Proxy Telegram dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Proxy Telegram dan Bagaimana Cara Menggunakannya – Telegram merupakan sebuah aplikasi dengan bertema chatting yang saat ini sedang populer di kalangan para pengguna ponsel perangkat Android maupun Iphone. Hal ini disebabkan telegram memiliki banyak sekali fitur yang tidak ada di aplikasi chattingan lainnya.
 
Telegram juga termasuk aplikasi dengan pengguna yang setiap tahunnya akan bertambah secara sangat pesat, dan dilansir dari beberapa sumber bahwa pengguna telegram naik mencapai 30 persen. Bahkan, setelah CEO Whatsapp mengumumkan adanya kebijakan dan privasi baru, pengguna telegram semakin naik secara drastis.

Aplikasi ini juga terkenal dengan adanya fitur bot yang bisa dibuat sendiri dan digunakan oleh banyak orang. Bot Telegram dapat digunakan untuk melakukan hal apapun secara otomatis yang sesuai dengan perintah saat mengatur setelannya.

Jika kita ingin membuka konten, menjaga privasi dan hal lainnya di aplikasi Telegram, maka dari itu untuk kebutuhan tersebut kita akan memerlukannya Proxy pada Telegram.

Lalu Apa Itu Proxy?

Dilansir dari niagahoster.co.id bahwa Proxy merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengakses jaringan internet dengan menggunakan IP Address yang berbeda, dimana dengan menggunakan Proxy ini maka nanti akan berubah secara otomatis IP Adrress ponsel yang kalian gunakan.

Mengapa Perlu Untuk Menggunakan Proxy?

Ada banyak alasan yang dapat diterima ketika orang yang ingin mengakses konten di Telegram  dengan cara menggunakan proxy, biasanya alasan tersebut karena konten yang mau dibuka terblokir, ingin menjaga privasi dan hal lainnya.

Fungsi Proxy di Aplikasi Telegram

Seperti yang telah saya singgung diatas bahwa fungsi atau kegunaan dari proxy di aplikasi telegram itu banyak sekali, tetapi biasanya orang yang memakai proxy itu disebabkan ingin membuka konten yang diblokir atau alasan lain seperti berikut ini :

  1. Untuk menjaga privasi
  2. Untuk mengubah IP address
  3. Agar tidak bisa dilacak orang lain
  4. Untuk meningkatkan kecepatan saat sedang nonton film atau video
  5. Untuk Mengunduh konten bisa berubah lagu, gambar, dan video
  6. Dan masih banyak juga fungsi yang lainnya.

Fungsi proxy di aplikasi Telegram sangatlah tidak sedikit, dan itu penting untuk saya utarakan kepada kalian yang sedang atau ingin menggunakan aplikasi Telegram.

Tutorial Untuk Menggunakan Proxy di Aplikasi Telegram

Sebelum lanjut ke tutorial penggunaannya, kalian juga perlu untuk memahami beberapa proxy pada perang ponsel seperti Android atau bahkan Iphone.  Jadi disini saya akan menjelaskan dua Proxy Android yang bernama yaitu MTProto Proxy dan SOCKS5. Nah, dari kedua Proxy tersebut mempunyai fungsi dan kegunaan yang tentu saja akan berbeda, berikut ini penjelasan lengkapnya :

MTProto Proxy

Proxy yang satu ini digunakan oleh Telegram untuk sebuah sistem keamanan tingkat tinggi saat akan melakukan ekskripsi pesan chat. Jadi dengan adanya MPProto Proxy ini, maka kita bisa menambah keamanan aktivitas kirim pesan dengan seseorang.

SOCKS5 Proxy

Proxy yang satu ini sebenarnya adalah versi baru dari protokol SOCKS, kinerja pada versi ini sudah ditingkatkan sehingga telah mendukung UDP dan juga TCP,. Jadi akan sangat cocok untuk digunakan saat beraktivitas menggunakan aplikasi Telegram.

Cara Setting Proxy di Aplikasi Telegram

  1. Langkah pertama buka aplikasi Telegram terlebih dahulu.
  2. Lalu pilih menu pada bagian kiri sebelah atas.
  3. Lalu klik Pengaturan.
  4. Kemudian scroll ke bawah dan pilih opsi Data dan Penyimpanan.
  5. Lalu setelah itu scroll lagi ke bawah dan pilih opsi Pengaturan Proxy.
  6. Kemudian aktifkan opsi Gunakan Pengaturan Proxy.
  7. Berikutnya masukan Proxy yang ingin dipakai, kalian bisa memilih SOCKS5 atau MTProto Proxy.
  8. Jika sudah klik Simpan dan selesai.

Setelah mengkuti langkah-langkah di atas, maka kalian sudah berhasil menggunakan Proxy di aplikasi Telegram, kalian hanya perlu untuk mengecek apakah settingan ini bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk dapat mengeceknya silakan akses konten berupa video yang diblokir oleh Telegram, dan kalian juga bisa untuk mencobanya dengan cara mengunduh lagu, gambar dan video di Telegram.