Cara Upgrade Kartu Telkomsel ke 4G

Cara Upgrade Kartu Telkomsel ke 4G – Sim card baru yang dihadirkan oleh provider Telkomsel saat ini pastinya sudah mendukung adanya jaringan 4G LTE. Walaupun dengan begitu, tentu saja ada dari tidak sedikit pula orang yang masih bertahan dengan menggunakan sim card versi lama dari Telkomsel yang belum terlalu mendukung jaringan 4G.

Masalahnya, kebutuhan akan koneksi internet yang cepat dan stabil hanya bisa kalian dapatkan dengan menggunakan kartu Telkomsel yang sudah mempunyai jaringan 4G. Oleh karena itu, bagi kalian yang masih menggunakan kartu Telkomsel lama sebaiknya segera mengubah atau upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G.

Lantas bagaimana cara untuk dapat melakukan upgrade kartu Telkomsel ke 4G? Dan apakah proses upgrade ini bisa dilakukan secara online? Jika kalian masih bertanya-tanya dan masih merasa bingung, maka kalian tidak perlu merasa khawatir lagi. Sebab pada ulasan kali ini saya akan memberikan informasi lengkap kepada kalian semua mengenai bagaimana cara untuk melakukan upgrade kartu Telkomsel ke 4G baik itu secara online maupun offline.

Yuk langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

RajaBackLink.com

Hal yang Harus Dipersiapkan Jika Ingin Melakukan Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G

Sebelum kalian melakukan upgrade kartu Telkomsel kalian yang masih 3G ke 4G, maka kalian perlu untuk menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu.

Persiapan yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Adanya Smartphone yang Mendukung Jaringan 4G

Pertama kalian harus memiliki ponsel yang sudah mendukung jaringan dengan teknologi 4G terlebih dahulu. sebab meskipun kartu Telkomsel kalian nantinya sudah di-upgrade tapi ternyata ponsel kalian hanya akan mendukung teknologi 3G atau di bawahnya, maka jaringan yang akan kalian dapatkan tetap 3G. Akan tetapi sekarang ini banyak ponsel baru yang beredar di pasaran dan nampaknya rata-rata sudah mendukung adanya jaringan 4G.

Jadi, saya rasa kalian tidak akan merasa kesuliltan untuk menemukan ponsel yang dimaksud.

2. Sim Card Lama

Pengalaman pribadi ketika mengganti kartu XL yang hilang dengan kartu XL yang baru dan dengan nomor yang sama, fisik sim card lama sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Namun, untuk kartu Telkomsel entah itu kartu AS, Simpati atau Loop, saya belum mengetahui dengan pasti apakah boleh melakukan upgrade tanpa membawa kartu lama atau tidak.

Oleh karena itu, agar proses upgrade nantinya berjalan secara lancar, maka sebaiknya kalian membawa kartu lama yang akan di-upgrade.

3. Dokumen Pelengkap

Hal ini juga berdasarkan dengan pengalaman saya secara langsung. Ketika mengganti kartu lama dengan kartu baru, maka nantonya akan dimintai dokumen pelengkap berupa fotocopy KTP sebanyak 1 lembar. Agar proses upgrade kartu Telkomsel dapat berjalan secara mulus, maka kalian juga perlu membawa beberapa lembar fotocopy KTP.

Cara Upgrade Kartu Telkomsel ke 4G Secara Offline

Ada dua cara yang bisa kalian pilih untuk melakukan upgrade dari kartu Telkomsel lama ke kartu Telkomsel baru dan sesuai dengan support 4G.

Pertama kalian bisa melakukan upgrade secara offline dengan datang langsung ke GRAPARI Telkomsel, GRAPARI Telkomsel sekarang ini juga sudah tersebar hingga ke penjuru daerah. Kalian bisa melakukan pengecekan lokasi Grapari terdekat melalui situs resmi Telkomsel.

Setelah berhasil menemukan lokasi GRAPARI terdekat di daerah kalian, maka selanjutnya kalian bisa lakukan langkah-langkah di bawah ini :

  1. Langkah pertama adalah silakan datang langsung ke GRAPARI dengan membawa persyaratan yang sudah saya tuliskan di atas sebelumnya.
  2. Lalu utarakan keinginan kalian untuk mengupgrade kartu Telkomsel kepada petugas yang ada di kantor atau gerai GRAPARI tersebut.
  3. Kemudian selanjutnya, petugas di GRAPARI akan meminta dokumen pelengkap seperti KTP/KITAP/KITAS/Pasport serta fisik kartu lama.
  4. Lalu untuk langkah terakhir kalian hanya perlu menunggu proses upgrade beberapa saat saja sampai selesai.

Catatan Penting :

  1. Proses upgrade atau penggantian kartu menurut pengalaman saya tidak akan dipungut biaya.
  2. Jika kalian bertindak sebagai orang yang mewakili pemilik kartu, maka kalian nantinya harus melampirkan surat kuasa dengan materai 6000, KTP asli diri dan pemberi kuasa, dan juga kartu keluarga (KK).
  3. SETELAH proses upgrade selesai, maka kalian bisa langsung cek informasi dukungan 4G dengan cara dial kode USSD *888*47#.

Cara Upgrade Kartu Telkomsel ke 4G Secara Online

Sementara bagi kalian yang tidak punya waktu untuk datang langsung ke GRAPARI Telkomsel, maka kalian tetap akan bisa untuk melakukan upgrade kartu Telkomsel ke 4G via online.

Caranya juga tidak terlalu rumit, kalian hanya perlu melakukan beberapa langkah seperti yang terdapat di bawah ini :

1. Mengiri Formulir Permohonan Upgrade

Langkah yang pertama kalian akan diharuskan untuk mengisi sebuah formulir permohonan upgrade secara online melalui halaman ini: https://mobi.telkomsel.com/usim.

Adapun beberapa isian yang penting untuk kalian perhatikan dan diisi dengan benar diantaranya adalah domisili, email, nomor kartu, data diri lengkap, dan pernyataan persetujuan terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku.

Setelah itu silahkan submit permohonan kalian dan tunggu informasi dari pihak Telkomsel yang akan mengirim USIM 4G baru ke alamat kalian.

2. Melakukan Aktivasi Kartu Telkomsel 4G

Jika kalian mengisi alamat dengan jelas, proses pengiriman USIM Telkomsel 4G biasanya tidak akan lama. Setelah menerima USIM baru, maka selanjutnya kalian hanya perlu untuk melakukan aktivasi agar kartu dan jaringan 4G bisa dipakai. Untuk melakukan aktivasi USIM 4G Telkomsel, maka kalian bisa langsung melakukannya denganm cara ikuti beberapa langkah di bawah ini :

  1. Lakukan dial kode USSD *888*46# dan pilih angka 1 pada menu yang muncul di layar ponsel kalian. Lalu selanjutnya kalian akan dikirimi token yang berguna pada proses selanjutnya.
  2. Setelah berhasil mendapatkan token, kemudian kalian bisa keluarkan sim card lama dan ganti dengan USIM 4G Telkomsel yang baru.
  3. Lalu ulangi dial kode USSD *888*46# dan pilih angka 2 pada menu yang muncul.
  4. Langkah selanjutnya silakan masukkan nomor kartu Telkomsel kalian yang lama.
  5. Kemudian masukkan nomor token yang kalian dapatkan pada langkah pertama, lalu pilih lanjut dan tunggu SMS konfirmasi dari pihak Telkomsel.
  6. Jika setelah 15 menit SMS konfirmasi belum juga muncul, maka kalian bisa coba melakukan restart atau hidupkan ulang ponsel kalian terlebih dahulu. 

Bisa dilihat bahwamelakuka proses upgrade kartu Telkomsel lama ke 4G secara online membutuhkan 2 tahapan. Pertama kalian perlu untuk mengisi formulir permintaan upgrade, dan selanjutnya melakukan aktivasi kartu hingga benar-benar bisa digunakan.

Keuntungan dari Upgrade Kartu Telkomsel Lama ke 4G

Tentunya ada beberapa keuntungan yang akan kalian peroleh jika melakukan upgrade kartu Telkomsel ke 4G.

Selain jaringan yang lancar dan stabil berkat teknologi 4G, maka kalian juga akan berkesempatan mendapatkan bonus langsung setelah proses upgrade selesai. Diantaranya adalah bonus-bonus yang akan kalian dapatkan ada bonus kuota sebesar 2,5GB hingga 5GB selama 6 bulan dengan syarat kartu Telkomsel yang kalian punya harus aktif dan sudah melakukan pembelian produk senilai 100 ribu. Selain itu, ada juga keuntungan lainnya yaitu Telkomsel juga akan meluncurkan banyak pilihan paket internet telkomsel yang dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan.