Cara Merekam Layar di iPhone

IPhone merupakan salah satu smartphone di Indonesia yang penjualannya semakin meningkat hari demi hari. Sebagian besar pengguna IPhone berasal dari golongan anak-anak muda. Mereka lebih memilih IPhone karena fitur yang dimilikinya, salah satunya adalah kamera.

Tak hanya digunakan oleh para kawula muda saja, tetapi IPhone juga digunakan oleh orang dewasa sekalipun. Salah satu hal yang seringkali membuat beberapa orang merasa kebingungan adalah cara merekam layar IPhone.

Meski tidak sering digunakan, nyatanya merekam layar dengan IPhone juga terhitung diperlukan dalam beberapa keperluan, misalnya menunjukkan sesuatu yang penting kepada orang lain.

IPhone versi terdahulu tidak memiliki fitur khusus untuk merekam layar, sehingga penggunanya harus menginstal sebuah aplikasi untuk melakukan rekam layar IPhone. Akan tetapi, setelah sejak iOS 11 diluncurkan pengguna IPhone, iPad, dan iPhod tidak perlu lagi khawatir apabila ingin merekam layar, karena Apple telah menyediakan native option yang berfungsi untuk merekam layar.

Lalu, bagaimanakah cara yang tepat dan mudah untuk merekam layar iPhone? Artikel ini akan membahas mengenai cara merekam layar iPhone dengan baik dan benar. Simak hingga selesai, yaa!

Setting up Screen Recording


Salah satu cara paling mudah dalam merekam layar IPhone adalah dengan menggunakan Setting Up Screen Recording. Caranya adalah dengan membuat pengaturan tersedia pada control center. Lalu, bagaimanakah caranya? Caranya yaitu dengan memilih setting, lalu pilih lagi control center, dan juga pilih customize controls.

Selanjutnya Anda bisa memilih menu plus atau tambah. Menu tersebut dapat ditemukan di samping screen recording. Anda dapat menswipe dari atas k bawah atau dapat pula dari bawah ke kanan atas.

Merekam Layar Anda


Agar dapat dengan mudah digunakan oleh penggunanya, Apple telah merancang agar cara rekam layar dapat digunakan dengan semudah-mudahnya oleh penggunanya. Maka dari itu, sistem yang diusung oleh Apple benar-benar mudahdan simple. Caranya adalah hanya dengan membuka control center dengan mimilih menu screen record.

Anda akan diberikan waktu selama tiga detik untuk mempersiapkan diri sebelum merekam layar IPhone. Jika sudah tiga menit akan muncul tombol merah yang berfungsi untuk menandakan bahwa IPhone Anda sudah mulai untuk merekam.

Anda juga bisa memasukkan audio atau suara ke dalam screen recording, caranya juga cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol screen record dengan pressure estra.

Dalam beberapa saat akan muncul sebuah pop up, tekan pop up tersebut tepatnya di bagian tengah, yaitu microphone audio dan tombol start recording. Apabila proses merekam layar telah selesai, pilihlah red timer. Menu ini biasanya berada di bagian atas layar dan berfungsi untuk menghentikan rekam layar.

Kemudian, terdapat pula sebuah tulisan ‘Screen Recording Video Saved to Photos’. Klik tulisan tersebut, agar diarahkan ke galeri untuk melihat rekaman layar tersebut.

Editing Perekaman Layar


Hasil rekaman tersebut, dapat Anda edit agar menjadi lebih estetik. Caranya juga cukup mudah, yaitu hanya dengan menggunakan aplikasi Apples Photos.

Cara mengedit video hasil rekaman layar dengan aplikasi Photos adalah dengan membuka video di aplikasi Photos, lalu pilihlah menu edit. Menu ini dapat Anda temukan di bagian kanan atas.

Kemudian, editlah rekaman layar IPhone tersebut dengan sesuka hati Anda. Anda bisa memotong video, memberi bingkat, memotong durasi, menambahkan music dan lain-lain.

Demikian merupakan salah satu cara untuk merekam layar IPhone. Anda bisa memilih lebih mudah menggunakan yang mana. Selamat mencoba!

Sumber Gambar: Pexels Free Images