Cara Melihat Kapasitas Hardisk Windows 7/8/10 Akurat

Sekarang ini, kapasitas harddisk sudah tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 120 GB sampai 2 TB. Kabarnya, sebagian besar laptop modern sudah menggunakan HDD dengan kapasitas lebih besar dari 500 GB. Kapasitas tersebut tentunya sangat memadai, utamanya bagi mereka yang tidak punya terlalu banyak file untuk disimpan. Namun dalam beberapa kasus, pengguna akan memiliki terlalu banyak file sehingga sisa ruang yang tersedia menjadi terbatas. Bicara soal ruang dan ukuran, bagaimana sih cara cek harddisk laptop yang tepat?

Panduan Cara Cek HDD Laptop

Biasanya, kapasitas HDD bakal ditampilkan langsung melalui halaman Windows Explorer. Namun perlu diperhatikan, bahwasanya informasi yang tercantum disana tidaklah sepenuhnya benar. Sebab kebanyakan dari kapasitas di sistem Windows sudah digunakan namun tidak tercantum di Windows Explorer. Agar lebih akurat, Anda mungkin bisa menggunakan cara berikut untuk memeriksa kapasitas harddisk.

1. Disk Management

Disk management sejatinya merupakan program bawaan Windows yang berguna untuk mengelola hard drive. Diketahui, alat ini memungkinkan pengguna untuk membuat ataupun menghapus partisi di laptop atau perangkat komputer. Disamping itu, pengguna bisa memanfaatkan Disk Management untuk mengetahui berapa ukuran harddisk yang sudah digunakan di laptop. Adapun langkah lengkapnya bisa diikuti pada ulasan berikut:

  1. Akses dan jalankan Disk Management dengan menekan tombol CTRL dan R di keyboard.
  2. Pada dialog baru yang muncul, tuliskan diskmgmt.msc dan tekan OK untuk melanjutkan.
  3. Setelah itu, pengguna akan diperlihatkan partisi dari komponen HDD.

Untuk menjadi tambahan catatan, Disk Management sendiri tersedia dalam seluruh versi Windows, termasuk Windows 7, 8, hingga 10. Tidak melulu berfokus pada HDD, apabila Anda juga menggunakan perangkat SSD pada komputer, maka informasinya akan ikut ditampilkan di Disk Management.

RajaBackLink.com

2. System Information

System information bukan hanya berguna untuk menunjukkan kapasitas dari HDD, namun juga informasi lain seperti halnya RAM, CPU, hingga BIOS. Pada umumnya, alat ini memiliki fungsi yang lebih lengkap daripada Disk Management, mengingat hampir seluruh informasi sistem penyimpanan bisa dilihat disini.

  1. Pertama-tama, tekan tombol Start yang ada di sisi kiri bawah layar komputer, kemudian tuliskan Informasi Sistem.
  2. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menekan CTRL dan R secara bersamaan di keyboard, lalu tuliskan msinfo32 dan klik OK.
  3. Setelah itu, tekan tombol Komponen dan lanjutkan dengan Penyimpanan. Akhiri proses ini dengan menekan opsi Hard Drive.
  4. Seluruh informasi dari HDD akan ditampilkan di halaman berikutnya.

3. Hardisk Sentinel

Harddisk sentinel merujuk pada aplikasi yang umum dipakai dalam monitoring kesehatan HDD. Bisa dibilang, aplikasi ini merupakan salah satu layanan yang sangat penting untuk HDD corrupt.

Selain itu, harddisk sentinel juga digawani dengan fitur pengecekan kapasitas harddisk laptop. Terkait dengan hal tersebut, prosedur yang dibutuhkan untuk memeriksa ukuran HDD sangat sederhana, yaitu sebagai berikut.

  1. Unduh dan lakukan instalasi aplikasi Harddisk sentinel.
  2. Buka aplikasi tersebut begitu proses instalasi berakhir. Kemudian, Anda dapat memeriksa kapasitas HDD lewat halaman utama dari aplikasi ini.

Disamping kapasitas HDD, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat kesehatan, suhu, hingga kinerja HDD dalam satu halaman yang sama.

Sebenarnya ada juga cara lain yang bisa digunakan untuk mengecek kapasitas HDD, yaitu dengan melihat langsung ke bodi harddisk. Namun jika dibandingkan dengan cara-cara di atas, tentu trik ini kurang efisien.

Itulah beberapa cara cek harddisk laptop yang bisa dicoba diterapkan secara mandiri, sangat mudah bukan?

 

Sumber gambar: iStock Free Image

Leave a Comment