Cara Mengembalikan File di Flashdisk yang Hilang Oleh Virus

Cara mengembalikan file di flashdisk yang terhidden oleh virus. Flashdisk merupakan kategori media penyimpanan luar yang bisa dilepas. Bagi yang sering menggunakan media penyimpanan USB Flashdisk tentunya pernah mengalami situasi dimana file atau data yang sangat penting tiba-tiba hilang begitu saja. 

Apa penyebabnya? Ternyata terdapat virus dalam flashdisk!

Flashdisk mudah sekali terkena virus dan kadang terdapat file yang terhidden saat sedang digunakan. File flashdisk yang terdapat virus sebenarnya masih ada alias disembunyikan oleh virus dan tidak hilang. Hal ini dibuktikan dengan kapasitas pada flashdisk yang tidak berubah sama sekali. 

Banyak dari kita merasa panik bahkan melakukan format flashdisk. File yang terhidden itu terjadi ketika kita melakukan transfer data dari komputer kita ke komputer lainnya tanpa melakukan scanning device. Namun, bagaimana cara mengembalikan file yang terhidden di flashdisk?

Berikut langkah-langkah cara mengembalikan file yang terhidden di flashdisk.

Cara Mengembalikan File yang Terhidden di Flashdisk

Langsung saja, silakan Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Masukkan Flashdisk

Colokkan flashdisk Anda yang terhidden karena virus tadi.

2. Buka CMD

Masuk ke CMD (Command Prompt), caranya dengan menekan tombol Windows+R, kemudian ketikkan cmd dan tekan Enter atau OK.

3. Masuk ke Drive Flashdisk

Setelah masuk ke Command Prompt, selanjutnya Anda masuk ke drive flashdisk.

Jika flashdisk Anda berada pada drive (G:), Anda tinggal mengetikkan “G:” kemudian Enter. Apabila ada di drive lain tinggal ganti “G:” menjadi drive yang ditempati flashdisk Anda.

BACA JUGA:  Cara Melihat Email Facebook Yang lupa Milik Pribadi Ataupun Email Facebook Milik Orang Lain

4. Ketikkan Perintah attrib -s -h *.* /s /d

Setelah masuk dalam drive flashdisk tadi, selanjutnya Anda harus ketikkan perintah:

attrib -s -h *.* /s /d 

Keterangan:

  • attrib adalah attribut.
  • (minus) untuk memunculkan file yang terhidden. Tanda minus ini bisa Anda ganti menjadi tanda plus (+) jika Anda ingin menghidden data atau file yang terdapat dalam flashdisk. Contoh pertintah untuk menghidden adalah attrib +s +h . /s /d.
  • -s berfungsi untuk mengembalikan file dari system. Supaya file yang terhidden tadi bisa dikenali oleh System Windows.
  • -h perintah ini berfungsi untuk menampilkan file yang terhidden di flashdisk.
  • -r berfungsi untuk memberi perintah hanya membaca atau read only.
  • perintah ini digunakan untuk file yang mempunyai ekstensi file. Perintah . berarti perintah untuk menampilkan semua ekstensi yang ada dalam flashdisk. Tapi jika Anda ingin mengembalikan file video saja, Anda harus mengganti formatnya menjadi *.mp4, jika ingin menampilkan gambar, formatnya diganti *.jpg atau *.png. Dan seterusnya terserah Anda ingin menampilan format yang bagaimana.

5. Tekan Enter

Setelah Anda menggetikkan perintah di atas, langsung saja tekan enter dan tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

Lakukan perintah di atas beberapa kali untuk memastikan semua data benar-benar kembali. Cek flashdisk Anda, apakah semua data sudah kembali atau belum.

6. Selesai

Setelah semua file benar-benar kembali, Anda dapat menutup jendela Command Prompt dengan cara klik tombol close, atau bisa juga ketik exit kemudian enter.

Note: Saat data sudah kembali seperti yang Anda inginkan, biasanya terdapat duplicate file yang ditinggal oleh virus yang tadinya bersarang di flashdisk Anda.

BACA JUGA:  Cara Flash HP Oppo Joy R1001

Segeralah untuk menghapus duplicate file tersebut secara permanen dengan menekan tombol Shift+Del.

Kesimpulan

Itulah bagaimana Cara Mengembalikan File di Flashdisk yang Terhidden atau Hilang oleh virus. Semoga berhasil saat mengikuti langkah-langkah di atas. Cara di atas lumayan ampuh untuk mengatasi file yang terhidden karena virus.