Cara Cek HP Samsung Asli atau Replika dengan Mudah

Yok warga Indonesia! Kalian pasti sudah kenal nih dan juga akrab dengan salah satu merek HP terkenal yang ada di Indonesia ini. Apalagi dengan produk keluaran terbarunya yang terkenal dengan nama Galaxy Z Flip3 5G yang memiliki RAM 8GB dan ROM 128GB. Yup, benar itulah Samsung!

Kali ini kita akan membahas tentang smartphone termana bernama Samsung asal negeri Ginseng yang masih banyak peminatnya di Indonesia. Apalagi dengan gencarnya promosi yang sering menarik perhatian dari berbagai iklan, entah itu dari televisi atau berbagai artis dalam maupun luar negeri, produk ini menjadi lebih banyak diburu oleh berbagai lintas usia untuk dimiliki.

Entah itu tua atau muda, HP Samsung memang di gemari oleh berbagai kalangan. Dan karena banyak digemari itulah, ada nih beberapa oknum tak bertanggung jawab yang ingin menyalahgunakan hal tersebut dengan membuat produk yang mirip sedemikian rupa, tetapi dengan cara ilegal.

Mereka ini mencari keuntungan dengan cara tak halal nih kawan-kawan! Ck, ckk! Tak patut ditiru nih!

RajaBackLink.com

Dengan niat busuk mereka, tangan-tangan nakal itu membuat smartphone dengan merek yang sama yaitu Samsung dan kemasannya pun mirip dengan produk aslinya. Hal ini akhirnya banyak membuat orang salah paham dan terjebak membeli produk KW atau palsu ini.

Niat awal ingin memberi produk ori untuk bisa dipakai sehari-hari malah menjadi non-ori dengan banyak kerusakan atau kekurangan yang diterima. Banyak kondisi buruk yang terjadi karena membeli produk KW, seperti sistem yang kadang tak bisa berjalan, error, folder mudah menghilang, dan HP mudah rusak padahal baru dibeli.

Dengan dalih mencari untung hingga membuat buntung nasib orang lain, smartphone keluaran oknum tak bertanggung jawab juga akhirnya bisa ludes terjual. Namun, banyak keluhan yang akhirnya bermunculan yang menyayat hati dari para pembelinya dan memengaruhi citra brand resmi.

Banyak sekali konsumen yang akhirnya mengeluhkan jika mereka telah tertipu dengan membeli hp KW dan menerima masalah lainnya yang muncul karena membeli HP Samsung KW tersebut. Kondisi itu terjadi karena ada banyak sekali oknum-oknum tak bertanggung jawab yang menjual produk palsu itu di pasaran dan toko online. Akibatnya, menuai keributan dari para konsumen yang tak sengaja membeli produk KW dengan si penjual dan menjadi pelajaran penting bagi para warga net lainnya untuk lebih berhati-hati lagi dalam membeli produk online.

Hal itu bisa kita antisipasi dengan membeli secara langsung di gerai smartphone resmi ataupun membeli secara online di official resminya. Namun, apabila kalian terlanjur membeli HP Samsung selain dari dua di atas, mari kita coba cek saja sekarang keorisinilannya dengan cara di bawah ini.

Hari ini, kita akan membahas bagaimana cara membedakan antara HP Samsung asli dengan yang palsu, sehingga membuat kita bisa merasa aman dan sejahtera dengan HP Samsung yang saat ini berada di genggaman kita.

BACA JUGA:  Top Up Higgs Domino Bang RJ Store, Murah Bayar via DANA

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk cek HP Samsung yang kita miliki itu asli atau palsu.

1. Gunakan LCD Test

Nah, teruntuk para pembeli yang sudah terlanjur membeli produk HP Samsung selain dari gerai official baik itu offline maupun online, maka jangan risau! Kalian bisa menggunakan LCD Test untuk mengecek bagaimana status keorisinilan smartphone kalian.

Silakan kalian buka menu panggilan di smartphone Samsung kalian. Ketik di sana #0# dan lakukan panggilan. Tunggu selama beberapa saat hingga proses selesai.

Tak lama dari itu akan ada LCD Test yang berisi informasi seperti layar sentuh, kamera, suara, getaran, warna, suhu smartphone, dan lain-lain terkait smartphone Samsung kalian. Lihat dengan seksama informasi spesifikasi yang muncul tersebut dan bandingkan dengan yang terdapat pada box smartphone itu. Jika hasilnya adalah sama, maka HP Samsung kalian adalah asli.

Selain itu, kalian juga bisa mengetahui apakah HP Samsung kalian itu asli atau palsu dengan cara yang masih sama seperti di atas, namun nomor panggilannya adalah berbeda. Caranya, kalian hanya perlu mengetik ##4636#*#* di kolom layar panggil smartphone.

Tak lama dari itu, layar LCD kalian akan menunjukkan spesifikasi yang ada pada smartphone kalian. Namun, jika produk yang kalian beli itu adalah palsu, maka spesifikasi ini tidak akan muncul di smartphone kalian.

Sebelum melakukan pemanggilan dengan menggunakan LCD Test, harap perhatikan baik-baik spesifikasi HP Samsung kalian yang terdapat pada box-nya agar tak salah paham ataupun yang lainnya.

2. Cek Nomor IMEI

Nah, satu lagi cara yang bisa kalian coba untuk mengecek HP Samsung asli atau palsu adalah dengan cara cek nomor IMEI yang terdapat pada HP Samsung kalian.

Kalian bisa mengecek kesamaan nomor IMEI yang tertera pada box kemasan smartphone Samsung kalian dengan menggunakan fitur cek IMEI yang bisa diakses dengan menu panggilan telepon.

Silakan ambil HP Samsung kalian dan buka menu panggilan teleponnya. Ketik di sana *#06# dan lakukan panggilan.

Setelahnya, layar akan menampilkan kode IMEI smartphone Samsung kalian. Coba kalian cocokkan nomor IMEI tersebut dengan nomor IMEI yang ada pada box kemasan kalian. Apabila hasilnya adalah cocok, maka bisa dipastikan bahwa produk tersebut adalah asli.

Sebaliknya, jika nomor IMEI tersebut tidak memiliki kesamaan dengan nomor yang terdapat di box kemasan kalian, maka itu artinya kalian telah membeli produk yang palsu. HP yang kalian beli itu adalah produk KW atau palsu.

Untuk lebih memastikan lagi keorisinilan dari HP Samsung kalian, maka kalian juga bisa mengeceknya di website IMEI.info yang akan memunculkan informasi terkait HP yang dicek.

Ini adalah salah satu cara yang bisa dicoba untuk mengetahui apakah smartphone kalian itu asli atau palsu. Kalian hanya perlu mengetikkan di sana nomor IMEI HP yang ingin dicek pada kolom yang tersedia dan mencentang kolom tulisan “ I'm not a robot ”. Setelahnya, klik “check”.

BACA JUGA:  Top Up Higgs Domino Bang RJ Store, Murah Bayar via DANA

Tak lama, informasi berkaitan dengan HP yang dicek itu akan muncul di website tersebut. Selanjutnya, silakan perhatikan informasi yang muncul di sana.

Jika brand smartphone yang ditampilkan pada website tersebut masih menampilkan nama brand smartphone yang dicek, maka itu artinya produk itu adalah asli. Meskipun demikian, kalian juga tetap masih perlu membaca lebih lanjut model yang tertera di website itu. Apakah model HP yang disebut masih sama dengan model produk yang kalian beli atau tidak.

Rasanya akan menyebalkan jika ternyata hasilnya menunjukkan bahwa produk yang dibeli adalah ori, namun tipe model yang disebut adalah berbeda. Jika hal ini terjadi, silakan kalian hubungi Customer Service Samsung yang bisa kalian lihat di box HP-nya.

3. Samsung Kies

Langkah terakhir nih kawan-kawan yang bisa dicoba! Cuma dengan download aplikasi yang sudah ada di Play Store atau App Store, kita juga akan bisa mengetahui apakah HP Samsung kita itu asli atau palsu.

Dengan cara ini kita hanya perlu men-download aplikasi software bernama “Samsung Kies” pada PC atau laptop yang kalian miliki di rumah.

Meskipun nama aplikasi ini masih terdengar asing di khalayak umum, tapi aplikasi ini merupakan aplikasi software resmi yang telah dikeluarkan oleh perusahaan Samsung sendiri.

Setelah kalian mendownloadnya, kalian hanya perlu menghubungkan smartphone Samsung kalian dengan USB yang telah ditancapkan pada PC atau laptop kalian yang sudah membuka aplikasi Samsung Kies.

Setelahnya, layar PC atau laptop tersebut akan memunculkan informasi apabila smartphone Samsung kalian itu telah terkoneksi atau terhubung dengannya. Jika pada layar PC atau laptop kalian bisa menampilkan informasi tersebut. Maka selamat!

Hp Samsung yang kalian beli ternyata adalah produk asli yang legal dan dijamin resmi dari perusahaan aslinya. Sebaliknya jika pada layar itu tidak bisa menampilkan informasi apapun atau tidak terbaca, maka kalian telah membeli produk smartphone palsu. Kalian ternyata tidak membeli HP Samsung yang asli.

Itulah cara-cara yang bisa dicoba mengenai bagaimana mengenali HP Samsung asli atau palsu, jika kalian sudah membeli HP Samsung. Setelah ini, kalian bisa langsung mengeceknya sendiri dan bisa bersikap berhati-hati jika akan membeli lagi di kemudian hari.

Alangkah baiknya jika kalian sebelum membeli HP apa pun, kalian juga sudah mencari informasi lebih lanjut dan detail tentang smartphone yang akan kalian beli itu agar tak terjebak dengan produk KW atau palsu. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @StockSnap