Cara Mengetahui Sandi Wifi

Wifi sudah menjadi hal yang taka sing lagi sekarang ini. Wifi sudah menjadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi, terutama bagi orang-orang yang bekerja dari rumah. Hal tersebut dikarenakan, jaringan internet menjadi penetu kelancaran sebuah pekerjan yang dilakukan di rumah.

Meski demikian tidak semua orang pula memiliki akses wifi. Sebagian orang masih menggunakan paket internet dari perusahaan provider di Indonesia. Memang, biaya untuk mengakses wifi membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, seseorang terkadang mengakses wifi secara cuma-cuma apabila sedang berada di suatu wilayah yang mempunyai akses wifi.

Akan tetapi, hal yang sering terjadi saat akan mengakses wifi di tempat umum atau milik orang lain adalah masalah password. Kita seringkali tidak mengetahui password wifi tersebut. Eitss, jangan khawatir jika ingin mengakses wifi secara gratis, namun tidak mengetahui passwordnya. Terdapat beberapa cara untuk mengetahui kata sandi wifi terdekat. Lalu, bagaimanakah caranya? Simak artikel ini hingga selesai, ya!

Cara Mengetahui Kata Sandi Wifi Terdekat

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui kata sandi wifi yang berada paling dekat dengan Anda, yaitu dengan melalui beberapa cara berikut ini.

Cara Mengetahui Kata Sandi Wifi dengan Window

Jaringan internet baik yang berasal di wifi atau jaringan internet lain sebenarnya bisa mudah terhubung karena adanya peran Windows dalam jaringan tersebut.

Salah satu cara untuk mengetahui kata sandi wifi melalui Windows adalah dengan beberapa cara di bawah ini:

Langkah pertama, pilih menu start yang terdapat di laptop atau PC Anda.

Langkah kedua, carilah menu network status, jika sudah menemukan Anda juga bisa memilih menu Change adapter Options. Menu tersebut biasanya muncul di menu settings.

Langkah kedua adalah klik kanan pada bagian adaptor wifi komputer. Jika sudah pilihlah status. Kemudian akan muncul beberapa opsi pilihlah wireless properties. Halaman akan memunculkan sebuah kotakk berisi kata sandi yang disimbolkan dengan titik-titik di dalamnya. Selanjutnya pilihlah menu Show Character. Tujuannya adalah untuk melihat kata sandi yang tadinya hanya berupa titik-titik menjadi tulisan yang biasa dibaca.

Akan tetapi, kata sandi tersebut apabila Anda tidak pernah terhubung dengan jaringan wifi tersebut, maka Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Magical Jellybean Wifi Password Revealer. Aplikasi tersebut dapat menampilkan semua kata sandi dari semua wifi yang terdeteksi oleh laptop atau computer Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan software tambahan, yakni Command Prompt Windows. Caranya adalah dengan membuka Start Menu, kemudian ketikkan Command Prompt, jika sudah menemukan klik kanan dan pilih Run As Administrator. Lalu, ikuti perintah yang tersedia dan akan ditampilkan sebuah jaringan yang disimpan, yaitu netsh wlan show profile.

Selanjutnya, Anda bisa memilih jaringan dari daftar tersebut, dan pilih juga wlan show profile MyNetwork Key = clear.

Cara Mengetahui Kata Sandi Wifi pada Andorid

Berbeda dengan sebelumnya, mengetahui kata sandi wifi di smartphone Android terbilang lebih susah. Akan tetapi, jangan khawatir kita tetap akan mencoba cara mengetahui kata sandi wifi dengan menggunakan smartphone Android.

Cara mengetahui kata sandi di smartphone Android adalah dengan membuka Setting. Kemudian pilihlah jaringan dan internet. Jika sudah pilihlah wifi dan jangan lupa memilih jaringan yang Anda inginkan.

Akan tetapi, dapat lebih mudah lagi apabila Anda pernah terhubung dengan jaringan wifi tersebut. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu mengetuk tombol Bagikan. Beberapa saat kemudian kata sandi tersebut akan muncul tepatnya di bawah kode QR.

 

Sumber Gambar: Pexels Free Images