian perlu untuk mendeskripsikan secara rinci mengenai pelatihan yang pernah kalian ikuti dan lakukan. Apalagi jika kalian memiliki pengalaman atau pernah mengikuti pelatihan yang berhubungan langsung dengan pekerjaan yang akan kalian lamar. Jadi untuk menulis informasi pelatihan, kalian harus mendeskripsikan contohnya seperti jenis pelatihan, tanggak pelaksanaa, dan siapa yang menyelenggarakan pelatihan tersebut.

4. Prestasi yang Dimiliki Oleh Pelamar

Hal penting selanjutnya yang wajib untuk kalian cantumkan di dalam CV adalah prestasi yang dimiliki kalian. Kalian wajib untuk mencantumkan berbagai prestasi yang berhasil pernah kalian raih pada saat sekolah atau pun perkuliahan. Sebab hal ini bisa menjadi nilai tambah dimata perusahaan tempat kalian melamar kerja, apalagi jika prestasi yang kalian memang memiliki keterkaitan dengan posisi pekerjaan yang kalian lamar. Contohnya saja jika kalian melamar pekerjaan sebagai akuntansi, lalu ternyata pada saat sekolah atau kuliah kalian pernah meraih sebuah penghargaan terkait akuntansi atau Matematika, maka alangkah lebih baik untuk mencantumkan prestasi tersebut didalam CV yang akan nantinya akan kalian buat. Namun apabila prestasi yang kalian dapat ternyata tidak memiliki kaitan dengan pekerjaan yang akan kalian lamar, maka prestasi tersebut tidak perlu kalian masukkan kedalam CV.

 

5. Pengalaman Organisasi yang Pernah Diikuti

Untuk dapat menentukan sejauh mana kalian bisa bekerja sama dalam suatu tim, maka biasanya HRD akan melihat kalian seaktif apakah didalam organisasi. Kalian bisa mencantum informasi secara lengkap mengenai organisasi yang pernah kalian ikuti di sekolah maupun di perkuliahan serta tidak lupa pula untuk mencantumkan jabatan kalian semasa masih aktif di organisasi tersebut. Data ini perlu untuk kalian pastikan ada di dalam CV kalian, apalagi jika kalian minim pengalaman pekerjaan atau kalian baru saja memulai dan pertama kali melamar pekerjaan. Maka akan bersifat sangat penting untuk mencantumkan pengalaman organisasi untuk menjadi pengalaman yang pernah kalian ikuti. Data ini tentu saja juga akan memberikan nilai tambah untuk menentukan kalian di terima atau tidak didalam perusahaan yang nantinya akan kalian lamar.

6. Skill Atau Keahlian yang Dimiliki

Nah untuk hal penting yang perlu untuk kalian cantumkan selanjutnya di dalam CV adalah skill atau keahlian yang kalian miliki. Hal ini tentu saja juga akan memberikan nilai tambah untuk dapat menerima kalian dalam bekerja didalam perusahaan yang akan kalian lamar. Untuk keahlian yang dimaksud adalah contohnya seperti fasih dalam berbahasa asing, mahir dalam mengoprasikan perangkat komputer, mampu menjalankan Microsoft Word, Excel, Office dengan sangat baik, dan keterampilan lainnya. Semakin banyak kalian memasukkan keahlian yang kalian miliki, maka semakin besar pula nilai tambah dibidang wawasan dan juga kreativitas kalian dalam bekerja. Hal ini tentu saja akan memberikan kemungkinan besar kalian diterima bekerja di perusahaan yang akan kalian lamar.

 

7. Pengalaman Bekerja yang Dimiliki

Hal terakhir yang penting dan wajib kalian cantumkan ke dalam CV adalah pengalaman bekerja yang kalian dapat sebelumnya. Kalian bisa mencantumkan pengalaman bekerja yang pernah kalian lakukan sebelumnya, kalian juga bisa untuk meminta referensi kerja kepada HRD tempat perusahaan kalian bekerja sebelumnya. Sudah pasti hal ini akan menjadi nilai tambah dalam menentukan kalian diterima bekerja atau tidak di perusahaan tempat yang nantinya kan kalian lamar. 

Nah dengan kalian menyimak dan memperhatikan ulasan ini secara benar, maka tentu saja akan membuat kalian menjadi mudah untuk menciptakan sebuah CV yang menarik. Saya sangat berharap semoga dengan adanya ulasan ini akan membantu kalian semua, semangat juga untuk para pencari kerja diluar sana!