Cara Mengaktifkan Paket Kuota Belajar Telkomsel

Sudahkah Anda mengetahui fakta bahwa Telkomsel hadir dengan paket kuota belajar? Apabila Anda adalah seorang pelajar ataupun tenaga pendidik yang membutuhkan banyak kuota internet untuk kegiatan belajar-mengajar, maka silakan Anda maksimalkan kesempatan yang satu ini!

Setelah Anda mengetahui bahwa Telkomsel menyediakan paket kuota belajar dengan jumlah kuota besar dan harga yang terjangkau, kini tinggal satu hal yang perlu dilakukan Anda. Ya, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengaktifkan paket kuota belajar Telkomsel.

Benar! Semenjak virus Corona masuk ke Indonesia pada tahun 2020, banyak sekali aktivitas masyarakatnya yang dialih tempatkan menjadi aktivitas online. Hal ini termasuk juga pada penyelenggaraan pendidikan yang harus dipindahkan menjadi online. Seluruh kegiatan sekolah diinstruksikan untuk dialihkan hanya menjadi online saja dan merumahkan semua pelajar yang ada di Indonesia maupun tenaga pendidiknya, agar bisa memutus rantai penyebaran Covid-19.

Sejak saat itu, setiap sekolah diharuskan untuk mengadakan kegiatan pembelajarannya menjadi online saja, berikut dengan media pembelajaran yang digunakan juga harus tersedia secara online.

Dampaknya adalah beragam dari diberlakukannya kebijakan ini. Pada awal mulanya, terdapat banyak kendala untuk bisa menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar secara online dan nasional di seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari ketersediaannya sarana-prasana, hingga edukasi teknologi yang belum merata menjadi masalah yang mesti dihadapi.

Persoalan mengenai jaringan internet yang belum tersedia di sebagian wilayah di Indonesia, kualitas jaringan internet yang belum bagus pada sejumlah wilayah, hingga harga paket internet yang tidak mampu dibeli oleh siswa adalah beberapa contoh kasus yang muncul dari periode awal diselenggarakan kegiatan belajar-mengajar secara online.

Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan tambahan agar bisa tercapainya kelancaran proses belajar secara online di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu dari kebijakan yang diterapkan adalah mengadakan bantuan kuota internet secara gratis dan menyediakan akses pembelian tambahan kuota belajar yang mudah dan harganya terjangkau di setiap operator penyedia layanan internet di Indonesia.

Tak kalah bersaing pastinya, penyedia layanan internet milik Indonesia pun yaitu Telkomsel, menyajikan layanan kenyamanan dan kualitas yang terbaik dengan harga yang murah demi bisa turut membantu terlaksananya secara lancar kegiatan belajar-mengajar di Indonesia dengan sistem online. Mereka menyajikan secara khusus paket kuota belajar Telkomsel yang bisa didapatkan dengan mudah dan murah.

Cara mengaktifkan paket kuota belajar Telkomsel adalah tidak sulit dan dapat Anda pelajari secara mudah dan cepat. Selain itu, terdapat juga beberapa alternatif pilihan dalam mengaktifkan paket belajar Telkomsel.

Telkomsel menyediakan kuota belajar spesial berukuran 10GB dengan harga Rp10 saja apabila memenuhi ketentuan khusus. Setiap pelanggan kartu Telkomsel bisa mengaktifkan paket data ini hanya sebanyak satu kali lewat aplikasi My Telkomsel ataupun lewat USSD Menu Browser (UMB) di *363*844#.

Anda penasaran bagaimana penjelasan rincinya mengenai cara mengaktifkan paket belajar Telkomsel?

Berikut adalah rangkuman cara mengaktifkan paket kuota belajar Telkomsel yang dikutip pada Kamis (21/7/2022) dari iNews.id berdasarkan blog Telkomsel. 

1. Cara Mengaktifkan Paket Kuota Belajar Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Silakan diikuti langkah di bawah ini untuk bisa mengaktifkan paket kuota belajar Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel:

  • Bukalah aplikasi MyTelkomsel
  • Klik menu Belanja
  • Klik menu Internet
  • Pilih kategori “Pendidikan”
  • Pilih “Kuota Belajar Rp10”
  • Konfirmasi pembelian paket
  • Notifikasi Pembelian Paket berhasil.

2. Cara Mengaktifkan Paket Kuota Belajar Telkomsel Melalui UMB

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan paket kuota belajar Telkomsel melalui USSD Menu Browser (UMB), sebagai berikut:

  • Bukalah menu panggilan telepon di ponsel Anda
  • Ketik di sana *363*844#
  • Pilihlah Paket Kuota Belajar yang tersedia di sana
  • Akses tautan pengaktivasian paket yang muncul pada layar ponsel Anda
  • Konfirmasi pembelian dan lakukan pembayaran
  • Notifikasi pembelian paket berhasil.

Sementara itu, untuk yang bukan pengguna kartu Telkomsel disediakan pula kartu perdana khusus dengan nama Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar. Pada paket perdana ini, segala kebutuhan mengenai paket kuota belajar telah tersedia di sana termasuk dari Kemendikbud secara otomatis.

Kartu perdana dari Telkomsel ini terdiri di dalamnya dari Kuota Belajar sebesar 10GB (maks. 1 kali pembelian), Kuota Belajar dari Kemendikbud sebesar 35GB (akan diberikan secara otomatis pada setiap bulan), dan Kuota Belajar sebesar 11GB seharga Rp5.000 (yang dapat diaktifkan pengguna kartu ini secara berulang kali).

Demikian, pembahasan mengenai cara mengaktifkan paket kuota belajar Telkomsel mulai dari aplikasi MyTelkomsel maupun panggilan UMB. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda! Selamat Mencoba!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @HaticeEROL