Cara Menghapus Akun Gmail Dengan Aman dan Permanen

Terdapat berbagai jenis layanan e-mail yang hadir hingga saat ini. Apabila Anda ingin coba mengganti dan menghapus akun e-mail Anda dari Google yaitu Gmail, maka Anda bisa melakukannya.

E-mail yang sudah tidak digunakan lebih baik dihapus keberadaannya untuk bisa meminimalisir kejadian sabotase e-mail yang mungkin terjadi oleh pihak luar dengan cara meng-mengacaukan akun e-mail Anda.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa dengan menghapus akun Gmail, maka Anda sudah tidak bisa lagi mengaktifkan akun Gmail tersebut karena akan terhapus secara permanen.

Ya, sifat penghapusan dari akun Gmail adalah permanen. Karenanya, setelah Anda memulai prosesnya hingga selesai, maka semua pengaturan dan isi Gmail Anda tersebut akan dihapus oleh sistem. Setelahnya, Anda sudah tidak bisa lagi menggunakan alamat Gmail tersebut untuk keperluan menerima ataupun mengirim e-mail.

Oleh karena itu, silakan Anda pikirkan matang-matang terlebih dahulu sebelum menghapus akun Gmail Anda.

Apabila Anda sudah yakin ingin menghapus akun Gmail Anda, maka berikut adalah tutorial bagaimana cara menghapus akun Gmail secara aman:

  1. Silakan akses akun Gmail Anda melalui smartphone ataupun PC di laman www.google.com
  2. Klik di sana ikon grid yang posisinya berada di pojok kanan atas, pilih 'Account'
  3. Pada bagian bawah 'Account preferences', silakan diklik 'Delete your account or services'
  4. Pilhlah 'Delete Product'
  5. Masukkan Password Anda dan klik 'Enter'
  6. Akan tampil opsi berupa menyimpan data yang ada pada e-mail, silakan klik 'Download Data' untuk menyimpan informasi penting apa pun yang terdapat dalam e-mail supaya tidak akan terhapus permanen
  7. Silakan klik ikon Trash yang terletak di samping 'Gmail'
  8. Masukkanlah di sana alamat email alternatif yang terhubung dengan akun Gmail Anda yang akan dihapus (bukan alamat Gmail lain yang sebelumnya tidak didaftarkan sebagai e-mail alternatif). Selain itu, pastikan juga bahwa alamat email yang Anda gunakan tersebut hanya Anda seorang yang memiliki aksesnya, karena ke depannya akan terus dibutuhkan terkait dengan data e-mail yang akan dihapus dan menjaga aktivitas e-mail
  9. Kliklah 'Send Verification Email'
  10. Silakan dibuka akun Gmail alternatif, kemudian klik e-mail verifikasi yang baru saja masuk berkaitan dengan akun Gmail yang akan dihapus
  11. Silakan diklik 'tautan penghapusan' yang ada pada e-mail tersebut
  12. Apabila Anda diminta untuk masuk ke akun Gmail yang akan dihapus, silakan diikuti langkah-langkah arahan di sana hingga selesai
  13. Pilih 'Ya, saya ingin menghapus *****@gmail.com'
  14. Klik 'Hapus Gmail' dan 'Done'
  15. Selesai.

Berdasarkan informasi dari “Bantuan Akun Google”, apabila Anda menggunakan akun Gmail tersebut hasil buatan sekolah, kantor, ataupun komunitas lain, silakan dihubungi administratornya di tempat itu.

Administrator tersebut merupakan satu-satunya orang yang bisa menghapus akun Gmail Anda itu karena tertaut sebagai administratornya dan satu-satunya orang yang bisa menghapusnya.

Menghapus e-mail yang sudah tidak Anda gunakan merupakan salah satu pilihan bijak yang bisa dilakukan. Hal ini bisa membuat efektivitas dari e-mail yang digunakan meningkat fungsinya, ruang penyimpanan ponsel maupun PC tidak akan terisi secara sia-sia, dan keamanan dari privasi e-mail Anda akan terjaga.

Demikian, penjelasan mengenai bagaimana cara menghapus akun Gmail dengan aman dan permanen. Tentunya, Anda saat ini bisa langsung mempraktikkannya! Silakan diikuti langkah-langkah di atas bagaimana tahapannya agar Anda lebih cepat dan mudah melakukannya.

Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @Simon