Apa itu Otot Polos? Ini Ciri-ciri, Jenis, Fungsi dan Letaknya

Apa itu Otot Polos? Ini Ciri-ciri, Jenis, Fungsi dan Letaknya – Otot Polosmerupakan salah satu jenis otot yang ada dalam tubuh manusia. Selain Otot Polos, ada juga otot lurik dan otot jantung. Ketiga otot itu memiliki peran yang berbeda-beda. Sehingga, tidak bisa dianggap jenis otot yang sama.

Apakah teman-teman tahu apa arti dari otot? Betul sekali! Otot adalah jaringan kenyal dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi untuk menggerakkan organ tubuh. Kemudian, apa itu otot polos? Yuk, simak! 

Berikut ini akan dibahas tentang pengertian, ciri-ciri, fungsi, dan letak otot polos di dalam tubuh manusia. 

Definisi Otot Polos

Otot polos merupakan otot yang bekerja tanpa kita sadari atau kehendaki. Otot polos bekerja atas perintah otot dan kebutuhan tubuh. Otot ini tersebar di seluruh tubuh, mulai dari saluran pernapasan, rahim, kandung kemih, hingga saluran pencernaan.

Menurut salah satu penelitian yang dilakukan oleh J. Gordon Betts dalam tulisannya yang berjudul “Anatomy dan Psikologi” (2017) otot polos bekerja secara tidak sadar dan tidak membutuhkan energi yang besar dalam melakukan kontraksi yang berkelanjutan. Selain itu otot polos juga menjadi penunjang utama dalam tubuh kita yang bergerak dalam waktu lama dan tanpa jeda, hampir setiap bagian pada tubuh kita tersusun dari jaringan otot polos.

Yang membedakan otot polos dengan jenis otot lainnya adalah otot polos tidak memiliki sistem jaringan lurik. Sehingga ia cenderung untuk bekerja secara tanpa disadari.

Otot Polos Bekerja Tanpa Kehendak

Seperti penjelasan di atas, boleh dibilang otot polos bekerja tanpa kita sadari. Otot ini bekerja atas perintah otak dan kebutuhan tubuh. Nah, otot polos ini tersebar di seluruh tubuh, mulai dari saluran pernapasan, kandung kemih, rahim, hingga saluran pencernaan. Lantas, apa saja fungsi otot polos dalam tubuh manusia? 

Otot polos memiliki berbagai fungsi karena tersebar di berbagai organ tubuh. Fungsi otot ini cukup beragam, bergantung pada letak dan posisinya di dalam tubuh. Contohnya:

  1. Otot polos di saluran pencernaan berfungsi membantu perjalanan makanan.
  2. Otot polos di kandung kemih, bekerja menahan dan melepaskan urine.
  3. Otot polos pada mata, berfungsi untuk mengubah ukuran iris dan mengubah bentuk lensa mata.

Ketiga hal di atas hanya beberapa contoh dari banyak fungsi otot polos dalam tubuh kita. Pada dasarnya, jaringan otot punya fungsi yang sama, yakni sebagai alat gerak aktif. Sedangkan otot polos, berfungsi untuk memberikan gerakan tanpa pengaruh tubuh, atau bergerak di luar kehendak kita. 

Ciri-ciri otot polos

Ciri-ciri otot polos sebagai berikut:

  1. Bekerja secara tidak sadar
  2. Tidak memiliki pola lurik
  3. Berinti tunggal
  4. Tidak bercabang
  5. Bersifat elastis
  6. Memiliki tebal sekitar empat hingga lima mikrometer
  7. Memiliki panjang sekitar 20 hingga 300 mikrometer
  8. Terdapat di otot pembuluh darah dan organ dalam
  9. Memiliki filament aktin yang terlihat sebagai garis merah di bawah mikroskop
  10. Berbentuk gelendong atau spindel dengan bagian tengah yang menggelmbung (terdapat nukleus) dan ujung yang meruncing

Jenis Otot Polos

Otot polos yang terdapat di dalam tubuh manusia terdiri dari 2 jenis otot polos, yakni otot polos unit tunggal dan otot polos unit ganda.

  1. Otot polos unit tunggal adalah otot polos yang terdiri dari susunan-susunan serabut yang bekerja secara kolektif, hasilnya adalah kontraksi otot yang panjang dan seragam.
  2. Sedangkan otot polos unit ganda bekerja secara individu atau mandiri.

Letak otot polos

jenis otot polos terdapat pada organ-organ berikut Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, otot polos terdapat pada organ-organ di seluruh tubuh untuk membantu berbagai fungsi tubuh bagian dalam seperti pencernaan, detoksifikasi, menjaga keseimbangan elektrolit, pengaturan tekanan darah, pengaturan aliran urin, dan transportasi oksigen untuk jaringan. Otot polos hadir pada seluruh saluran pencernaan, saluran pernafasan, pembuluh darah, pembuluh limfatik, ginjal, dinding perut, kandung kemih, saluran reproduksi, rahim, prostat, sistem intergumen, otot rambut, otot siliaris, dan juga iris mata.

Fungsi Otot 

Otot polos ini memiliki beragam fungsi. Biasanya fungsinya dipengaruhi oleh letak dan posisinya di dalam tubuh seseorang. 

Beberapa fungsi otot polos, antara lain:

1. Otot polos di sekitar saluran pencernaan. Otot ini biasanya membantu proses perjalanan makanan. 

2. Otot polos di sekitar kandung kemih, berperan dalam proses melepaskan dan menahan urin di dalam tubuh. 

3. Otot polos di sekitar mata, berperan dalam proses mengubah lensa mata dan mengubah iris mata saat terkena sinar matahari berlebih. 

Itulah, penjelasan tentang pengertian, ciri-ciri, letak dan fungsi otot polos di dalam tubuh manusia.