Begini Cara Memperbaiki Speaker HP Android Rusak Akibat Terkena Air

Perangkat elektronik sangat rentan sekali terhadap air. Begitu pula dengan smartphone yang memang termasuk rentan atau juga gampang sekali rusak apabila terkena air.

Memang sekarang ini sudah ada smartphone yang dilengkapi dengan fitur waterproof atau juga anti air. Akan tetapi, masih sedikit. Bisa dikatakan langka sekali keberadaannya di negara tercinta ini.

Smartphone yang sudah terkena air biasanya langsung mengalami kerusakan. Namun,  ada masanya juga kerusakan yang terjadi termasuk kerusakan ringan dan masih dapat diperbaiki.

Salah satu kerusakan yang kerap kali terjadi akibat smartphone kena air yaitu speaker. Mendengar namanya, tentu kalian sudah mengerti tentang fungsi yait dari part smartphone yang satu ini.

RajaBackLink.com

Meskipun smartphone masih dapat berfungsi, rusaknya speaker akibat nyemplung di air ini juga dapat mengganggu. 

Kalian pasti tak akan dapat mendengarkan musik yang maksimal. Bisa-bisa suara juga jadi kresek-kresek dan bahkan tidak terdengar sama sekali.

Ternyata ada cara memperbaiki speaker HP Android yang rusak kena air supaya dapat berfungsi kembali. Caranya mudah, dijamin kalian mampu melakukannya.

Cara Memperbaiki Speaker HP

Tips seputar cara memperbaiki speaker HP Android yang telah rusak kena air ini juga dapat diaplikasikan di smartphone OS lainnya. Bahkan juga bisa diterapkan pada HP jadul sekalipun juga bisa.

1. Menjemur Smartphone 

Cara pertama dalam memperbaiki speaker HP Android rusak kena air, hal yang kalian harus lakukan yaitu menjemur smartphone. Jemur pada tempat yang lumayan panas jangan dijemur di area bawah terik matahari secara  langsung.

Sebelum menjemur smartphone, kalian membuka casing belakang smartphone. Jika smartphone kalian memakai baterai removable buka sekalian.

Menjemur smartphone merupakan salah satu cara mengatasi speaker HP rusak. Nantinya air yang berada di speaker akan menguap dan juga speaker akan kembali kering.

2. Rendam Smartphone di dalam Beras

Sejak dahulu, cara ini dipercaya sebagai yang paling ampuh dalam mengatasi smartphone kena air. Selain ampuh, cara ini  aman sekali untuk dilakukan.

Hal yang perlu kalian lakukan ialah menyiapkan wadah yang telah berisi beras secukupnya. Kemudian masukkan smartphone kalian yang speakernya sudah rusak akibat kena air di dalam beras tersebut.

Rndam Smartphone kalian sekitar 3-4 jam, atau sampai dirasa kering. Apaba smartphone kalian sudah kering, kemudian hidupkan, lalu coba speakernya yaitu dengan cara memutar musik.

3. Menggunakan Kipas Angin

Kalian sudah mengenal serta mengetahui fungsi pada kipas. Tidak hanya untuk memberi efek sepoi-sepoi di badan. Kipas bisa dipakai dalam memperbaiki speaker HP Android yang telah rusak kena air.

Caranya hidupkan kipas angin kemudian arahkan di speaker HP Android kalian yang telah  terkena air. Kemudian diamkan 1-2 jam atau sampai benar-benar kering.

Pakai kipas angin hingga speaker smartphone kalian kering sempurna. Jika perlu buka casing belakang agar anginnya dapat masuk dengan maksimal. Setelah kering, kalian sudah dapat mencobanya untuk.

4. Membersihkan Speaker dengan Peniti

Selain dapat dimanfaatkan untuk menyambungkan kertas ataupun kain. Peniti juga memiliki banyak fungsi lainnya, salah satunya dipakai untuk membersihkan air pada speaker.

Cara memperbaiki speaker seperti HP Android yang rusak kena air memakai peniti mudah sekali dilakukan. Caranya dengan menyelipkan peniti ke lubang-lubang yang berada pada speaker HP Android.

Selain dapat membersihkan air yang ada di speaker, cara ini juga mampu membersihkan speaker dari debu-debu yang telah menempel pada magnet speaker.

5. Serahkan di Tukang Service HP

Jika sudah melakukan berbagai cara, tapi speaker HP kalian tetap tidak dapat digunakan, serahkan saja pada ahlinya yaitu di  servis HP terdekat kotamu. Tapi perlu diingat, lakukan servis pada penyedia jasa servis HP yang terbaik.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips cara mengatasi speaker HP Android rusak akibat daei terkena air ternyata memang mudah sekali. Agar hal kurang mengenakkan tersebut tidak terjadi, pakai smartphone kalian secara berhati-hati terutama pada tempat berair seperti kolam renang.