Inilah Cara Memperbaiki Speaker Laptop yang Pecah

Patut dicoba! Inilah Cara Memperbaiki Speaker Laptop yang Pecah – Untuk sebagian orang, speaker laptop adalah salah satu fitur penting yang harus ada di dalam laptop. Sebab dengan menggunakan hardware ini, maka kita bisa dengan mudah menghilangkan rasa jenuh. Seperti dapat digunakan untuk mendengarkan musik, menonton film, atau hal-hal bermanfaat lainnya.

Namun, terkadang masih ada juga masalah yang timbul pada hardware ini. Salah satunya adalah suara pada speaker laptop yang terdengar pecah atau rusak. Apakah kamu juga sedang mengalami permasalahan seperti itu? Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir lagi sebab pada ulasan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara yang ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Jangan lupa untuk menyimak dan ikuti caranya dengan baik ya guys!

Penyebab dari Speaker Laptop yang Terdengar Pecah

Sebelum membahas topik inti, kamu harus mengetahui penyebab dari speaker laptop yang terdengar pecah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membuat kamu lebih waspada terhadap masalah ini yang mungkin akan terjadi di kemudian hari. 

Berikut beberapa penyebabnya :

1. Mengatur Volume Secara Berlebihan

Meskipun vendor laptop memberikan berbagai kebebasan bagi para penggunanya untuk mengatur volume, namun kita juga harus tetap meggunakannya dengan wajar. Dalam arti lain, jangan mengeraskan suara sampai level yang berlebihan atau maksimal. Hal ini karena jika kita terlalu memaksakan volume pada speaker laptop, maka lambat laun nantinya suara akan menjadi pecah dan tidak enak didengar. Oleh karena itu, sebaiknya mengatur volume dengan secukupnya saja.

2. Speaker yang Tersumbat Debu

Perlu kamu ketahui bahwa speaker laptop bisa tersumbat debu, hal ini karena kinerja dari speaker yang tentu tidak akan optimal. Lebih dari itu, debu yang menyelimuti speaker bukan tidak mungkin akan membuat speaker laptop menjadi terdengar pecah. Maka dari itu, kamu harus membersihkan debu yang menempel di bagian laptop sesegera mungkin dengan menggunakan kain berbahan halus. Selain dapat membantu komponen laptop menjadi awet, kebersihan juga bisa membuat laptop kamu jauh terlihat lebih nyaman.

3. Terjadinya Benturan

Tidak bisa dimungkiri bahwa laptop yang mengalami benturan biasanya ada beberapa komponen yang terkena dampaknya, salah satunya adalah speaker. Solusi terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi hal ini adalah dengan berhati-hati.

Cara Memperbaiki Speaker Laptop yang Pecah

Dalam panduan ini, kami akan memberikan informasi mengenai solusi sederhana namun benar-benar ampuh yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki speaker yakni dengan cara mematikan suara speaker yang pecah secara manual. Jadi, yang akan digunakan hanyalah memakai tools bawaan yang tersedia di OS laptop saja. Cara ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan semua versi Windows, baik itu Windows 7, Windows 8, bahkan hingga Windows 10.

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan :

  1. Langkah pertama, kamu bisa klik bagian kanan pada icon speaker dan pilih Open Volume mixer. 
  2. Setelah itu, kamu pilih bagian Speakers.
  3. Jika sudah terpilih, maka selanjutnya kamu bisa masuk ke bagian tab Levels lalu pilih Balance dan hilangkan volume pada speaker yang terdengar pecah tersebut. Sebagai contoh, kamu bisa menghilangkan (memberi nilai 0) pada speaker L (kiri).
  4. Langkah terakhir, kamu klik tombol Ok untuk dapat menyimpannya ke pengaturan.

Apakah sekarang kamu sudah bisa merasakan perbedaan dari suara yang keluar? Dengan menggunakan cara di atas, maka suara speaker laptop kamu yang tadinya terdengar pecah akan menjadi lebih bagus lagi. Cara ini juga bisa meminimalkan terjadinya risiko suara pecah dan kemresek pada laptop.