Adobe Premiere dan Adobe After Effect Aplikasi Edit Video, Apa Bedanya?

Beda Adobe Premiere Dengan Adobe After Effect dalam meng-edit video –Jika kita bicara edit video tentunya saat ini sudah banyak sekali software yang tersedia. Diantaranya adalah software dari Adobe. Ya, Adobe memang dari dulu sudah terkenal dalam bidang perangkat lunak editing. Baik gambar, video, PDF dan lain-lain.

Namun ada 2 apliaksi video editing yang selalu menjadi andalan bagi para penggunanya, yakni Adobe Premiere dan Adobe After Effect. Meskipun masih ada aplikasi-aplikasi edit video lainnya, akan tetapi, kedua aplikasi dari Adobe tersebut paling dikenal hingga sekarang

Pertama-tama kita bahas dulu dari sisi fungsi kedua aplikasi ini. Untuk Adobe premier, aplikasi ini lebih menekankan pada pengeditan video berserta audio dari berbagai sumber lalu digabungkan menjadi satu video baru. Sedangkan pada Adobe After effect,  merupakan aplikasi komposisi video yang dapat menambah efek secara visual pada sumber video sehingga dapat membuat satu video baru dengan penambahan efek visual yang baru.

Fungsi Adobe Premiere

Saat ini, video sudah menjadi media sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan bermedia sosial. Video menjadi konten yang paling digemari oleh warganet secara global, termasuk Indonesia. Bahkan, video juga sudah menjadi mata pencaharian baru bagi kaum milenial.

Salah satu aplikasi edit video yang banyak dipakai oleh para konten kreator adalah Adobe Premiere Pro. Aplikasi ini, sudah tersedia di berbagai platform digital, seperti OS, Windows, dan Linux. Bagi Anda yang ingin memulai karier sebagai video editor, perlu mempertimbangkan menggunakan aplikasi ini untuk pekerjaan sehari-hari.

BACA JUGA:  Cara Flash HP Oppo Joy R1001

Adobe Premiere ini didesain untuk kebutuhan editing video. Editing yang dimaksud disini, adalah hal-hal yang menyangkut pada Trim (Potong) video, mengubah resolusi, menambah efek atau transisi dan lain-lain.

Secara fungsi, Adobe Premiere biasa digunakan untuk membuat video seperti film pendek, video klip, dan sejenisnya.

Fungsi Adobe After Effect

Dikutip dari American Graphics Institute, tiga fungsi utama dari Adobe After Effects adalah animasi, efek, dan compositing. … Kalau ingin membuat video kamu terlihat profesional dan memiliki elemen-elemen menarik, Adobe After Effects adalah software yang bisa jadi pilihanmu. Selain itu, ada juga digital compositing

Adobe After Effect, pertama kali dirilis pada tahun 1993, atau 10 tahun sebelum Adobe Premiere muncul. Aplikasi ini juga dibuat untuk sistem operasi Windows dan MacOS.

Adobe After Effect, didesain untuk kebutuhan Motion Graphic atau editing efekpada video. Terdapat 50 standar efek yang bisa dipakai di software ini, yang cocok untuk membuat animasi object tertentu dalam video.

Untuk pemakaiannya sendiri After Effect banyak digunakan dalam CG Film. Bahkan tidak sedikit film terkenal yang menggunakan software ini.

Beda After Effect Dan Adobe Premiere

Pertama-tama kita bahas dulu dari sisi fungsi kedua aplikasi ini. Untuk Adobe premier, aplikasi ini lebih menekankan pada pengeditan video berserta audio dari berbagai sumber lalu digabungkan menjadi satu video baru. Sedangkan pada Adobe After effect, merupakan aplikasi komposisi video yang dapat menambah efek secara visual pada sumber video sehingga dapat membuat satu video baru dengan penambahan efek visual yang baru.

After Effect Atau Premiere?

Baik Adobe Premier dan Adobe After Effect akan menghasilkan sebuah video pada hasil akhirnya. Akan tetapi, hasil akhir dari keduanya memiliki perbedaan. Pada Adobe Premier, kamu akan mendapatkan gabungan berbagai video dengan penambahan audio yang dapat menarik perhatian. Umumnya Adobe Premier digunakan oleh para Youtuber dalam membuat kontennya di Youtube.

BACA JUGA:  Cara Reset HP Xiaomi Dengan Mudah

Sedangkan pada Adobe After Effect, kamu bisa melihat hasilnya di dalam sebuah film-film yang menggunakan efek 3 Dimensi dan juga animasi yang menggunakan efek-efek yang lebih luas.

Tentunya penggunaan ke dua software tersebut tinggal di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Konklusi

Nah sekarang juga kita tidak akan bingung lagi, mana software yang harus dipilih. After Effect atau Premiere.

Artikel ini saya buat untuk menjawab teman-teman yang tertarik dalam bidang editing video. Terutama buat yang mau jadi Youtuber, Editor Film, CGI dan lain-lain. Tetap semangat para sineas.

Semoga bermanfaat.