Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diinstall di Komputer

Ada banyak sekali alasan kenapa laptop tidak bisa instal aplikasi, mulai dari kendala sistem hingga masalah eksternal dari pengembang aplikasi itu sendiri. Jenis aplikasi yang tidak bisa diinstal di pc pun tidak terbatas pada app dengan kapasitas super besar yang dinilai cukup memberatkan kinerja laptop, tapi juga aplikasi-aplikasi yang umum ditemui di situs ilegal, alias bukan dari pengembang aslinya. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi masalah aplikasi gagal instal di PC?

Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Diinstall

Dibawah ini merupakan beberapa penyebab umum aplikasi tidak dapat diunduh di perangkat PC, let's jump to the list!

Aplikasi Tidak Kompatibel

Kompatibilitas jadi salah satu perkara yang wajib dipertimbangkan tatkala pengguna berusaha menginstal aplikasi. Sebab, apabila aplikasi terkait tidak cukup kompatibel terhadap perangkat yang digunakan, tentunya proses penginstalan akan gagal. Contohnya, pengguna menginstal sebuah aplikasi perpesanan di Windows 7 dan terbukti bisa bekerja dengan baik. Namun setelah mengupgrade seri Windows, aplikasi tadi tidak bisa diunduh. Dalam hal ini, artinya aplikasi itu belum kompatibel dengan sistem operasi terbaru.

Software yang Tidak Cocok

Software yang tidak cocok pun bisa jadi penyebab kenapa aplikasi gagal terunduh. Lebih jauh, data teknis yang dibutuhkan perangkat lunak mungkin tidak tersedia di komputer yang Anda gunakan. Sebagai contoh, sistem operasi Windows komputer Anda masih menggunakan komponen 32-bit, meski demikian Anda tetap berupaya mendownload aplikasi 64-bit.

RajaBackLink.com

Aplikasi Belum Update

Ada kalanya aplikasi versi lawas tidak mendukung sistem operasi paling baru. Misalnya, sekarang Windows 10 tak lagi mendukung CorelDraw x4, bahkan dalam sebagian besar kasus aplikasi ini tidak bisa diunduh di komputer.

NET Framework Lama

Dewasa ini cukup banyak aplikasi yang mensyaratkan penggunaan NET Framework versi anyar. Sehingga ketika Anda bermaksud menginstal aplikasi dengan ketentuan NET Framework 4.5, meski NET Framework termasuk versi lawas, maklum saja jika aplikasi tadi tidak dapat diunduh.

Panduan Langkah Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diinstall

Usai mengetahui penyebab aplikasi gagal terunduh, Anda dapat memutuskan langkah antisipasi dan solutif seperti contoh berikut ini.

Mengaktifkan Compability Mode

Bila ternyata aplikasi yang hendak diunduh tidak kompatibel dengan Windows yang digunakan, Anda dapat mengatasinya dengan mengaktifkan compatibility mode. Adapun langkah-langkah yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

  1. Pada menu aplikasi yang hendak diinstall, klik kanan dan pilih Properties.
  2. Setelah itu tekan menu Kompatibilitas dan centang bagian Mode Kompatibilitas.
  3. Lanjutkan dengan memilih sistem operasi yang paling kompatibel dengan aplikasi tadi.
  4. Jika sudah, klik OK.

Cari Software Terbaru

Trik lain untuk mengatasi app gagal unduh adalah menggunakan versi terbaru dari aplikasi itu sendiri. Anda bisa mencari tahu versi teranyar dari aplikasi itu melalui situs web resmi pengembangnya.

Meenginstall NET Framework Terbaru

Secara keseluruhan, NET Framework banyak memegang peranan krusial dalam aplikasi. Terkait dengan hal itu, berikut merupakan langkah-langkah menginstalasi NET Framework terbaru.

  1. Buka situs web NET Framework dan download aplikasi runtime. Setelah itu, klik 2 kali untuk memulai proses penginstalan.
  2. Pada saat muncul jendela baru, verifikasi bahwa Anda sudah membaca sekaligus menerima persyaratan lisensi aplikasi.
  3. Klik Install untuk melanjutkan.
  4. Kemudian, Anda akan diminta melakukan reboot, silakan tekan opsi Mulai Ulang Sekarang.
  5. Selesai.

Mendownload Komponen Pendukung

Aplikasi umumnya memerlukan sejumlah komponen pendukung, sebut saja Driver, DirectX, dan NET Framework. Untuk alasan tersebut, pengguna disyaratkan untuk mendownload komponen-komponen tadi di komputer yang digunakan demi bisa menginstalasi aplikasi yang diinginkan.

Itulah beberapa penyebab laptop tidak bisa install aplikasi berikut cara untuk mengatasinya.

 

Sumber gambar: Unsplash Free Image

Leave a Comment