Cara Mengatasi Printer Not Responding

Ketersediaan printer di rumah memang sangat membantu. Anda akan bisa mencetak dokumen yang diperlukan kapan pun dengan leluasa dan cepat. Saat ini pun telah banyak printer yang ditawarkan kepada masyarakat umum dan perusahaan dengan harga yang terjangkau.

Di antara printer yang ditawarkan itu terdapat merek-merek yang sudah dikenal secara umum, seperti printer Canon, printer HP, dan printer Epson. Ketiga merek tersebut banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari kita.

Menggunakan printer juga tidaklah sulit. Anda hanya perlu memberi perintah print atau cetak, maka Anda pun sudah bisa menjalankan semua proses pencetakan pada mesin printer. Semua jenis printer memiliki sistem kerja seperti ini.

Tetapi, terkadang ada beberapa kejadian saat printer tidak merespon apa pun tatkala perintah print sudah diberikan. Jika Anda menemukan masalah seperti ini maka tenanglah! Itu bukan berarti mesin cetak Anda rusak.

Hingga saat ini telah banyak orang yang mencari-cari informasi terkait hal itu. Printer yang memberi tanggapan “not responding” benar-benar sangat mengganggu kinerja para penggunanya dan sering ditanggapi dengan status rusak.

Kejadian seperti itu bisa terjadi karena faktor tertentu. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka Anda hanya perlu mengetahui saja cara penanganannya. Solusi penanganannya adalah beragam dan mudah sekali dilakukan.

Berikut adalah deretan cara untuk mengatasi printer yang tidak merespon dengan baik perintah print saat telah diberikan. Silakan disimak baik-baik, ini dia penjelasannya!

1. Mengatur 'services.msc' pada Windows

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan saat mengalami situasi printer tidak merespon perintah print adalah memeriksa service.msc yang terdapat pada windows. Berikut adalah cara memeriksanya:

  • Silahkan Anda klik dan tahan tombol “Windows” pada keyboard, kemudian klik tombol huruf “R“.
  • Ketiklah oleh Anda services.msc, lalu klik tombol “Enter“.
  • Silakan dipilih Print Spooler, kemudian pilih Stop untuk mematikan service print spooiler.
  • Silakan Anda minimize tab services, kemudian bukalah Windows Explorer.
  • Lalu, silakan Anda menuju C:\Windows\System32\spool\PRINTERS dan hapuslah file print spooiler yang ada. Anda akan mendapati banyak sekali file pada folder tersebut, silakan Anda hapus semuanya.
  • Silakan kembali ke tab services, kemudian pilihlah kembali print spooler dan klik “Start“ untuk menghidupkan kembali service print spooiler.
  • Langkah terakhir, silakan Anda restart komputer dan uji coba setelahnya dengan memberi perintah print di komputer.
  • Selesai, penangan cara pertama telah Anda lakukan.

2. Cabut Kabel USB Printer

Cara mengatasi printer not responding perintah print yang selanjutnya adalah dengan mencabut kabel USB Printer. Kabel USB ini adalah yang menghubungkan printer dan komputer. Bisa jadi akar masalah yang Anda hadapi dikarenakan pemasangan USB Printer pada komputer yang kurang pas.

Oleh karenanya, silakan Anda coba lepas kabel usb printer tersebut. Jika Anda dapati kabel tersebut kotor, silakan dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian, pasangkan kembali pada komputer.

Setelahnya, silakan Anda coba kembali beri perintah print pada komputer.

3. Melakukan Kembali Install Ulang Driver

Driver memiliki peran yang sangat penting. Bisa jadi printer Anda tidak merespon perintah print karena kondisi driver sedang mengalami error.

Solusi dari kasus ini adalah Anda tinggal kembali meng-install ulang driver tersebut. Silakan dilakukan dengan benar supaya printer bisa kembali menjalankan kinerjanya seperti semula.

Cara meng-instal ulang driver adalah dengan menemukan softwarenya yang terdapat pada CD yang disertakan dalam box penjualan printer tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya dengan cara men-download-nya di internet.

4. Me-reset Printer

Cara berikutnya untuk mengatasi printer tidak merespon perintah print adalah dengan melakukan reset pada printer. Silakan Anda simak cara me-reset printer yang Anda miliki di buku panduan yang disertakan dalam box penjualan printer.

5. Servis Printer

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi printer tidak merespon perintah print adalah Anda pergi ke teknisi printer terdekat di kota Anda.

Apabila keempat cara di atas telah Anda tempuh, tetapi printer tetap tidak merespon, maka besar kemungkinkan terjadi kerusakan hardware pada printer Anda. Solusinya, Anda hanya tinggal memercayakan penanganannya kepada teknisi printer di kota Anda. Alangkah lebih baik jika Anda pergi ke gerai resmi merek printer Anda.

Demikian, 5 cara mengatasi printer tidak merespon perintah print yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa!

 

***

Sumber Foto: Pixabay/OpenClipart-Vectors