Spesifikasi Minimum untuk Valorant Berapa GB?

Valorant bisa disebut sebagai salah satu game FPS populer yang tidak begitu membutuhkan spesifikasi laptop ataupun PC tinggi dalam pengoperasiannya. Oleh karena itu, wajar saja jika jumlah pemain dalam permainan ini terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Terlebih lagi, spesifikasi game satu ini sangat lengkap dan tergolong unggul dari jenis permainan serupa lainnya.

Secara umum, meskipun masuk dalam jajaran game dengan tingkat ringan, Valorant digawani dengan spesifikasi minimum dan recommended supaya permainannya dapat berjalan secara lancar tanpa adanya gangguan lag sistem. Lantas, apa sajakah spesifikasi unggul yang dimiliki game Valorant?

Detail Spesifikasi Game Valorant

Pada dasarnya, spesifikasi yang relevan termasuk seluruh komponen dari game itu sendiri. Utamanya bagian RAM, VGA, dan prosesor. Adapun detail spesifikasi dari game Valorant dapat dilihat pada uraian berikut.

1. Prosesor

Memang Valoran ialah aplikasi permainan yang terikat CPU, artinya penggunaan sumber daya komponen kebanyakan menggunakan CPU dibandingkan VGA. Oleh sebab itu, spek CPU yang baik cukup dibutuhkan agar pemain bisa memainkan game dengan nyaman. Lebih jauh, spek CPU minimal yang disarankan adalah Intel Core 2 Duo E8400 atau sejenisnya. Diketahui, prosesor tersebut sudah cukup untuk bisa menjalankan game Valorant di 30 FPS.

RajaBackLink.com

Sementara untuk bisa bermain dengan setting 60 FPS (medium) atau lebih, sangat dianjurkan untuk menggunakan Intel Core I3-4150 atau sejenisnya. Serta paling tidak satu Intel Core I5-4460 teruntuk pemain dengan spek layar di atas 120 Hz.

2.VGA

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, karena sumber daya yang digunakan pada game ini masuk ke CPU, penggunaan VGA untuk memperlancar jalannya permainan dianggap tidak terlalu perlu jika memang spek laptop tidak mencukupi. Umumnya, persyaratan minimum untuk VGA ialah Intel HD 4000. Sedangkan pada pemasangan menengah direkomendasikan setidaknya menggunakan GT 730 atau spek lain yang setara dengannya.

Walaupun begitu, pada permainan dengan karakteristik di atas 100 FPS, sangat disarankan untuk menggunakan GTX 1050 Ti atau seri lain yang lebih baik.

3. Harddisk

Secara keseluruhan, ukuran game Valoran hampir mirip dengan permainan FPS online lain yang bisa ditemui. Setidaknya Anda membutuhkan kapasitas 10 GB untuk bisa mengunduh dan mencoba permainannya. Perlu diperhatikan bahwa setiap jenis game atau software lainnya akan terus dikembangkan dengan pembaruan maupun penambahan karakter, peta, atau fitur. Sehingga mungkin kapasitas yang dipersyaratkan akan ikut meningkat seiring dengan perkembangan tersebut. Sebagai tambahan catatan, pada client gamenya sendiri, proses pengunduhan hanya memakan kapasitas sebanyak 5-7 GB saja.

4. Memori

Detail spesifikasi minimum yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah RAM atau memori. Paling tidak Anda membutuhkan 4 GB RAM demi kelancaran pengoperasian game Valorant. Itu saja hanya bisa digunakan pada pengaturan rendah atau medium. Sedangkan pada pengaturan tinggi, perlu RAM 8 GB agar game bisa berjalan dengan optimal.

Panduan Membuat Grafik Valorant Lebih Halus

Valorant mempunyai setting grafis yang bisa di-tweak. Pengguna hanya perlu membuka menu Pengaturan dan lanjutkan ke opsi Graphics Quality. Dari sana, Anda hanya perlu mengatur pengaturan dari medium atau high ke low, dan permainan akan menjadi lebih seimbang.

Perlu diketahui, semakin tinggi FPS yang digunakan, semakin baik pula gameplay yang bisa didapat. Karena itu, sejumlah spesifikasi Valoran minimum di atas wajib terpenuhi jika Anda benar-benar ingin bermain dengan nyaman tanpa gangguan lag sistem. Jangan sampai game harus terhenti karena spek perangkat yang kurang memadai.

 

Sumber gambar: Pexels Free Image