Cara Membuat Google Form di HP Tanpa Aplikasi

Cara membuat Google Form di HP tanpa aplikasi perlu diketahui oleh setiap orang. Terlebih, apabila Anda bekerja di bidang administrasi. Hal ini adalah kemampuan dasar yang penting Anda kuasai di zaman digital. 

Google Forms merupakan software administrasi yang sering digunakan sebagai alat survei tentang suatu hal. Selain itu, Google Form juga digunakan untuk mengumpulkan biodata massa yang banyak secara sistematis dan terstruktur tentang suatu hal.

Google Form adalah satu rangkaian dari kehadiran Google Docs Editor, basisnya adalah web dan berada di bawah naungan Google.

Layanan lain yang mencakup Google Docs adalah Sheets, Drawings, Slides, Sites, dan Keep. Google Form hadir sebagai bagian dari aplikasi web.

RajaBackLink.com

Berikut adalah cara membuat Google Form di HP Android tanpa aplikasi pihak ketiga, yaitu sebagai berikut:

  1. Aktifkan internet dan bukalah browser di smartphone Android Anda.
  2. Akses ke laman forms.google.com di kolom pencarian url browser Anda.
  3. Berilah judul formulir yang Anda buat di sana dengan tap judul formulir yang terletak di bagian atas formulir, lalu silakan masukkan judul yang Anda inginkan.
  4. Klik deskripsi yang terletak di bagian bawah judul formulir.
  5. Silakan Anda buat pertanyaan pertama dengan klik kolom kosong yang terletak di bawah deskripsi.
  6. Silakan tap menu “Pilihan Ganda” di bawah kolom pertanyaan Anda, apabila Anda menginginkan jawaban pilihan ganda disediakan di sana. Isilah pilihan jawaban ganda tersebut oleh Anda apabila digunakan.
  7. Pengaturan default Google Form diatur pada jawaban “Pilihan Ganda”, apabila Anda tidak menginginkan jawaban pilihan ganda silakan Anda pilih di sana opsi selain “Pilihan Ganda”.
  8. Silakan Anda ketuk gambar untuk menambahkan pertanyaan baru. Letaknya berada di pojok kiri bawah layar Anda.
  9. Ketuk ikon “TT” untuk menambahkan kotak teks. Letaknya ada di pojok kiri bawah layar Anda. Ketika ikon ini di-tap maka kotak teks ini akan mengambang di formulir Anda.
  10. Silakan Anda ketuk ikon “Gambar” yang terletak di bagian bawah. Fungsinya adalah untuk memasukkan gambar ke formulir Anda.
  11. Silakan Anda ketuk ikon “Video” untuk menambahkan video ke formulir Anda apabila dibutuhkan. Bentuk ikon ini adalah Play dan berwarna abu-abu, dan terletak di sebuah kotak persegi panjang di sebelah ikon “Gambar”.
  12. Silakan Anda ketuk ikon dua garis horizontal yang terletak di pojok kanan bawah layar Anda. Fungsinya adalah untuk menambahkan bagian baru di formulir Anda.
  13. Silakan Anda ketuk ikon palet warna yang terletak pada bagian atas formulir Anda. Fungsinya adalah untuk membuka menu pop-up warna yang bisa digunakan sebagai tema formulir.
  14. Apabila Anda ingin mengganti tema yang ada, silakan ketuk ikon bergambar palet warna tersebut dan pilihlah warna tema yang diinginkan dengan mengetuknya.
  15. Silakan Anda ketuk ikon bergambar Android 7 Send.png yang terletak di bagian atas formulir. Fungsinya adalah untuk menyimpan formulir yang baru saja Anda buat dan memungkinkan Anda membagikannya kepada calon responden.
  16. Masukkan alamat e-mail Anda pada bagian bawah judul “Email”. Ketuk di sana bidang “Kepada” dan masukkanlah alamat e-mail calon responden Anda.
  17. Silakan Anda ketuk tombol “Send” yang letaknya ada pada bagian pojok kanan bawah. Ketika tombol ini Anda tekan, maka formulir yang baru saja Anda buat akan dikirimkan kepada calon responden melalui e-mail.

Demikian, penjelasan mengenai cara membuat Google Form di HP tanpa aplikasi pihak ketiga. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @djyac0