Cara Membuat Fanspage Facebook untuk Pemula

Media sosial menciptakan fenomena baru dalam masyarakat. Dengan media sosial seseorang bisa mencari teman dalam dunia maya. Namun sebenarnya media sosial juga bisa digunakan untuk hal lain pula, misalkan dengan membuat fanspage.

Salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna di Indonesia adalah Facebook. Media sosial Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg yang saat ini sudah memiliki pengguna aktif bulanan hingga mencapai 2,7 miliar dan tersebar di berbagai belahan dunia.

Tak hanya sebagai sarana untuk mencari banyak teman di dunia maya, Facebook juga memiliki fungsi lain seperti halnya media sosial lain. Salah satu fungsi Facebook yang sering digunakan adalah sebagai media sosial untuk berpromosi. Anda bisa mempromosikan jasa Anda ataupun suatu produk melalui Facebook. Bahkan, sesuatu yang dipromosikan secara online melalui Facebook memiliki peluang laku lebih banyak dibandingkan dipromosikan secara offline.

Tak hanya sebagai sarana promosi, Facebook juga bisa digunakan untuk membuat fanspage. Fanspage adalah sebuah halaman dalam media sosial yang membuat suatu tema tertentu, bisa berupa hobi ataupun memuat hal-hal yang berkaitan dengan seorang publik figure.

Apabila Anda ingin membuat halaman fanspage di dalam Facebook caranya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda hanya perlu menyiapkan waktu 30 hingga 60 menit dalam membuat Fanspage. Durasi waktu tersebut bisa lebih cepat atau lambat tergantung dengan koneksi internet Anda.

Cara Membuat Fanspage di Facebook

Sebelum membuat fanspage, pastikan Anda sudah menyiapkan nama fanspage, logo atau foto yang akan dipasang di profil fanspage, dan tema yang akan digunakan dalam fanspage. Apabila Anda sudah menyiapkan beberapa hal tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Pertama, pastikan Anda sudah mempunyai aplikasi Facebook. Jika belum Anda bisa menginstalnya terlebih dahulu.

Jika sudah bukalah aplikasi Facebook.

Setelah itu akan terdapat pilihan kategori, pilihlah halaman penggemar blog. Setelah itu, lanjut pilih ikon produk atau merk. Hal tersebut akan menjadi dasar Facebook dalam mengkategorikan akun fanspage Anda.

Kemudian pilihlah situs web, yaitu daftar tarik-turun.

Jika sudah, tuliskan nama fanspage Anda dalam menu merk atau produk.

Jangan lupa beri tanda centang tulisan ‘I agree ti Facebook Pages Terms’ kemudian pilihlah tombol Get Started.

Lalu, tuliskan karakter pada gambar pemeriksaan keamanan yang tedapat dalam kotak teks dan pilihlah menu kirim. Anda akan disarankan untuk masuk dan membuatnya apabila Anda tidak memiliki akun Facebook.

Uploadlah logo fanspage Anda. Caranya dengan memilih tautan unggah dan gambar. Anda akan diberikan kesempatan untuk memangkas dan mengedit gambar sesuai dengan keinginan Anda.

Jangan lupa untuk menambahkan informasi atau profil fanspage, caranya dengan memilih link edit info yang terdapat pada bagian atas halaman.

Pada kolom name, pastikan bahwa nama fanspage Anda sesuai dengan nama yang Anda inginkan.

Selanjutnya pada kolom founded pastikan Anda sudah mengisi tanggal Anda memulai fanspage ini.

Demikian merupakan langkah dan cara dalam membuat fanspage di Facebook. Apabila Anda ingin membuat fanspage yang menarik, Anda harus menyiapkan konsep, nama, profil, logo atau gambar yang menarik pula. Anda akan memiliki banyak pengikut apabila Anda membuat fanspage yang menarik.

Fanspage ini nantinya bisa Anda pergunakan untuk membuat komunitas, profil atau biodata sebuah instansi dan lembaga, grup fandom suatu artis, bahkan bisa pula digunakan untuk sarana promosi usaha. Semoga artikel ini bermanfaat!

Sumber: Pexels Free Images