Cara Menghilangkan Noise Video

Cara Menghilangkan Noise Video. – Suara yang mengganggu atau yang sering dikenal dengan istilah noise adalah masalah yang kerap ditemukan dalam suatu rekaman video. Lalu bagaimana cara menghilangkan noise di video dengan cara yang mudah. Secara istilah Noise atau derau ini adalah suatu sinyal gangguan yang bersifat akustik (suara), elektris, maupun elektronis yang hadir dalam suatu sistem (rangkaian listrik/ elektronika) dalam bentuk gangguan yang bukan merupakan sinyal yang diinginkan.

Dalam hal ini tentunya noise yang dimaksud adalah suara yang mengganggu atau tidak diinginkan dalam video. Saat kita melakukan pengambilan video noise-noise yang sering mengganggu adalah suara kendaraan, suara orang di sekitar atau bahkan suara angin yang mengganggu kejernihan video yang kita ambil.

Noise Video Dari Mana sih?

Derau atau yang biasa disebut noise adalah suatu sinyal gangguan yang bersifat akustik (suara), elektris, maupun elektronis yang hadir dalam suatu sistem (rangkaian listrik / elektronika) dalam bentuk gangguan yang bukan merupakan sinyal yang diinginkan.

Termasuk perangkat kamera lain nya yang di gunakan juga berpengaruh. Kualitas microphone dan lainnya.

RajaBackLink.com

Meskipun berada di lokasi terlebilang sunyi, kalau kualitas kamera atau mic-nya kurang bagus, biasanya tetap saja ada sedikit noise.

Cara Menghilangkan Noise Pada Video di PC dan Android

Mengenai cara menghilangkannya, di sini ada dua cara yang mungkin Anda bisa coba salah satunya. Yakni untuk PC atau Android.

Tidak perlu skill editing yang dalam kok. Dijamin gampang deh. Silakan disimak cara menghilangkan noise pada video ini.

1. Menggunakan Adobe Premiere

Mungkin Kamu sudah tahu aplikasi ini, aplikasi keluaran Adobe ini kerap digunakan untuk mengedit video supaya hasilnya lebih berkualitas. Lengkapnya fitur yang disediakan, seperti untuk memberikan efek pada gambar ataupun suara menjadikan aplikasi ini banyak diminati para editor professional.
Nah, untuk cara mengedit video supaya noise hilang di Premiere seperti ini:

  1. Langkah pertama, masuk ke buka Adobe Premiere lebih dulu.
  2. Setelah itu masukan file video yang suara noise-nya mau dihilangkan. Triknya dapat klik Import media to start pada menu Project > kemudian cari video
  3. Sehabis itu, sekarang klik menu effect > pilih audio effect > klik Noise Reduction / Restoration.

  4. Kemudian drag and drop efek DeNoise ini ke timeline video di project Kamu.

  5. Berikutnya klik menu Effect Control > cari fx DeNoise kemudian buka opsinya > pilih Edit.

  6. Terakhir Kamu butuh mengatur Amount dan Gain sesuai kebutuhan. Jika disini aku menaikan gain jadi 15 dB, sehingga suara noise- nya tidak muncul lagi.

  7. Saat sebelum eksport atau edit lagi, coba uji dahulu hasilnya. Bila masih terdengar suara noise Kamu bisa menaikkan lagi gain-nya hingga suara mengganggu itu hilang.

Sebelum eksport atau edit lagi, coba tes dulu hasilnya. Jika masih terdengar suara noise Anda dapat menaikkan lagi gain-nya sampai suara mengganggu itu hilang. 

2. Menggunakan Noise Reducer (Android)

Aplikasi ini bernama Noise Reducer dan lumayan ampuh untuk menghilangkan noise dari video rekaman Kamu. Simak langkah-langkah berikut ini:

Langkah awal Kamu perlu install dahulu aplikasi Noise Reducer di HP yang hendak dipakai.
Sesudah proses pemasangan selesai, sekarang buka aplikasi Noise Reducer.
Setelah itu ambil video yang mau dihilangkan noise-nya dengan memilih menu Import File > Video.
Kemudian tunggu proses denoising secara otomatis pada aplikasi tersebut.

Berikutnya video Kamu bakal telihat, sekarang dapat uji dicoba dulu. Jadi silahkan putar video dengan memilih Play Noiseless.

Kemudian bandingkan dengan video yang belum di denoising, Kamu bisa pilih Play Original.
Bila sudah sesuai, Kamu dapat menyimpan dan eksport project tersebut jadi format video. Triknya klik Save As.
Setelah itu pilih format video yang Kamu mau.

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang noise ini, semoga bermanfaat dan harus selalu semngat.