Cara Menghapus Subtitle Bawaan Film

Ingin menonton film tetapi masih ada subtitle bawaan dari filmnya? Ya, Mungkin sebagian orang saja yang paham dengan menghapus subtitle bawaan dari filmnya. Tapi disaat mau mengunduh film di web unduh film seperti IndoXXI maupun di Youtube, terkadang kita sering mengalami film yang kita unduh ternyata ada subtitlenya. Yang jadi permasalahannya ialah, ketika subtitle di dalam film ternyata bukan subtitle Indonesia melainkan subtitle lain seperti subtitle Inggris ataupun subtitle bahasa China. Perihal ini pasti membuat kita ingin menghapus subtitle bawaan dari film kemudian mengubahnya dengan subtitle yang kita unduh dari web unduh subtitle Indonesia.

Tapi bagaimana sih cara menghilangkan subtitle bawaan film yang sudah menyatu dengan film? Caranya mudah kok, kalian bisa menghapus subtitle bawaan film dengan beberapa cara yang akan kita recomend untuk digunakan dan pastinya mudah mendapatkan aplikasi nya.

A. Cara Menghapus Subtitle Bawaan 

Perlu kalian ketahui bahwa saat ini ada dua tipe subtitle. Yang pertama yaitu subtitle berjenis softsub, di mana subtitle tipe ini file nya terpisah dari file video. Setelah itu, terdapat subtitle tipe kedua yaitu subtitle berjenis hardsub, dimana subtitle ini langsung menyatu bersama file video.

Dari kedua jenis subtitle tersebut, yang memang terlalu sulit untuk menghapusnya adalah subtitle yang berjenis hardsub atau yang disebutnya file video menyatu dengan subtitle nya.

Berikut ini beberapa cara yang kita recomend untuk digunakan :

1. Menghapus Subtitle Bawaan Film Tanpa Software di VLC

Cara ini hanya digunakan pada tipe subtitle softsub, dimana file video nya dapat diputar menggunakan salah satu aplikasi pemutar video yaitu VLC.

Berikut ini cara menghapus subtitle softsub di VLC media player :

  1. Disaat video diputar memakai VLC media player, Pertama klik menu tools lalu pilih sub menu preferences.
  2. Saat di dalam menu preferences, silahkan kalian pilih opsi show settings kemudian ceklist pada kotak all settings.
  3. Selanjutnya, silahkan kalian geser ke bawah hingga menemukan menu subtitles.
  4. Lalu, untuk menghilangkan subtitle silahkan kalian hapus tanda centang pada tidak opsi ini yaitu enable sub-pictures, autodetect subtitle files dan on screen display.
  5. Selanjutnya, subtitle yang awalnya muncul di dalam video akan hilang atau dinonaktifkan.

Jika kalian ingin menampilkan subtitle nya kembali, silahkan kalian klik kanan kemudian pilih menu video, lalu pilih subtitles track dan cari file subtitle yang tersimpan dalam satu folder bersama file video.

2. Cara Menghapus Subtitle Bawaan Film Dengan Menggunakan MKVTOOLNIX GUI

Cara ini hanya digunakan pada tipe subtitle hardsub. Sesuai yang kami uraikan di atas, menghapus subtitle tipe hardsub lebih sulit daripada subtitle tipe softsub dikarenakan subtitlenya itu menyatu dengan file video.

Tetapi tenang saja, disaat ini sudah ada beberapa tools atau software untuk menghapus subtitle hardsub salah satunya tools atau software bernama MKVTOOLNIX GUI.

Jadi kalau kalian ingin menghilangkan subtitle yang tidak dpaat dihapus dengan cara biasa, Kalian bisa menghapusnya menggunakan MKVTOOLNIX GUI dengan cara sebagai berikut:

  1. Pertama, kalian unduh aplikasi MKVTOOLNIX GUI dan langsung menginstallnya di PC kalian masing-masing.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi MKVTOOLNIX GUI dan silahkan buka film yang ingin kalian hapus subtitle-nya dengan cara klik tombol “add source file“, kemudian cari file filmnya.
  3. Setelah video berhasil dibuka, maka akan muncul informasi rinci terkait film tersebut sepeti tipenya, jenis codec dan sebagainya. Di situ kalian hanya perlu menghapus tanda centang pada kotak “subtitles“.
  4. Kemudian klik “start multiplexing” untuk menjalankan proses menghapus subtitle.
  5. Setelah itu, sedang proses penghapusan subtitle yang membutuhkan waktu beberapa menit tergantung durasi panjang film nya. Silahkan kalian tunggu saja hingga selesai.

3. Cara Menghapus Subtitle Bawaan Film MP4 Dengan Menggunakan MKV MERGE GUI

Selain software aplikasi MKVTOOLNIX GUI, ada satu lagi software yang bisa Anda coba untuk menghapus subtitle bawaan. Tools ini bernama MKVMERGE GUI yang selain untuk menghilangkan subtitle, juga bisa Anda gunakan untuk menghapus audio atau suara pada video.

Berikut ini cara menggunakan MKVMERGE GUI untuk menghapus subtitle Mp4:

  1. Pertama, kalian unduh aplikasi MKVMERGE GUI dan langsung menginstall nya di PC kalian masing-masing.
  2. Setelah itu, silahkan kalian buka dan jalankan software MKVMERGE GUI itu.
  3. Lalu, pada jendela awal aplikasi silahkan kalian klik tombol “add” untuk menambahkan atau membuka file video yang ingin dihapus subtitle film nya.
  4. Setelah video sudah berhasil dibuka, Kalian hanya perlu menghapus tanda centang pada kotak kecil yang ada di sampingnya dengan tulisan “subtitles”
  5. Selanjutnya, silahkan mulai proses penghapusan subtitle dengan cara klik tombol “start muxing“.
  6. Lalu kalian tunggu beberapa saat dikarenakan penghapusan subtitle ini memerlukan waktu yang lama dan setelah finish silahkan kalian klik “OK” untuk mengakhiri proses.
  7. Terakhir silahkan kalian klik tombol “browse” untuk mencari file video yang baru saja dihapus subtitlenya. lalu klik “Selesai”.

Dapat dilihat bahwa pemakaian software aplikasi MKVMERGE GUI dan MKVTOOLNIX GUI ini sama-sama mudah dilakukan. Akan tetapi agar kalian  bisa merasakan langsung perbedaannya, silahkan boleh dicoba kedua tools ini satu persatu. Setelah berhasil menghapus subtitle bawaan film, kalian bisa mengubahnya dengan subtitle Indonesia. 

B. Cara Menghapus Subtitle Film Anime di Android

Sebagai tambahan di artikel ini, kami juga sertakan cara untuk menghapus subtitle pada film-film anime dengan menggunakan perangkat ponsel Android masing-masing. Kami telah membuktikannya dan caranya setelah kami coba ternyata sangatlah mudah.

Berikut ini cara untuk menghapus subtitle anime, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, silahkan kalian install aplikasi bernama “Alight Motion” di ponsel android kalian masing-masing. “Alight Motion” ini mudah diunduh dalam Play Store maupun App Store dengan gratis tanpa berbayar.
  2. Setelah kalian install, silahkan buka aplikasi “Alight Motion”.
  3. Lalu, ketuk tanda plus (+) di kanan bawah layar aplikasi “Alight Motion” untuk membuka video anime yang ingin kalian hapus subtitlenya.
  4. Selanjutnya, kalian bisa menerapkan beberapa pengaturan pada film seperti memotong durasi film, menghapus subtitle dan pengaturan lainnya.
  5. Jika sudah dirasa cukup, kalian bisa meng-export anime tersebut dan hasilnya nanti subtitle bawaan anime akan hilang. 

Cara yang di atas hanya berlaku untuk anime dengan subtitle berjenis softsub dengan format MKV. Jika subtitle nya tipe hardsub, maka kalian tetap harus menggunakan tools tambahan yaitu MKVMERGE atau MKVTOOLNIX. Untuk Pengunaannya bisa dilihat diatas cara-caranya yang sudah kami berikan. Jadi untuk film tipe hardsub menghapusnya dari MKVMERGE atau MKVTOOLNIX

Demikianlah pembahasan dari saya mengenai cara menghapus subtitle film di PC ataupun di handphone android baik menggunakan software tambahan ataupun tidak memakai nya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian dan dapat bermanfaat. Selamat mencoba, Terimakasih.