Inilah Daftar HP Vivo yang Support NFC

Perkembangan zaman yang melesat membuat teknologi semakin maju saja, banyak sekali handphone yang memiliki spesifikasi yang sangat baik, bahkan tidak tanggung tanggung banyak yang di banderol dengan harga fantastis. Beragam keperluan yang dibutuhkan terhadap smartphone, menjadikan perusahaan teknologi berlomba-lomba untuk menciptakan produk komunikasi yang paling laris ini. Ada yang diciptakan khusus untuk pecinta game, biasanya memiliki RAM yang besar, atau untuk yang suka fotografi biasanya menginginkan handphone yang memiliki lensa dengan kualitas super yang bisa menghasilkan gambar yang bagus. Harga nya pun sangat variatif, ada yang sangat murah maupun sangat mahal. Tidak perlu selalu mahal, karena dengan harga yang cukup terjangkau pun kita sudah dapat memiliki handphone dengan spesifikasi yang cukup baik.

Salah satu fitur yang sekarang sudah banyak terdapat di handphone adalah fitur NCF. Ditemukan pertama kali oleh Charles Walton tahun 1983 yang berawal mula dari penemuan RFID atau Radio Frequency Identification. Sedikit penjelasan, NFC adalah kepanjangan dari Near Field Communication atau komunikasi medan dekat. Secara ringkas, dapat disimpulan NFC adalah sebuah fitur perantara yang menghubungkan antar perangkat elektronik yang memungkinkan penggunanya bertukar data satu sama lain. Beberapa cara kerjanya hampir sama seperti Bluetooth, namun NFC lebih memiliki banyak kegunaan dan lebih canggih karena bisa melakukan pembayaran digital atau cashless.

Cara mengaktifkan fitur NFC juga sangat mudah, anda cukup buka menu setting lalu pilih connection dan pilih NFC. Setelah itu anda bisa mulai menggunakan fitur ini.

Untuk lebih jelas dan membantu anda yang mungkin ingin membeli handphone yang memiliki fitur NFC, dilansir dari infokomputer berikut adalah manfaat dan keuntungan menggunakan handphone dengan fitur NFC:

  1. Membagikan Kontak

Jika biasanya kita menambah kontak dengan cara membuka kontak di handphone lalu mengetik nya secara manual, tidak sama hal nya dengan fitur ini. Berbagi kontak menjadi lebih mudah dengan fitur NFC, tidak perlu lagi memasukkan detail kontak secara manual, kita tinggal membuka kontak yang kita ingin kirim lalu sentuh ponsel dan pilih untuk mengirim. Selanjutnya kontak yang telah dikirim secara otomatis akan tersimpan di daftar kontak si penerima. Sangat praktis dan tidak sulit untuk di lakukan.

  1. Mengirim Gambar atau Video

Untuk mengirim gambar atau foto, pengguna hanya perlu membuka gambar di aplikasi pilihan pengguna lalu tempatkan bagian punggung perangkat bersamaan, setelah itu pilih kirim.

  1. Mengirim Dokumen

Jika ingin mengirim dokumen berupa PDF atau dokumen lainnya, pengguna bisa menggunakan Android Beam dengan cara buka menu setting lalu pilih share dan terakhir pilih Android Beam.

  1. Pembayaran Digital

Sebelum melakukan pembayaran, pengguna harus mengunduh Google Pay. Setelah berhasil di unduh pastikan dulu detail pembayaran anda sudah disimpan. Setelah itu letakkan ponsel di dekat alat pindai pembayaran.

  1. Membaca Data

NFC berguna sebagai fitur yang bisa mengecek sekaligus mengisi saldo dompet digital seperti E-money atau E-Toll, hanya dengan menempelkan kartu dompet digital anda ke bagian belakang ponsel anda maka dengan cepat saldo anda akan langsung terlihat dilayar ponsel anda. Tentunya cara ini sangat praktis apabila digunakan dalam kehidupan social kita, sehingga kita tidak perlu ke mesin ATM atau sejenisnya.

  1. Praktis, tanpa kabel. Selain itu memungkinkan fitur ini tetap dapat di gunakan walau tanpa adanya jaringan internet. Fitur NFC ini juga tidak boros baterai sehingga tidak perlu selalu menambah daya dengan men charge handphone setiap saat.
  2. NFC memiliki konektivitas yang lebih cepat, karena tidak membutuhkan manual pairing.

Selain manfaat dan keuntungan yang didapat dengan menggunakan fitur NFC, ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki dari fitur NFC itu sendiri. Beberapa kekurangannya sebagai berikut:

  1. Jika dibandingkan dengan Bluetooth, NFC dinilai memiliki kecepatan transfer yang lebih lambat.
  2. Fitur NFC belum bisa dimiliki oleh semua smartphone, jadi tidak semua pengguna bisa saling tukar data dengan fitur NFC ini.
  3. Banyak yang belum mengetahui apa itu fitur NFC dan bagaimana menggunakannya, jadi walaupun handphone pengguna sudah terdapat fitur NFC ini namun pengguna tersebut tidak mengerti mengenai fungsi dan manfaat fitur NFC maka semuanya menjadi sia-sia, padahal fitur NFC ini bisa sangat memberikan manfaat dalam beberapa macam kegunaan yang bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengisi saldo dompet digital ataupun sekedar bertukar data dengan sesame pengguan fitur NFC.
  4. Membutuhkan jarak fisik yang sangat dekat ketika ingin digunakan atau berbagi data dengan pengguna lain. Fitur NFC hanya mencakup jarak kurang dari 10 cm untuk melakukan pertukaran data. berbeda dengan Bluetooth yang bisa menjangkau jarak hingga beberapa meter.

Sebagai rekomendasi yang bisa dipakai, dibawah ini adalah contoh smartphone merk Vivo yang dilengkapi dengan fitur NFC:

1. Vivo iQOO Neo3 5G

Bisa didapatkan mulai dari harga 5,9Jt an, HP Vivo ini mempunyai sejumlah fitur unggulan, yaitu kamera utama sebesar 48 MP dan layarnya berukuran 6.57 Inchi dengan resolusi HD+ sangat cocok bagi kalian yang menyukai dengan layar berukuran cukup besar. Lalu dalam sektor memori HP Vivo ini bisa memiliki RAM hingga 128GB, untuk varian warna smartphone ini hadir dalam warna Blue, Black/Dark Blue.

2. Vivo NEX 3S 5G

Hp dengan layar 6.89 inchi ini memiliki kamera depan dengan resolusi 16 MP , dengan kapasitas 4500 mAH big battery. Selain itu Hp ini juga menyertakan 3 buah kamera 64+13+13 MP. Dengan resolusi yang tinggi handphone ini cocok untuk anda yang menyukai fotografi. Dengan harga mulai dari 7jt an anda bisa membawa pulang HP Vivo NEX 3S 5G ini

3. Vivo iQOO 3 5G

Dengan harga yang cukup mahal yaitu mulai dari 9jt an, Hp ini menawarkan layar dan Body Corning Gorilla Glass, tak tanggung-tanggung HP tipe ini memiliki 4 buah lensa dengan resolusi 48+13+13+2 MP yang didukung oleh LED flash, HDR dan Panorama. Pecinta games juga bisa menjadikan Handphone ini sebagai referensi. Vivo iQoo 3 5G ini memiliki daya baterai 4.400 mAh.

4. Vivo X30 Pro

Dibanderol dengan harga yang cukup tinggi yaitu mulai dari 8jt an, Vivo X30 Pro merupakan Hp dengan kamera belakang 64+32+8 MP dan tampilan resolusi sebesar 1080×2400 pixels. Hp ini memiliki prosesor Quad Core. Kapasitasnya sebesar 4350 mAh dan layar 6.4 inch.

5. Vivo iQOO Pro 5G

HP yang ditujukan sebagai ponsel gaming ini yang diklaim bisa menjamin akses kecepatan internet yang luar biasa.dengan layar seluas 6.41 inch dengan panel super AMOLED menjanjikan ketajaman visual juga tampilan yang mulus. Dengan resolusi Full HD+ 1080x 2340 Piksel bisa dipastikan memiliki hasil jepretan yang begitu real dan indah. HP ini juga menerapkan dual sim card agar menjamin kemudahan komunikasi. Dengan harga mulai dari 9jt an anda bisa memiliki HP canggih ini. Cocok untuk anda seorang gamer sejati.

6. Vivo iQOO Pro

Dengan harga mulai dari 10jt an anda bisa mndapatkan HP Vivo iQOO Pro. Memiliki layar dengan ukuran 6.41 inch. dilengkapi dengan 3 lensa kamera 48+13+2 MP dengan resolusi 1080×2340 pixels bisa dipastikan akan mendapatkan tangkapan layar yang memanjakan mata. Sangat cocok untuk anda para penggemar fotografi, kareana bisa dipastikan hasil dari jepretan yang tidak akan mengecewakan. Lalu untuk kamera depannya sendiri sebesar 12 MP cukup buat anda yang hobi selfie.

7. Vivo V17 Neo

HP Vivo V17 Neo ini memiliki layar seluas 6.38 inch dengan resolusi 1080×2340 pixels . Memiliki3 buah lensa kamera 16+8+2 MP dengan fitur LED Flash dan panorama. Sedangkan untuk kamera depan sebesar 32 MP. Dengan harga yang terjangkau serta sudah dilengkapi dengan fitur NFC tentunya HP ini memiliki keunggulan tersendiri. Anda bisa mendapatkan HP ini dengan kisaran harga mulai dari 4.4jt an, cukup terjangkau untuk HP dengan spesifikasi yang memadai dan juga dilengkapi dengan fitur NFC.

8. Vivo X27 Pro

Layar seluas 6.7 inch dengan resolusi 1080×2460 pixels dimiliki oleh HP yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal yaitu mulai 8jt an. Memiliki 3 lensa kamera 48x13x2 dengan fitur LED Flash, HDR dan Panorama. Untuk kamera depan pop up 32 MP. Sedangkan untuk baterai nya sebesar 4.000 mAh dan juga dilengkapi fitur NFC.

9. Vivo V17 Pro

HP dengan harga 4.4jt an ini memiliki tipe display super AMOLED, dengan layar seluas 6.44 inch memiliki resolusi 2400 pixels yang terproteksi dengan Corning Gorilla Glass. Dilengkapi dengan 4 lensa kamera 48+13+8+2 MP dilengkapi dengan fitur LED Flash, HDR, dan Panorama. Smartphone ini mempunyai varian 128+8 GB. Sedangkan untuk kamera depannya 32 MP sangat cocok untuk anda yang hobi selfie. Harga nya pun cukup terjangkau dan sudah dilengkapi dengan fitur NFC juga.

10. Vivo X27

Hp tipe ini sebenarnya juga dilengkapi dengan fitur NFC, tapi sayangnya untuk versi market Indonesia tidak ada fitur NFC ini. Memiliki layar 6.39 inch memiliki resolusi HD plus. Memiliki 3 lensa kamera 48+13+5 MP san 32 MP untuk pop up kamera. Untuk pilihan warnanya sendiri ada Blue, Gold, dan Symphony Summer. Dengan harga mulai dari 7jt an anda bisa memiliki HP Vivo X27 ini.

Berdasarkan rekomendasi diatas, anda bisa memilih mana tipe handphone yang sesuai dengan kriteria dan pas di kantong anda. Selain itu anda juga bisa memilih berdasarkan spesifikasi dan fitur yang anda butuhkan untuk menunjang segala keperluan anda dalam satu handphone canggih yang bisa dengan praktis dibawa kemanapun.

Nah sekarang sudah tau kan funsi dan keuntungan menggunakan fitur NFC. Semoga daftar rekomendasi handphone merk Vivo di atas bisa digunakan sebagai referensi pengguna jika ingin memiliki handphone dengan fitur NFC didalamnya. Jika telah selesai menggunakan fitur NFC jangan lupa untuk setting fitur NFC menjadi non aktif agar baterai bisa lebih awet dan juga demi menjaga kemanan data pada ponsel pengguna.

 

Sumber Gambar: istock Free images