Cara Memindahkan Penyimpanan Media WhatsApp ke Memori Eksternal

Hampir seluruh pengguna handphone memiliki aplikasi percakapan yang paling populer yaitu whatsapp. Whatsapp adalah aplikasi yang yang mendukung pengguna nya untuk mengirim pesan, gambar, dokumen, maupun video. Selain karena praktis dan mudah whatsapp juga salah satu aplikasi berkirim pesan yang paling banyak digunakan oleh orang-orang sehingga aplikasi ini menjadi sangat dibutuhkan sebagai sarana komunikasi antara sesama pengguna handphone. Tidak hanya bisa mengirim pesan dengan orang per- orang, whatsapp juga memungkinkan penggunanya melakukan panggilan video atau pun telepon dengan biaya yang sangat murah, selama pengguna memiliki kuota untuk melakukan panggilan.

Karena semua hal yang berkaitan dengan kirim pesan atau video bisa di lakukan pengguna handphone dengan menggunakan whatsapp, tentunya hal tersebut membuat memori internal whatsapp mudah sekali penuh. Sehingga membuat whatsapp menjadi lambat dan selalu ada peringatan “penyimpanan penuh”.tentunya hal tersebut sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman semua pengguna. Seperti kita semua tahu, setiap media yang dikirim melalaui whatsapp memiliki ukuran file yang cukup bervariasi, mulai dari file yang berukuran kecil sampai yang membutuhkan penyimpanan yang besar., akibatnya jika selalu mendownload otomatis semua file yang diterima, kapasitas memori semakin lama semakin berkurang, bahkan bisa habis sama sekali sehingga pengguna tidak bisa menginstal aplikasi lain yang mungkin sedang di butuhkan

 Sebagai pengguna aplikasi sejuta umat ini, kita belum bisa berharap banyak agar whatsapp bisa memberikan solusi yang terbaik, karena mengenai permasalahan penyimpanan tersebut, whatsapp di pastikan belum bisa secara otomatis memindahkan memori ke penyimpanan eksternal karena mungkin masih memikirkan beberapa factor internal maupun faktor lainnya. Tetapi whatsapp selalu mengupayakan cara terbaik agar pengguna nya merasa puas dan nyaman menggunakan aplikasi yang digunakan untuk berbagi media ini.

Bahkan dalam halaman bantuan pada aplikasi whatsapp, pihak whatsapp secara tegas menyatakan bahwa untuk memidahkan whatsapp ke kartu memori (Kartu SD) tidak dapat dilakukan. Mereka sedang berusaha meningkatkan ukuran dan penggunaan memori aplikasi nya. Lalu mereka menyarankan jika pengguna perlu mengosongkan ruang untuk whatsapp maka pengguna bisa memidahkan aplikasi dan file media lainnya ke kartu SD. Sambil berharap pihak whatsapp bisa memberikan alternative lain agar dapat membantu pengguna nya menyimpan langsung media ke memori eksternal, maka ada beberapa cara yang dilakukan agar kita bisa menyimpan media whatsapp ke memori eksternal. Berikut beberapa cara yang bisa di coba:

Menggunakan Aplikasi APK Editor

Dengan memanfaatkan aplikasi lain pengguna dapat menginstal ulang aplikasi whatsapp nya. Lalu aplikasi yang diinstal menggunakan bantuan aplikasi ini akan memodifikasi file whatsapp. Hal yang pertama harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi bernama APK Editor , aplikasi ini digunakan untuk memodifikasi aplikasi android. Untuk merubah lokasi penyimpanan file download whatsapp, pengguna hanya merubah lokasi install default nya dari internal ke eksternal. Dibawah ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Download APK Whatsapp
  2. Install APK EDITOR
  3. Buka aplikasi lalu pilih “Select an APK File”
  4. Pilih file aplikasi Whatsapp yang ingin dimodifikasi
  5. Lalu APK Whatsapp akan muncul menu pop up
  6. Pilih “Common Edit”
  7. Pilih “Install Location”
  8. Pilih “Prefer Eksternal”
  9. Pilih “Save”
  10. Install APK Whatsapp yang sudah dimodifikasi tadi
  11. Cek di memori eksternal apakah ada folder whatsapp yang menyimpan file media (Foto, Video, music dan lainnya.)
  12. Jika ada berarti file media Whatsapp akan terdownload dan tersimpan secara otomatis di memori eksternal.

Menggunakan Aplikasi Folder Mount

Lalu selain cara di atas, anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu menggunakan bantuan aplikasi FolderMount dengan menggunakan aplikasi ini bisa membuat folder yang ada di memori internal ter-mounting di memori eksternal. Aplikasi FolderMount tetap memungkinkan whatsapp membaca folder penyimpanan yang terdapat di memori internal, namun sebenarnya semua data akan tersimpan di memori eksternal. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Selumnya pengguna harus me-root dulu smartphone masing-masing
  2. Download aplikasi “FolderMount”
  3. Install aplikasi “FolderMount”
  4. Setelah sukses terinstall, Buka aplikasi lalu pilih menu “List of pairs”
  5. Klik tanda “+” di pojok kanan atas
  6. Lalu akan diarahkan pada halaman “Folder Fair of Setting”
  7. Isi dengan “Whatsapp Eksternal” pada kolom “Nama”
  8. Di kolom “Source” pilih folder media whatsapp yang tersimpan di memori internal.
  9. Di kolom “Destination” pilih lokasi folder di memori eksternal atau SD Card yang nanti akan menjadi tempat penyimpanan file di media whatsapp pengguna.
  10. Pada menu “Exclude from Media Scan” itu bisa diaktifkan atau bisa juga di biarkan tidak aktif. Jika diaktifkan dapat berfungsi sebagai pencegah munculnya duplikat thumbnail di galeri jika file whatsapp lama yang ada di memori internal tidak di hapus. Jadi untuk lebih baiknya agar di aktifkan agar tidak muncul file duplikat.
  11. Pilih tanda centang untuk “Simpan” dipojok kanan atas.
  12. Langkah-langkah sudah selesai
  13. Terakhir, pengguna bisa cek file seperti foto, video, music atau file lainnya akan tersimpan otomatis di memori eksternal.

Menggunakan File Explorer

Selain cara di atas, anda juga bisa memindahkan file whatsapp dengan cara manual tanpa harus me-root dulu smartphone anda. Cara ini di nilai sebagai cara yang paling mudah untuk dilakukan dan juga terbukti dapat membantu mengosongkan daya tampung memori handphone pengguna dengan memidahkan seluruh media yang diterima maupun dikirim dari aplikasi whatsapp, karena cara ini tidak mengharuskan pengguna untuk mendownload aplikasi, Berikut caranya:

  1. Buka file saya atau file explorer. Semua istilah penyimpanan tergantung pada ponsel pengguna, bisa juga disebut sebagai “My Files” atau “File Manager”
  2. Pilih “Penyimpanan Internal”
  3. Pilih folder “Whatsapp”
  4. Setelah berhasil pilih folder “Media” yang berisi semua file yang pengguna kirim maupun terima pada aplikasi whatsapp.
  5. Pilih opsi more atau symbol “Titik tiga” dipojok kanan atas
  6. Lalu akan keluar menu pop up dan pilih “Move” yaitu dimana pengguna akan mentransfer file media.
  7. Pilih “Kartu SD”
  8. Pilih “Selesai” lalu langkah ini semua akan mulai mentransfer seluruh file media pengguna dari penyimpanan internal ke kartu SD pengguna.

Selain cara di atas, ada juga alternative cara yang bisa di lakukan untuk mengosongkan memori internal whatsapp. Para pengguna smartphone bisa mentransfer atau memindahkan file-file dari whatsapp yang berupa foto, video, ataupun dokumen ke PC ataupun laptop. Cara tersebut juga sangat aman, selain itu juga bisa sebagai back up atau cadangan jika sesuatu terjadi dengan smartphone pengguna. Karena bisa saja sewaktu-waktu handphone rusak atau mungkin hilang. Tentunya akan sangat aman jika kita memiliki cadangan di tempat yang lain. Demikianlah beberapa cara yang mungkin bisa digunakan ketika memori internal whatsapp tidak dapat lagi menyimpan data atau media yang terlalu banyak. Semoga bermanfaat!

Sumber Gambar: Pixabay Free Images