Cara Unlock Modem Smartfren Semua Tipe

Bagaimana sih cara mengubah jaringan di modem smartfren? Unlock modem smartfren? Seperti yang kita ketahui, kualitas jaringan dari MiFi Smartfren cukup baik. Selain penangkapan sinyal yang stabil, kecepatan yang dihasilkannya sendiri cukup maksimal.

Namun, kebanyakan pengguna modem atau MiFi Smartfren hanya bisa memassukkan kartu bertipe 4G LTE atau CDMA saja. Jadi, mereka tidak bisa mengatur opsi jaringan ke jalur lain seperti ke jalur HSPA atau bahkan 3G.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang penasaran dan mencari cara tentang bagaimana merubah jaringan pada modem atau MiFi tersebut ke 3G atau HSPA.

Jika kalian bertanya apakah hal tersebut bisa dilakukan, tentu saja bisa!.
Sebenarnya penjelasan seperti sudah banyak dibahas. Namun, belum banyak dari penggunanya tang tahu tentang bagaimana melakukan hal tersebut.

Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahasnya secara lengkap. Yuk simak!

Apakah bisa mengubah Modem/MiFI Smartfren menjadi GSM?

Itu semua tergantung pada tipe modem yang dipakai (Misalnya MIFI Andromax M2S, M3Y, M3Z, M2P, M2Y), sejauh ini tipe-tipe MIFI seperti ini masih belum bisa dirubah.

Mengapa demikian? Karena frekuensi sinyal yang terdapat pada hardware MIFI tersebut berbeda. Jadi, walaupun MIFI tersebut sukses di unlock, justru malah menghilangkan sinyal dari MIFI tersebut.

Sekali lagi saya jelaskan, ini hanya catatan untuk sementara waktu saja. Kemungkinan saat ini sudah ada yang sukses mencobanya.

Cara Unlock Modem Smartfren Menggunakan Software DC – Unlocker

Untuk kalian yang belum mengetahui DC Unlocker, Software ini biasa digunakan untuk unlock atau membuka kunci jalur jaringan pada Handphone Android atau modem dan Software ini cocok di banyak perangkat.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Cara ini bisa digunakan untuk berbagai modem dengan frekuensi sinyal 4G LTE. Dan bisa dicoba juga untuk MIFI atau modem Smartfren kalian.

catatan :
Sebenarnya ini adalah software lama yang sudah ada sejak beberapa taun silam. Namun hanya sebagian pengguna saja yang mengetahui dan memakainya. Oleh karena itu, software ini jarang diketahui.

Cara Unlock Jaringan Modem Smartfren Via DC Unlocker

  1. Silahkan kalian unduh lalu install terlebih dahulu Software DC Unlocker di Laptop / PC kalian.
  2. Buka Softwarenya. Kemudian hubungkan Modem kalian ke Laptop / PC kalian. Untuk menghubungkan MIFI, kalian bisa
  3. menggunakan kabel USB yang terhubung ke Laptop kalian dan MIFI kalian.
  4. Tunggu prosesnya hingga benar-benar terhubung 100% . Jika sudah terhubung, pilih opsi “Select Manufacture”.
  5. Kemudian pilih merk dan tipe modem yang kalian pakai. Jika kalian tidak tahu modem apa yang kalian pakai, kalian bisa pilih opsi Auto Detect. Nantinya software tersebut akan menyesuaikan modem kalian.
  6. Setelah proses deteksi perangkat sudah selesai, langkah selanjutnya klik tombol Unlocking.
  7. Kemudian kalian bisa unggu prosesnya hingga selesai. Proses bisa memakan waktu beberapa menit hingga benar-benar selesai.
  8. Jika sudah selesai, akan ada notifikasi yang menunjukkan bahwa unlocking tersebut berhasil (Unlock Success).

catatan :
Kalian bisa cek terlebih dahulu support atau tidaknya modem atau MIFI kalian dengan Software tersebut di situs resmi Software tersebut. (https://www.dc-unlocker.com)

Penutup

Sekali lagi saya ingatkan kepada teman-teman, cara diatas tidak benar-benar menjamin 100% akan berhasil.
Karena di beberapa tipe modem ada yang berhasil di unlock, ada juga yang tidak, tergantung kompatibel perangkat dengan software tersebut. 
Selalu berhati-hati terhadap segala resiko yang akan terjadi dengan perangkat teman-teman semua ya.

Sekian artikel penjelasan tentang Cara Unlock Jaringan di Modem atau Mifi Smartfren, Terimakasih!.