Beberapa Ukuran Kertas A4 yang Harus Kalian Ketahui

Beberapa Ukuran Kertas A4 yang Harus Kalian Ketahui – Dalam pekerjaan sehari-hari, khususnya dalam bidang percetakan dokumen, maka ukuran kertas A4 akan menjadi ukuran standar yang paling sering dipakai. Hal ini disebabkan kertas dengan ukuran A4 memang cukup ideal untuk mencetak dokumen jenis apapun. A4 sendiri adalah istilah yang sering dipakai untuk menyebut salah satu varian kertas seri A yang diatur dalam standar ISO.

Ukuran Kertas A4 Dalam Pixel, MM, CM, dan Inchi

Dalam standar ISO, ukuran kertas A4 sendiri adalah berupa nilai panjang yang dikali lebar dengan satuan milimeter (mm). Namun kalian juga bisa melakukan konversi dari milimeter ke satuan lainnya agar lebih mudah untuk menerapkan ukuran A4 di berbagai jenis software.

Berikut adalah beberapa ukuran kertas A4 dalam berbagai satuan :

Kertas A4 Dalam Satuan MM

Ini adalah satuan default yang dipakai dalam standar ISO. Di mana, kertas A4 dalam satuan ini akan memiliki panjang 210 mm dan lebar 297 mm.

Kertas A4 Dalam Satuan CM

Sedangkan pada satuan cm, maka setelah dikonversi dari satuan mm, kalian akan mendapatkan ukuran kertas A4 dengan ukuran panjang 21,0 cm dan 29,7 cm untuk lebarnya.

Kertas A4 Dalam Satuan CM Inchi

Lalu pada satuan inchi, sama dengan satuan di atas bahwa setelah dikonversi dari satuan mm, maka kertas A4 akan memiliki ukuran panjang sebesar 8,27 inchi dengan lebar sebesar 11,69 inchi.

Kertas A4 Dalam Satuan Pixel

Lalu yang terakhir adalah dalam satuan pixel, satuan ini biasanya akan kalian butuhkan ketika ingin membuat ukuran kertas A4 di Photoshop, nilai atau angka yang harus kalian masukkan akan bergantung pada nilai PPI.

Berikut di bawah ini adalah ukuran A4 dalam pixel berdasarkan nilai PPI :

Nilai PPI Ukuran Lebar (Pixel) Ukuran Tinggi (Pixel)
72 595 842
200 1654 2339
300 2480 3508
400 3307 4677
600 4961 7016
1200 9921 14031

Tabel Untuk Ukuran Kertas A4

Kalian bisa catat dan simpan tabel ukuran A4 di bawah ini agar dapat memudahkan dibaca kembali saat kalian sedang membutuhkannya :

Ukuran Kertas Ukuran Dalam MM Ukuran Dalam CM Ukuran Dalam Inchi
A4 210 x 297 21,0 x 29,7 8,27 x 11,69

 

Cara Untuk Membuat Ukuran Kertas A4

Setelah kalian sudah mengetahui berapa ukuran kertas seri A4, maka selanjutnya kalian perlu mengetahui juga cara untuk membuat ukuran A4 di berbagai jenis software. Salah satunya adalah Photoshop dan Word.

Jadi berikut ini sudah saya siapkan panduan lengkap cara untuk mengatur ukuran kertas A4 di Photoshop dan Word.

Ukuran A4 di Photoshop

Langsung saja silakan kalian ikuti langkah-langkah berikut ini saat akan membuat layout kertas A4 di software Adobe Photoshop :

  1. Langkah pertama adalah jalankan aplikasi Photoshop di perangkat PC kalian.
  2. Lalu klik menu file -> new.
  3. Kemudian pada jendela new document, silakan kalian pilih layout custom dan isikan ukuran A4 dalam satuan pixel sesuai dengan nilai PPI yang kalian inginkan.
  4. Setelah itu, kalian klik create maka halaman kerja dengan kertas ukuran A4 sudah berhasil dibuat.

Kalian harus memperhatikan nilai PPI yang terisi otomatis di software Photoshop kalian.

Ukuran A4 di Word

Di dalam software Microsoft Office atau lebih tepatnya Microsoft Word, kalian akan bisa membuat ukuran A4 dengan sangat mudah.

Bahkan pada Office Word 2010, kalian juga tidak perlu untuk memasukan ukuran kertas A4 dengan secara manual sebab opsi untuk memilih lembar kerja berukuran A4 sudah tersedia di dalamnya.

Berikut di bawah ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama adalah jalankan software Microsoft Word kalian terlebih dahulu.
  2. Kemudian klik pada menu page layout.
  3. Lalu selanjutnya klik pada sub menu size.
  4. Setelah itu akan muncul banyak pilihan ukuran kertas. Di sini silakan kalian pilih kertas ukuran A4.

Penggunaan Pada Kertas A4

Jika kalian bertanya lebih jauh mengenai kegunaan dari kertas A4, tentu saja jawabannya pasti banyak sekali.

Namun, di bawah ini saya akan memberikan informasi detailnya mengenai di bidang apa saja kertas A4 ini biasanya dipakai.

Pada Media Tulis Menulis

Para pelajar atau mahasiswa pasti sudah sangat familiar dengan kertas A4 ini. Karena pada kertas dengan ukuran ini memang paling sering dipakai untuk menulis atau membuat berbagai tugas sekolah dan tugas kuliah, contohnya saja seperti membuat kliping, makalah, laporan penelitian dan lain sebagainya.

Pada Bisnis di Bidang Percetakan

Selain kertas F4, maka kertas A4 adalah ukuran kertas yang paling sering digunakan untuk mencetak berbagai hal yang dipesan oleh para konsumen. Selain itu, kertas A4 di lapangan juga tidak melulu akan berwarna putih.

Kalian bisa menemukan kertas HVS ukuran A4 dengan warna kuning, hijau, merah, dan warna lainnya yang mungkin akan dibutuhkan untuk mencetak desain tertentu, misalnya seperti untuk mencetak undangan dan lain sebagainya. 

Untuk Mencetak Dokumen Kantor

Kertas A4 memiliki ukuran yang ideal dan akan selalu terlihat cocok saat dipakai untuk mencetak beragam jenis dokumen kantor. Selain itu, umumnya perangkat untuk mencetak dokumen kantor juga lebih mendukung dengan menggunakan kertas A4. Contohnya saja pada beberapa printer yang memiliki fitur fotocopy, ukuran yang dapat memberikan hasil copy-an paling sempurna adalah kertas yang memiliki ukuran A4.

Kelebihan dari Ukuran Kertas A4

Adapun beberapa keunggulan dari kertas A4 yang dimaksud antara lain sebagai berikut :

Ukurannya Berdasarkan Standar Internasional

Semua kalangan dari berbagai macam profesi, biasanya akan menggunakan kertas A4 untuk mencetak. Apalagi ukuran kertas ini akan selalu sama di negara manapun dan juga sudah berstandar secara internasional.

Adalah Ukuran Default yang Terdapat Pada Aplikasi Perkantoran

Pada beberapa software perkantoran misalnya Microsoft Office, ukuran A4 biasanya sudah diatur secara default. Jadi, kalian bisa langsung mengerjakan tugas-tugas kantor tanpa perlu untuk mengatur ulang ukuran lembar kerja terlebih dahulu.

Adalah Kertas Multifungsi

Kertas dengan ukuran A4 dapat dipakai dan akan terlihat selalu cocok untuk mencetak dokumen apapun.  Hal ini adalah salah satu kelebihan dari kegunaan kertas A4 yang jarang ditemukan pada kertas jenis lainnya.

Tips Untuk Memilih Kertas A4 di Pasaran

Saya akan memberikan tips agar kalian tidak salah dalam memilih kertas A4 yang terjual di pasaran. Sebab pada faktanya, kertas A4 yang tersedia di pasaran saat ini ada dua jenis yang dibedakan dengan berdasarakan warna dan ukuran gramasinya.

Gramasi sendiri adalah sebuah istilah di dunia kertas yang menggambarkan kualitas dari sebuah kertas. Jadi semakin tinggi nilai gramasi, maka kualitas dari kertas tersebut juga akan semakin tinggi.

Untuk tips, kalian harus memilih ukuran kertas A4 dengan warna putih bersih dan nilai gramasi yang paling tinggi. Nilai gramasi kertas A4 yang sekarang beredar ada di rentang angka 60 sampai 80 gram saja, jadi jika kalian ingin membeli kertas ukuran A4 dan mencari yang kualitasnya paling baik, maka pilihlah kertas A4 yang nilai gramasinya 80 gram.