Rumus Excel Terpopuler yang Harus Anda Ketahui

icrosoft Excel muncul pertama kali pada tahun 1985 dan kreasi oleh Charles Simonyi. Sejak awal memang program komputer tersebut direncanakan untuk dipakai bagi pecinta Apple saja. Akan tetapi, pada akhirnya bisa dipakai untuk sistem operasi yang lainnya.

Sampai saat ini para pemakai Excel sudah mencapai 750 juta di berbagai belahan dunia, berdasarkan perhitungan dari universitas Harvard Business Review. Sebagai satu di antara program yang mempunyai banyak pemakai, Microsoft Excel mempunyai berbagai fitur yang bisa meringankan perhitungan maupun juga pengolahan data. 

Rumus-rumus Excel 

Supaya bisa mengoptimalkan pemakaian Excel, perlu juga untuk diketahui jenis-jenis rumus Excel ini.

SUM

SUM merupakan suatu fungsi penjumlahan. Langkahnya adalah menambahkan kolom maupun juga baris yang dipilih hingga dapat mengetiknya secara langsung yakni di kolom formula. Rumus untuk Excel SUM dimulai dengan tanda yang memang sama dengan, diikuti pada SUM, kemudian isi angka, lalu diikuti kolom, hingga baris yang mau ditambah

RajaBackLink.com

Misalnya: =SUM(45+34) nanti pasti menjumlahkan angka dari 45 hingga 34 guna memperoleh angka 79.

AVERAGE

AVERAGE merupakan suatu fungsi perhitungan dengan rata-rata. Fungsi ini bisa dipakai di angka, kemudian kolom, hingga baris.

Misalnya: =AVERAGE(89, 90, 76) tentu bisa menjumlahkan 89+90+76 yang nantinya dibagi dengan 3 sehingga menghasilkan nilai dengan rata-rata 85.

COUNT

Fungsi daripada COUNT adalah untuk menghitung seluruh sel dengan rentang tertentu yang cuma berisi nilai dari suatu numerik.

Misalnya: =COUNT sama dengan (A1:A20) maka akan dihitung dengan angka pada rentang A1:A20

MEDIAN

MEDIAN tentu saja berfungsi supaya bisa menemukan nilai di tengah yakni dari suatu data. Dengan rumusnya ialah =MEDIAN atau (cell range)

Misalnya =MEDIAN(B2:B9) maka itu nantinya akan dihitung nilai tengah yakni dari kolom pada B2 hingga B9.

MAX

MAX yakni memiliki fungsi sebagai upaya dalam menemukan nilai yang m terbesar pada suatu data. Dengan rumus =MAX(cell range).

Misalnya: =MAX(B2:B9) maka nantinya akan dihitung dengan nilai tertinggi dari suatu kolom B2 sampai dengan B9.

MIN

Rumus tersebut tentunya berfungsi untuk menemukan suatu nilai terendah berdasarkan suatu data. Dengan rumus =MIN atau (cell range).

Misalnya: =MAX(B2:B9) Maka akan dihitung dengan nilai terendah berdasarkan kolom B2 sampai dengan B9.

CONCATENATE

CONCATENATE tentunya berfungsi guna menggabungkan data dengan antar kolom. Rumusnya yakni =CONCATENATE atau juga (cell range).

Misalnya: =CONCATENATE atau (B2, B9) maka tentunya dapat digabungkan dengan data yang ada pada kolom B2 hingga B9.

PRODUCT

Berfungsi sebagai upaya dalam melakukan perkalian maupun juga sekumpulan dari data yakni pada range. Bentuk daripada penulisannya yakni : =PRODUCT atau (number1, number2,….)

Misalnya: =PRODUCT atau (B2, B9) maka akan mengalikan nilai yakni pada kolom B2 maupun juga B9.

ROUND

Rumus tersebut tentunya berfungsi dalam membulatkan suatu bilangan yakni pada digit tertentu. Bentuk daripada penulisannya ialah =ROUND atau juga (number,num_digits)

Misalnya: =ROUND atau (123.4567,1) tentunya akan menghasilkan pembulatan yakni pada satu angka yang ada dibelakang koma seperti 123.5

SQRT

Rumus itg berfungsi dalam memperoleh suatu nilai akar kuadrat yang terdapat pada suatu bilangan. Bentuk daripada penulisannya yakni =SQRT atau (number)

Misalnya: =SQRT(9) tentunya akan menghasilkan angka 3 berdasarkan akar daripada 9.

POWER

Rumus yang satu ini tentunya berfungsi dalam memperoleh suatu bilangan yang nantinya akan dipangkatkan. Jenis dari penulisannya yakni =POWER atau (number,power)

Misalnya: =POWER atau (6,2) akan memperoleh hasil 6 yang nantinya akan dipangkatkan dengan 2 dan hasilnya yaitu 36.

LEN

Rumusnya berfungsi dalam menghitung berdasarkan jumlah karakter yang terdapat pada huruf maupun juga angka yakni di dalam sebuah sel. Penulisannya dengan rumus =LEN(cell range).

Misalnya: Pada suatu kolom A1 ada teks “Bumi adalah satu di antara 8 planet yang masuk ke dalam sistem dari Tata Surya” tentu rumusnya menjadi =LEN(A1) maka hasil yang akan dihitung dengan jumlah karakter yang terdapat pada kolom A1 dan berjumlah 75 karakter.

SUMSQ

Rumus itu berfungsi dalam menjumlahkan hasil yang dipangkat dua berdasarkan tiap value. Hal itu memiliki bentuk penulisannya yakni: =SUMSQ atau (number1,number2,…)

Misalnya: =SUMSQ(3,4) tentu akan memperoleh jumlah berdasarkan 3 kuadrat maupun 4 kuadrat yakni 25.

COUNTA

COUNTA tentu saja akan mengidentifikasi apakah sebuah sel kosong maupun juga tidak. Pada dasarnya di pengolahan data Anda mungkin saja dapat menemukan kumpulan berdasarkan data yang tidak terlalu lengkap. COUNTA bisa saja menjadikan Anda dalam mengevaluasi sel yang termasuk kosong dan mungkin saja ada pada kumpulan data tidak perlu dengan mengatur ulang data. Penulisannya yakni dengan =COUNTA(select cell)

PROPER

Rumus tersebut tentunya memiliki fungsi untuk huruf besar maupun juga huruf pertama yang terdapat di dalam teks hingga mengubah huruf-huruf lain sehingga menjadi lebih kecil.

Misalnya: Apabila sel A1 ada teks “bangsa indonesia”, pakai dengan menggunakan fungsi =PROPER(A1) guna membedakan teks menjadi “Bangsa Indonesia”

LOOKUP

Memiliki fungsi dalam memperoleh suatu data yang terdapat pada hal yang diinginkan.

LOOKUP

Fungsi daripada Vlookup ini dipakai guna mencari data yakni dengan langkah vertikal (tegak). Jenis dari penulisannya yakni =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

LOOKUP

Fungsi daripada Hlookup ini dipakaikan dalam mencari data yakni dengan langkah horizontal (mendatar). Jenis dari penulisnya 

penulisannya =HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Ket:

Lookup_Value

:Bisa berbentuk ipsi sel maupun juga nilai yang memang akan diketik

Table_Array

:Tabel yang digunakan untuk rujukan pada pencarian

Col_Index_Num

:Menunjukkan suatu kolom dengan jumlah yang nilainya akan diambil

Range_Lookup

:Bisa nanti akan dikosongkan maupun juga dapat diisi “benar” bila tabel disusun dengan terurut hingga pencarian nantinya diartikan sama dengan maupun juga lebih kecil, bila diisi “salah” tentu tabel tak perlu terurut hingga pencarian nantinya diartikan dengan yang sama persis.

IF

Rumus yang terdapat pada IF tentunya diatur dalam memberikan suatu pernyataan yang termasuk betul maupun juga tidak sesudah perhitungan nantinya dilakukan. Dengan suatu pernyataan IF, Anda bisa menambahkan sejumlah data untuk memperoleh hasil yang berbeda.

Bentuk soal 1:

Pada sel yang memang kosong mana pun, jangan lupa ketik: =IF(D1 jangan lupa untuk tekan tombol Enter guna menjalankan rumus. Maka hasilnya nanti akan memberi perintah jika angka yang terdapat pada sel D1 akan kurang dari maupun juga sama dengan 100, tentunya tampilkan benar. Tampilkan yang memang salah bila angka yang terdapat pada D1 lebih besar yakni dari 100.

Bentuk 2:

Pada suatu sel yang kosong di mana pun, maka jangan lupa ketik: =IF(AND(D1 maka

hasilnya yakni jika D1 lebih besar daripada 100 maupun juga D2 dan lebih besar daripada atau sama dengan jumlah 300, tentunya “Yes.”

Maka dari itu daftar rumus excel yang wajib Anda ketahui. Dengan mengetahui rumus excel, maka suatu kegiatan perhitungan maupun juga pengelolaan pekerjaan akan menjadi lebih mudah. Maka Anda juga akan mendapatkan gambaran untuk rumus Excel ini. Apalagi rumus tersebut juga bisa dihapal.

 

Sumber gambar: pexels free images