Aplikasi WhatsApp untuk Windows 7

Anda mungkin sudah tidak asing lagi ketika melihat sebuah simbol yang bergambar telepon dan memiliki latar belakang berwarna hijau. Ya, itu adalah simbol dari aplikasi WhatsApp.

WhatsApp atau WA merupakan salah satu aplikasi chat yang populer banyak digunakan oleh masyarakat dunia saat ini. Kabar baiknya untuk Anda yang senang beraktivitas dengan menggunakan PC, aplikasi WhatsApp bisa digunakan pada jenis PC apapun.

Jenis PC yang biasa digunakan oleh masyarakat dunia saat ini adalah komputer, laptop, atau tablet.

Aplikasi bertukar pesan yang satu ini telah diunduh lebih dari 5 Miliyar di Google Playstore untuk perhitungan di seluruh dunia. Ulasan dan rating yang dimiliki oleh WhatsApp hingga saat ini adalah berada pada tingkat baik.

RajaBackLink.com

Sebagai aplikasi berbalas pesan dan berkirim file, tampilan aplikasi WhatsApp bisa dikatakan sederhana dan mudah dipahami oleh siapa pun penggunanya. Mulai dari orang tua hingga anak-anak sekalipun, aplikasi ini sangat nyaman dipergunakan.

Selain telah tersedia untuk ponsel pintar, aplikasi WhatsApp pun telah memberi keleluasaan untuk para penggunanya bisa menjalankan aplikasi ini melalui berbagai media internet lainnya. Anda dapat menjalankan aplikasi ini juga melalui laman browser ataupun melalui WhatsApp Web.

Jadi, sudahkah Anda sudah mengetahui informasi ini? Saat ini, WhatsApp sudah bisa dijalankan melalui berbagai perangkat internet seperti salah satunya adalah melalui laptop.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas terkait aplikasi WhatsApp untuk Windows 7. Windows 7 sendiri merupakan sistem operasi untuk perangkat komputer yang masih banyak digunakan hingga saat ini oleh masyarakat Indonesia yang masih nyaman menggunakannya.

Untuk bisa menjalankan WhatsApp pada PC yang dipasangi dengan Windows 7, maka sistem operasi yang dipasang tersebut haruslah berukuran 64-bit.

Apabila Anda menggunakan Windows 7 yang berukuran 32-bit, maka Anda akan mendapati pesan error yang bertuliskan “Installation has failed“.

Oleh karenanya, untuk yang bisa menjalankan aplikasi WhatsApp pada PC yang menggunakan Windows 7, haruslah sistem operasi yang dimilikinya adalah berukuran 64-bit.

Untuk penjelasan lengkapnya mengenai langkah-langkah peng-install-an WhatsApp pada Windows 7 beserta dengan ulasan kelebihan dan kekurangannya, silakan disimak baik-baik pada ulasan di bawah ini.

Perbedaan WhatsApp versi Web dan versi PC/Laptop

Terkait tampilan dan sistem operasinya, WhatsApp versi Web maupun versi PC atau laptop tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Sebenarnya, tampilan keduanya tidak jauh berbeda dan fungsinya tetap sama.

Yang membedakan kedua versi ini salah satunya adalah Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi WhatsApp untuk versi PC atau laptop sebelum dapat digunakan. Sedangkan, pada WhatsApp versi Web hal tersebut tidak diperlukan.

Selain itu, perbedaan yang lainnya adalah Anda tidak perlu melakukan scan QR Code berulang kali untuk WhatsApp versi PC. Pada WhatsApp versi Web, scan QR Code akan dilakukan berulangkali untuk verifikasi penggunanya.

Pada saat digunakan, aplikasi WhatsApp versi PC atau laptop adalah lebih ringkas dan efisien untuk digunakan apabila dibandingkan dengan versi webnya.

1. Cara Install Aplikasi WhatsApp pada Windows 7 Tipe 64-bit

  • Sebelum Anda bisa menjalankan aplikasi WhatsApp di PC Anda, silakan download terlebih dulu aplikasinya di https://www.whatsapp.com/download. Pastikan bahwa Windows 7 yang terdapat PC Anda adalah berukuran 64-bit.
  • Selanjutnya, silakan Anda download installer WhatsApp yang berukuran 64-bit. Tunggu beberapa saat.
  • Apabila proses download telah selesai, selanjutnya silakan Anda klik kanan pada installer WhatsApp.
  • Setelahnya, silakan dipilih opsi “Run as Administrator”.
  • Selesai, Anda kini telah memiliki aplikasi WhatsApp di PC Anda.

2. Cara Menjalankan Aplikasi WhatsApp pada Windows 7 Tipe 64-bit

Berikut adalah cara menghubungkan aplikasi WhatsApp versi PC dengan WhatsApp yang ada pada smartphone Anda:

  • Bukalah aplikasi WhatsApp di smartphone Anda, kemudian pilihlah opsi WhatsApp Web.
  • Laman akan segera menampilkan QR Code. Pada tahap ini, proses konfirmasi terkait WhatsApp versi Web akan berlangsung.
  • Silakan scan QR Code WhatsApp yang muncul di smartphone Anda. Tunggulah selama beberapa saat, sampai aplikasi WhatsApp versi PC atau laptop tersambung dengan aplikasi WhatsApp di smartphone Anda.
  • Setelah tersambung, maka aplikasi WhatsApp versi PC sudah bisa Anda gunakan sebagaimana mestinya.
  • Selesai, WhatsApp versi PC sudah terhubung dengan WhatsApp di smartphone Anda. Setiap aktivitas masing-masing di PC atau smartphone akan saling tertaut, sehingga Anda tidak perlu membuka keduanya untuk melihat pesan lama yang ada di WhatsApp yang dipasang pada smartphone.

Semua fungsi yang ada pada WhatsApp versi PC adalah sama dengan fungsi yang ada pada WhatsApp yang terpasang di smartphone Anda.

3. Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp versi PC

Walaupun, fungsi dan fitur yang tersedia pada WhatsApp versi PC adalah hampir sama seperti WhatsApp di smartphone Anda. WhatsApp versi PC juga terdapat kelebihan dan kekurangannya.

Ini dia, kelebihan dari WhatsApp versi PC:

  • Tidak perlu konfirmasi QR Code kembali dengan WhatsApp yang ada di smartphone Anda, setiap kali Anda telah keluar dari WhatsApp versi PC. Hal ini berkebalikan dengan WhatsApp versi Web yang akan selalu meminta konfirmasi kepada Anda saat telah keluar, dan ingin masuk kembali ke WhatsApp versi Web.
  • Penulisan pesan dirasa lebih praktis dan leluasa karena menggunakan keyboard laptop yang luas.
  • Tampilan WhatsApp versi PC adalah lebih besar jika dibandingkan dengan versi pada smartphone ataupun Web. Hal ini akan memudahkan Anda dalam penggunaan WhatsApp untuk keperluan bisnis.

Ini dia, kekurangan dari WhatsApp versi PC:

  • WhatsApp versi PC tidak bisa digunakan untuk panggilan suara atau panggilan video.
  • Keberadaannya masih sangat terikat dengan WhatsApp yang berada pada smartphone ketika ingin online. Smartphone yang dipasangi WhatsApp yang telah dihubungkan dengan versi PC, haruslah terhubung dengan internet ketika ingin menjalankan aplikasi WhatsApp di PC ataupun laptop.
  • Baterai di smartphone yang dipasangi WhatsApp akan tetap terkuras karena harus mengaktifkan internet juga ketika ingin menjalankan WhatsApp versi PC.

Meskipun, terdapat beberapa kekurangan untuk WhatsApp versi PC apabila dibandingkan dengan versi smartphone-nya, keberadaannya dirasakan jauh lebih baik dan lebih efisien apabila dibandingkan dengan menggunakan WhatsApp versi Web.

Sekian, pembahasan mengenai aplikasi WhatsApp untuk PC Anda dari mulai bagaimana cara meng-install-nya hingga penjelasan kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @geralt