Cara Mengubah Start Menu Windows 10 Menjadi Windows 7

Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi komputer terbaik di dunia yang hadir hingga saat ini. Keberadaannya diklaim telah menguasai sedikitnya 52% pasar Windows PC. Peningkatannya menunjukkan trend yang positif hingga saat ini.

Walaupun demikian, hingga saat ini masih banyak para pengguna yang masih nyaman bertahan menggunakan Windows 7. Hal itu tidak luput karena beberapa alasan yang dimiliki oleh mereka.

Tampilan Desktop Windows 10

Salah satu alasan yang hadir dari para pengguna setia Windows 7 adalah karena pada Windows 7 itu tampilannya sederhana serta fitur-fitur yang dihadirkan pun mudah digunakan.

Sementara pada Windows 10, mereka mengakui bahwa tampilan yang dihadirkan memang lebih modern. Namun, tampilan menu dihadirkan tersebut menggunakan banyak ikon live tiles yang berjajar dan memenuhi tampilan Start Menu Windows 10.

RajaBackLink.com

Tampilan Windows 10 inilah yang membuat tidak nyaman untuk beberapa orang sehingga membuat mereka rindu dengan tampilan Start Menu yang dihadirkan pada Windows 7.

Cara Mengubah Start Menu pada Windows 10 Menjadi Windows 7 dengan Mudah

Anda tetap bisa menggunakan tampilan Windows 7 pada Windows 10 yang Anda pergunakan. Untuk bisa melakukan hal tersebut, Anda hanya perlu meng-install aplikasi Classic Shell.

Aplikasi Shell memang dibuat khusus untuk para pengguna Windows yang menginginkan kustomisasi pada tampilan Start Menu di Windows yang dimilikinya, supaya mirip dengan tampilan Windows versi sebelumnya.

Windows Explorer pun bisa dikustomisasi tampilannya seperti pada versi Windows sebelumnya menggunakan aplikasi Shell. Hasilnya benar-benar akan memunculkan tampilan yang mirip dengan tampilan versi sebelumnya yang Anda inginkan.

Berikut adalah uraian mengenai langkah-langkah untuk bisa menggunakan Classic Shell. Darinya, Anda akan bisa membuat tampilan Start Menu pada Windows 10 menjadi tampilan Windows 7. Ini dia, penjelasannya:

  1. Langkah pertama, silakan Anda download aplikasi Classic Shell. Hingga saat ini, telah banyak beragam website yang telah menyediakan aplikasi ini. Silakan Anda download pada laman terpercaya. Sebagai rekomendasi, Anda bisa men-download-nya di www.classicshell.net.
  2. Langkah kedua, bukalah aplikasi Classic Shell yang telah berhasil Anda install. Untuk Anda yang menginginkan tampilan Windows 7 secara menyeluruh, maka Anda bisa membiarkan pilihan paket Classic Internet Explorer dan Classic Explorer yang tersedia secara otomatis. Namun, apabila Anda hanya menginginkan perubahan pada Start Menu saja, maka silakan Anda me-non-aktifkan atau disable pilihan paket yang tampil otomatis itu.
  3. Langkah ketiga, apabila proses install tersebut sudah mulai Anda lakukan dan selesai. Maka, silakan sekarang Anda masuk ke menu Pengaturan atau Settings. Caranya yaitu Anda hanya perlu meng-klik kanan pada ikon Windows yang posisinya berada di sebelah kiri taskbar. Apabila muncul kemudian pop-up Windows Settings for Classic Start Menu, silakan Anda centang bagian Show all settings.
  4. Langkah keempat, setelah tiga langkah sebelumnya telah Anda lakukan. Pada langkah ini, maka seharusnya semua tampilan Start Menu yang Anda idam-idamkan sudah muncul di layar pada opsi. Anda sudah bisa melihat sendiri berbagai opsi tampilan Start Menu Windows 7 hingga versi Windows Classic.
  5. Karena Anda di sini menginginkan tampilan Start Menu pada Windows 7, maka silakan Anda pilih Windows 7 Style. Setelahnya, silakan di-klik Select Skin pada bagian bawah. Anda pun dapat langsung menuju tab Skin yang terletaknya pada sebelah kanan Windows. Jangan lupa, silakan Anda centang Replace Start Button agar bisa melangkah ke tahapan selanjutnya.
  6. Langkah selanjutnya, silakan Anda pilih skin pada Windows Aero. Di sini, Anda bisa memilih beragam opsi secara bebas sesuai dengan keinginan Anda. Beragam opsi yang bisa dipilih antara lain adalah size font, user picture, size ikon, dan lain-lain. Apabila Anda telah menentukan pilihan, silakan Anda klik Ok.
  7. Sekarang, Anda sudah bisa mulai mengganti ikon Start Menu Windows Anda. Caranya adalah silakan Anda masuk ke Start Button, kemudian Anda pilih Custom Button. Setelahnya, silakan ganti Button Image dengan cara meng-klik tanda tiga titik yang terletak di sebelahnya. Pada kondisi ini, Anda bisa mengunduh ikon Start Menu Windows 7 di laman http://www.classicshell.net/forum/viewtopic.php?f=18&t=3207. Di sana, Anda akan mendapati berbagai opsi beragam. Sekarang, silakan Anda download tampilan opsi yang sesuai dengan selera Anda. Setelah selesai, silakan Anda klik Ok.
  8. Apabila Anda merasa terganggu dengan kehadiran Cortana yang ada di taskbar, maka Anda pun bisa menghilangkan kehadirannya. Caranya adalah silakan Anda pilih Cortana, kemudian klik Hidden.
  9. Warna pada taskbar pun bisa Anda ganti menjadi warna biru seperti tampilan Windows 7. Caranya bisa Anda lakukan dengan cara meng-klik kanan pada area kosong di dekstop. Kemudian, silakan Anda pilih Personalize – Colors. Silakan Anda hilangkan centang pada Automatically pick an accent color from my background.
  10. Langkah terakhir, silakan Anda aktifkan toggle Transparency effects dan centang Start, Taskbar, and Action Center serta Title bars. Kemudian, silakan Anda pilih warna biru.
  11. Selesai, Anda kini bisa melihat tampilan Start Menu Windows 7 pada Windows 10 Anda.

Demikian, ulasan mengenai cara mengubah tampilan Start Menu Windows 10 menjadi tampilan Windows 7. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

 

***

Sumber Foto: Pixabay/FatehMuhammadRaja