Ukuran Kertas A4 dan Penjelasannya

Ada berbagai macam kertas dengan ukuran yang berbeda pula, kalian pasti sudah tidak asing dengan kertas A4 ini bukan ? YUk simak Segala Hal Mengenai Kertas A4 yang akan dikupas tuntas dalam artikel berikut ini.
Kegiatan dengan melibatkan tulisan tentu sudah tidak asing lagi dengan kertas, khususnya kertas A4, Kertas berukuran A4 ini memiliki fungsi dan kegunaan yang lebih kompleks dibandingkan dengan ukuran kertas lainnya. Kertas merupakan salah satu bahan yang diolah dari berbagai jenis batang pohon.
Kertas A4 merupakan ukuran kertas yang sudah paling umum digunakan sehari harinya entah didalam dunia administrasi, perkantoran, pendidikan dan lain sebagainya. Mengapa kertas dengan ukuran A4 ini paling sering digunakan ? hal tersebut dikarenakan dengan ukuran yang memenuhi standar ISO merupakan ukuran yang ideal untuk sebuah dokumen.
Tidak sembarangan juga dalam mengukur, A4 merupakan ukuran yang dihitung didalam satuan milimeter sesuai standar ISO, tapi kalian juga dapat mengonversikannya supaya jauh lebih mudah untuk dihitung. Perlu kalian ketahui bahwasanya ukuran kertas berstandar internasional ini mempunyai beberapa jenis serta seri yakni mulai dari A, B, C, D, F, dan juga R. Segala jenis kertas akan tetap dihitung berdasarkan dengan ukuran panjang dan juga lebar di dalam satuan mm, tapi dapat juga ubah kedalam satuan yang lainnya agar dapat memenuhi kebutuhan tertentu, seperti halnya satuan cm, inci, dan juga pixel.
Lalu apa yang menjadikan kertas dengan ukuran A4 ini istimewa ? simak keunggulannya dalam penjelasan dibawah ini.

Keunggulan Menggunakan Kertas A4

Kertas dengan ukuran A4 ini merupakan kertas yang sangat sering dipakai dibanding dengan kertas jenis lainnya, dengan kebutuhan disetiap kalangan untuk menyelesaikan bermacam macam kebutuhan masing masing. Contoh kebutuhan untuk mahasiswa adalah untuk pembuatan proposal, skripsi, laporan ataupuh hal yang lainnya. Dengan berbagai kebutuhan tersebut, kertas ini mempunyai keunggulannya sendiri yakni sebagai berikut.

1. Berstandar internasional

Kertas A4 ini ditetapkan menjadi kertas dengan standra ukuran internasional oleh ISO dan telah menjadi jenis kertas yang banyak sekali digunakan dengan berbagai lapisan masyarakat. banyak sekali orang dari berbagai macam profesi dan kalangan memakai kertas ini dalam menyelesaikan berbagai macam tugasnya. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa sampai pegawai kantoran.

2. Kertas yang serbaguna

Kertas berukuran A4 ini memilih beraneka ragam fungsi dalam kegunaanya dikehidupan seharri hari, tidak hanya untuk menulis biasa, namun juga dapat menjadi sebuah buku gambar untuk anak anak. Selain dari hal tersebut, dengan tingkat ketebalan tertentu Kertas berukuran A4 juga sering dipakai untuk pembukuan sebuah karya tulis baik yang berupa skripsi ataupun yang lainnya. Kertas A4 juga sangat cocok untuk tugas menggambar. Secara khusus, kertas HVS memiliki tampilan putih bersih untuk membuat proses menggambar lebih detail. Permukaan kertas umumnya halus, tetapi tidak terlalu licin, sehingga sangat cocok untuk memoles gambar pensil. Kertas dengan ukuran dan jenis ini tidak kecil maupun besar, sehingga sering dipilih oleh masyarakat umum untuk membuat sketsa.

3. Dipakai sebagai ukuran default blank

Pasti pengguna microsoft word sudah tidak asing dengan ukuran kertas A4 yg satu itu. Ukuran kerta A4 ini menjadi ukuran default untuk blank document juga lho karena seringnya dipakai, namun sebaiknya kalian juga tetap harus melihat dan mengetahui pula ukuran asli dari kertas A4 ini.

RajaBackLink.com

Setting Ukuran A4 di PC

Sebelumnya telah disampaikan bahwa Kertas berukuran A4 ini banyak dipakai untuk khalayak umum dengan berbagai macam kebutuhan. berikut ini adalah beberapa macam kebutuhan yang menggunakan Kertas berukuran A4 ini.

  1. Skripsi
  2. Tugas presentasi
  3. Makalah
  4. Essai
  5. Tugas kantor
  6. Dan masih banyak yang lainnya. 

Selain dari beberapa hal tersebut, Kertas berukuran A4 ini juga berguna untuk kalian yang ingin membuat CV dan juga lamaran pekerjaan, dan tentunya juga untuk menulis sebuah portofolio. Bobot dari kertas hvs berukuran A4 80 gsm, biasanya memiliki berat 5 gram atau yang setara 0,17637 ons. Tapi, itu bukan hanya untuk kertas hvs yang biasa dipakai untuk mencetak dokumen saja. Eitss, jangan salah kalian juga harus banget tau jenis jenis kerta lain yang mempunyai ukuran A4 lho karena kertas yang dipakai bukan hanya HVS saja.

Bagi kalian yang bingung cara untuk mengatur ukuran kertas A4 di dalam PC atau Laptop kalian, tenang saja biasanya ukuran kertas ini telah menjadi ukuran bawaan atau default dari PC ataupun laptop kalian dan otomatis menjadi settingan awal kalian. Namun untuk kalian yang belum bisa otomatis dan harus setting manual, berikut cara setting atau mengatur ukuran Kertas sehingga berukuran A4 dalam PC kalian pada sofware microsoft word.

  1. Kalian tinggal masuk ke dalam menu “page” kemudian kalian pilih “layout
  2. Lalu kalian pilih “margin” dan pilih “costum paper“, maka kalian akan menemukan pilihan kertas A4.

Ukuran kertas A4 jauh lebih mudah dihitung daripada ukuran kertas lainnya. Ini karena ukuran seperti itu umum. Jika Anda masih bingung dan tidak tahu detail dimensi Kertas berukuran A4 perhatikan bahwa hanya A4 yang lebih kecil dari A3 atau setengah dari A3.

Kertas Ukuran A4 Didalam Berbagai Satuan

Menghitung ukuran kertas adalah keterampilan dasar yang harus Anda kuasai saat memasuki dunia perkantoran, pendidikan, atau percetakan. Ada banyak ukuran dan jenis kertas yang umum digunakan, jadi Anda bisa menentukan jenis dan ukurannya di sini. Di sini, konversi ukuran A4 dibagi dalam satuan panjang x lebar sebagai berikut.

  1. satuan mm  : 210 x 297
  2. satuan cm   : 21,0 x 29,7
  3. satuan inci  : 8,27 x 11,69

Selain dari satuan mm, cm, atupun inci tersebut, konversi didalam satuan pixel juga sangat dibutuhkan pada saat kalian ingin mengedit sesuatu. Berikut akan kami jelaskan beberapa ukuran kertas A4 yang sudah dikonversikan di dalam satuan pixel.Berikut adalah ukuran kertas A4 dengan satuan pixel.

  1. A4 (72 PPI) 595 Pxl 842 Pxl
  2. A4 (200 PPI) 1654 Pxl 2339 Pxl
  3. A4 (300 PPI) 2480 Pxl 3508 Pxl
  4. A4 (400 PPI) 3307 Pxl 4677 Pxl
  5. A4 (600 PPI) 4961 Pxl 7016 Pxl
  6. A4 (1200 PPI) 9921 Pxl 14031 Pxl

Apabila dillihat secara detail ukurannya, ternyata A4 ini berukuran setengahnya dari kertas A3. Selain itu, kalian juga dapat mempercepat hitungan mm ke satuan cm dengan cara mengkalikan 10, ataupun A4 kedalam cm ialah 10 kali lipat dari ukuran kertas A4 dalam satuan mm. Ternyata Kertas berukuran A4 memiliki banyak fungsi dan kegunaan masing masing sesuai dengan konsentrasi pada bidang bidang lain contohnya pada pendidikan khususnya sebagai mahasiswa kalian dapat menggunakan Kertas berukuran A4 untuk membuat skripsi, laporan hasil akhir, ataupun membuat jurnal dan lain sebagainya

Demikian penjelasan kami mengenai Segala Hal Mengenai Kertas A4, semoag dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba settingan Ukuran Kertas A4-nya guys dan sekian terima kasih.