Apa Itu Black Card? Kartu Kredit Eksklusif yang Hanya Dimiliki Para Elit Dunia

Apa Itu Black Card? Kartu Kredit Eksklusif yang Hanya Dimiliki Para Elit Dunia – Black card pada dasarnya adalah kartu kredit yang dikeluarkan oleh American Express atau Amex dengan nama produk resmi American Express Centurion Card.

Black card ini sendiri pertama kali diterbitkan pada 1999 dan terus eksis hingga kini. Black card banyak digunakan oleh orang-orang kaya dunia dari berbagai profesi seperti pengusaha hingga selebritis.

Black card atau kartu hitam sering dianggap sebagai simbol status sosial tertinggi. Artinya, siapapun yang memegang atau memiliki black card, ia termasuk orang elit, miliarder, atau masuk jajaran orang terkaya di dunia.
Tak hanya sekadar kaya, pemilik kartu ini harus orang yang langsung diundang oleh American Express Centurion Bank sendiri. Sehingga, tak semua orang berduit bisa memiliki kartu ini.

Pemegang Black Card

Lantas siapa yang bisa menggunakan black card? Jawabannya tidak semua orang dan tidak semua kalangan bisa memiliki dan menggunakan kartu kredit tersebut.

Pemegang kartu Black Card juga harus membayar biaya keanggotaan sebesar USD5,000 USD atau sekitar Rp66 juta. Setiap tahunnya, para pemilik kartu diwajibkan membayar iuran sebesar USD2,500 atau sekitar Rp33 juta.

Undangan khusus untuk memiliki the black card juga baru akan diberikan setelah calon pemiliknya belanja dengan minimal USD250,000 USD dengan menggunakan kartu Amex Platinum atau Amex Gold.

Meski demikian, memiliki black card bukanlah hal yang mustahil sekalipun Anda belum mendapat penawaran dari Amex. Anda bisa mengajukan request atau prmintaan agar perusahaan tersebut mempertimbangkan untuk mengundang Anda sebagai pemegang black card.

Anda bisa mengajukan request atau prmintaan agar perusahaan tersebut mempertimbangkan untuk mengundang Anda sebagai pemegang black card. Peluang di-invite oleh American Express bisa semakin besar apabila Anda memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:

  1. Tercatat sebagai pengguna kartu American Express lainnya.
  2. Aktif menggunakan kartu Amex minimal selama 1 tahun.
  3. Pengeluaran tahunan menggunakan kartu Amex minimal sebesar 250.000 dolar AS (ada juga yang menyebut 450.000 dolar AS per tahun).

Perlu diingat bahwa ketiga syarat tersebut masih sebatas perkiraan dan belum pasti. Pasalnya, syarat pengajuan black card memang tidak dipublikasikan secara resmi oleh Amex. Jadi meskipun Anda sudah memenuhi 3 syarat di atas, belum tentu Amex akan tertarik meng-invite Anda untuk jadi salah satu pemegang black card.

Keuntungan Memiliki Black Card

Biaya yang dikeluarkan untuk memiliki black card memang tidak murah, tapi tentunya kartu hitam ini diiringi oleh segudang keistimewaan.

Ada banyak benefit yang bisa dirasakan oleh pemilik black card. Berikut beberapa keuntungannya:

1. Mendapat poin reward Setiap menggunakan black card, Anda akan mendapatkan 1 poin reward.

Poin tersebut bisa dimanfaatkan untuk pemesanan hotel atau pesawat.

2. Pelayanan akses VIP Benefit paling menggiurkan adalah akses VIP di sejumlah event atau tempat.

Misalnya ingin menonton konser di barisan terdepan atau tempat yang strategis, maka pemegang black card akan selalu diprioritaskan.

3. Private suite gratis di bandara international Los Angeles (LAX)

Keanggotaan private suite di LAX biasanya memakan biaya 4.500 dolar AS/tahun. Tapi dengan black card, Anda bisa mendapatkannya secara gratis.

4. Akses sebagai tamu elit di sejumlah hotel mewah

Pemegang black card bisa mendapatkan status tamu elit di hotel-hotel mewah. Status ini memungkinkan pemegang black card mendapatkan kelonggaran dalam banyak hal, misalnya upgrade kamar, memundurkan jadwal check out, dll.

5. Akses Centurion Lounge di seluruh bandara

Pemegang black card bisa menikmati kemewahan Centurion Lounge yang ada di sejumlah bandara international.

Centurion Lounge sendiri tergolong sebagai lounge terbaik di dunia karena memiliki makanan berkualitas tinggi hingga pelayanan spa yang memuaskan.

Demikianlah informasi terkait seputar Black Card. Semoga bermanfaat.