Urutan Nonton Film Spider-Man Terlengkap

Jika membicarakan tokoh superhero Marvel tentunya Spider-Man adalah salah satu tokoh superhero yang paling banyak digemari. Ditandai dengan banyaknya film Spider-Man yang tayang di bioskop dan laris dipasaran. Superhero yang terkenal dengan jaring laba laba nya yang super kuat ini awalnya diangkat dari sebuah komik Marvel karya Stan Lee dan artis Steve Ditko.

Karena mampu menghasilkan karya karya yang baik di setiap penampilannya, Spider-Man berhasil membuat cerita yang berkesinambungan dan terhubung satu sama lain.Total film Spider-Man dari tahun 2002 hinga 2021 adalah sebanyak 8 film. Agar tidak salah dalam menonton urutan film-film Spider-Man yang sudah tayang, berikut adalah urutan film Spider-Man dari yang pertama tayang sampai terakhir tayang:

1. Spider-Man (2002)

Bercerita tentang seorang pemuda nerd bernama Peter Parker diperankan oleh Tobey Maguire. Peter adalah seorang yatim piatu yang tinggal bersama bibi dan pamannya yang menganggap Peter seperti anaknya sendiri.

Namun kehidupan sekolahnya sangat tidak baik, Peter selalu menjadi korban bullying karena terlihat lemah dan penampilannya yang seperti kutu buku. Satu satunya teman yang baik dan adalah Mary Jane yang diperankan oleh Kirsten Dunst yang juga merupakan tetangga Peter. Gadis cantik ini juga berhasil membuat Peter jatuh hati kepadanya.

Pada saat tugas sekolah Peter diketahui digigit oleh laba laba spesies baru. Dan dari sini lah semua kekuatan Spider-Man bermula. Disini juga pertama kali ia bertemu musuhnya Green Goblin yang diperankan oleh Willem Dafoe yang ternyata ayah dari sahabat dekatnya Harry Osborn yang diperankan oleh James Franco. Mulai dari sini konflik terjadi dan terus bersambung ke cerita lainnya.

2. Spider-Man 2 (2004)

Film spiderman yang ke 2 ini semakin menarik, setelah sempat kehilangan kekuatannya, kehidupan Peter Parker juga berantakan, ia dipecat dari pekerjaannya dan percintaannya yang tidak mulus dengan Mary Jane.

Sampai pada suatu ketika Peter Parker harus dihadapkan musuh yang ternyata adalah dosennya sendiri yaitu Dr otto Octavius yang diperankan oleh Alfred Molina. Karena suatu percobaan yang gagal Dr.Otto Octavius harus dikendalikan oleh penemuannya sendiri yang mengerikan dan menjadi makhluk besi yang menyeramkan. Film ini berhasil mendapat rating 93% dari Rotten Tomatoes dan 7.4 dari IMDb.sebuah penilaian yang sangat baik untuk sebuah film.

3. Spider-Man 3 (2007)

Di bagian ini spider man akan lebih berat menghadapi konflik-konflik yang ada, terutama ia harus berhadapan dengan temannya sendiri Harry Osborne yang sudah mengetahui siapa dibalik kematian ayahnya, selain itu hubungan Peter dengan rekan kerjanya Eddie Brock juga terdapat masalah terlebih ketika Peter dan Eddi Brock mendapati ada parasit yang merasuki tubuhnya yang berakibat mereka berubah menjadi jahat dan disinilah awal mula Venom muncul. Terakhir ada juga lawan yang harus dihadapi Peter yaitu Flint Marko si manusia pasir. 

4. The Amazing Spider-Man (2012)

Jika pada film Spider-man sebelumnya Tobey Maguire yang memerankan tokoh Peter Parker, Kali ini di Amazing Spider-Man Peter Parker diperankan oleh Andrew Garfield. Lalu sosok Mary Jane disini digantikan oleh Gwen Stacy yang diperankan oleh Emma Stone. Cerita nya sedikit flashback dimana menceritakan masa lalu Peter yang sudah di bully semenjak ia sekolah dan bagaimana ia ingin mengungkap rahasia yang di miliki ayahnya setelah tidak sengaja menemukan dokumen ayahnya yang ternyata memiliki kerjasama dengan seorang ilmuwan bernama Dr. Curtis Conor disebuah perusahaan Oscorps.

Karena rasa penasarannya itu ia menyelinap ke Oscorps berharap dapat memperoleh informasi lebih jauh tentang ayah nya. Namun kejadian tidak terduga muncul ketika seekor laba-laba menggigitnya yang membuatnya memiliki kekuatan super. Disini ia akan menghadapi musuh pertamanya Lizard. 

5. The Amazing Spider-Man 2

Andrew Garfield (2014)ld kembali dipercaya untuk memerankan Peter Parker di film The Amazing Spider-Man 2 ini. Disini Peter tidak bisa bersama lagi dengan kekasihnya Gwen Stacy, karena pada saat kematian ayah Gwen, Captain Stacy ia berpesan agar jangan mendekati anaknya karena khawatir nyawa anaknya akan terancam jika ia berada dekat dengan Spider-Man.

Musuh Spider-Man kali ini adalah manusia listrik yaitu Electro yang di perankan oleh Jammie Fox yang bekerja di perusahaan Oscorp. Pada saat bekerja ia tersengat listrik yang kemudian mengubahnya menjadi manusia listrik super kuat. Semua harapan bergantung kepada Spider-Man karena hanya ia satu-satunya yang diharapkan mampu mengalahkan monster listrik tersebut.

6. Spider-Man: Homecoming (2017)

Setelah Toby Maguire dan Andrew Garfield yang memerankan sosok Peter Parker, kali ini ada bintang muda Tom Holland yang didapuk sebagai Peter Parker di Spider-Man: Homecoming.

Sosok Peter Parker ini dikenal sebagai remaja yang benar benar berambisi sebagai pahlawan penumpas kejahatan. Peter ingin menunjukkan pada Tony Stark yang diperankan oleh Robert Downey Jr bahwa ia bisa diandalkan dalam misi-misi penyelamatan. Musuh Spider-Man di film ini adalah Vulture yang di bintangi oleh Michael Keaton.

7. Spider-Man: Far from Home (2019)

Pasca tragedi dalam Avengers: End Game, Kematian sang mentor Tony Stark membuat hati Peter Parker sedih dan tidak bersemangat lagi dalam menumpas kejahatan, bahkan ia ingin melupakan sejenak perannya sebagai pahlawan ketika ia akan berwisata ke Eropa bersama teman temannya. Namun lagi lagi ia dihadapkan dengan musuh yang manipulatif yang tidak terduga. Spider- Man menghadapi banyak musuh yaitu Hydro Man, Sandman dan Molten Man.

8. Spider-Man: No Way Home (2021)

Ditayangkan pada Desember 2021, Film Spider-Man: No Way Home ini masih diperankan oleh Tom Holland, mengisahkan tentang Peter Parker yang hidupnya berantakan karena identitas jati dirinya sebagai Spider-Man sudah terungkap! Hal tersebut jelas benar-benar merepotkan bahkan mengubah jalan hidupnya. 

Mencoba mencari bantuan pada Doctor Strange yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch malah membuat keadaannya semakin memburuk karena memunculkan Villain dari dunia yang berbeda.

Di film Spider-Man: No Way Home ini banyak sekali penjahat yang akan muncul nantinya seperti Green Goblin, Dr.Otto Octopus, Electro, Lizard, Sandman. Semua villain dari setiap film Spider-man dimunculkan di film ini. Tidak hanya para villain yang dimunculkan semua pada film Spider-Man: No Way Home ini tetapi juga sosok Spider-Man lainnya Tobey Maguire dan Andrew Garfield secara mengejutkan tampil membuat rasa rindu dengan film-film Spider-man yang sebelumnya, tentu saja hal tersebut sangat mengharukan karena menjadi momen nostalgia untuk para pemain dan juga menjadi decak kagum para penonton. Bahkan film Spider-Man: No Way Home ini menjadi penutup yang sangat epic dan berhasil memecahkan rekor Box Office, hal ini karena film tersebut berhasil meraih pendapatan yang fantastis yaitu sebesar 253 juta dollar AS setelah sepekan penayangannya. 

Demikianlah film-film Spider-Man mulai dari yang pertama tayang tahun 2002 hingga yang terakhir tayang di tahun 2021. Semoga bisa menjadi pedoman tontonan sesuai urutan yang tepat ya.

Sumber Gambar : Unsplash Free Images