Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android (Semua Merk)

Ada kalanya pemilik ponsel Android banyak mengunduh aplikasi untuk memenuhi kebutuhan bersosial medianya. Namun, terkadang mereka malah cemas kalau-kalau ada orang lain yang menggunakan ponsel kita. Untungnya lewat perkembangan zaman, muncul teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk menyembunyikan aplikasi di direktori tertentu. Sehingga orang lain yang tidak pernah membuka HP tersebut tidak mungkin bisa menemukannya tanpa petunjuk dari si pemilik. Lalu, bagaimanakah prosedur cara menyembunyikan aplikasi yang bisa dijajal?

Panduan Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

Untuk bisa menyembunyikan aplikasi-aplikasi di perangkat HP, beberapa metode di bawah ini mungkin bisa dipertimbangkan penggunaannya.

Menggunakan Fitur Bawaan HP

Sebenarnya, perangkat Android pun dibekali dengan fitur menarik yang bisa menyembunyikan aplikasi. Namun sayangnya, tidak semua merk dan seri Android punya fitur ini di dalamnya. Untuk Anda yang punya fitur ini dan tertarik untuk mengaktifkannya, sejumlah langkah berikut bisa ditiru.

  1. Tekan dan tahan layar selama beberapa saat ketika berada di halaman beranda utama.
  2. Biasanya, akan muncul sejumlah menu yang bisa dipilih, silakan klik opsi Pengaturan Home Screen.
  3. Apabila menu pengaturan sudah terbuka, cari opsi Hide App untuk menyembunyikan aplikasi. Setelah itu, pilih aplikasi yang hendak disembunyikan dan klik Terapkan.
  4. Kini, cek kembali menu aplikasi Android. Apabila proses ini berhasil, aplikasi tadi tidak akan ditampilkan di beranda utama lagi.

Memanfaatkan Launcher Android

Jika kebetulan ponsel selular yang Anda gunakan tidak digawani dengan fitur penyembunyian aplikasi bawaan, Anda bisa memanfaatkan keberadaan aplikasi pihak ketiga bernama Android Launcher atau Tema Android. Diketahui, ada banyak sekali opsi launcher yang punya fitur ini, namun dalam panduan ini kita akan menggunakan launcher bertajuk Apex Launcher. Adapun langkah-langkah lengkapnya bisa disimak dalam urutan berikut.

RajaBackLink.com
  1. Download dan instal aplikasi Apex Launcher di Google Play Store. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis tanpa admin sepeser pun.
  2. Setelah itu, lakukan kustomisasi Apex Launcher sesuai dengan preferensi pengguna.
  3. Usai proses konfigurasi selesai, silakan buka menu dan pilih opsi Pengaturan Apex.
  4. Di halaman Settings, pilihlah menu Aplikasi Tersembunyi, lalu lanjutkan dengan klik lebih banyak aplikasi tersembunyi dan klik aplikasi yang hendak disembunyikan.
  5. Sembunyikan aplikasi guna mempertahankan setting yang Anda lakukan. Secara otomatis, Anda akan diarahkan ke halaman aplikasi yang berhasil disembunyikan dari halaman utama ponsel.

Menggunakan Aplikasi Hide App

Layanan lain yang bisa dicoba untuk menyembunyikan suatu aplikasi di perangkat Android ialah Hide App. Jika ditanya soal alasan kenapa pengguna perlu menyembunyikan aplikasi, disamping perkara privasi, jawabannya mungkin karena layanan tersebut tidak bisa berfungsi di server root Android yang digunakan.

Nah, jika Anda tertarik untuk mencoba layanan Hide App, panduan berikut mungkin akan membantu.

  1. Mula-mula, install aplikasi Hide App yang bisa didapat secara gratis melalui Google Play Store.
  2. Setelah itu buka aplikasinya untuk memproses lebih jauh. Umumnya akan muncul dialog baru bertuliskan Periksa ROOT tersedia. Pada fase ini, silakan klik Berikutnya, mengingat Anda tidak harus rooting ponsel.
  3. Saat berada di halaman beranda, tekan opsi Tambah.
  4. Kemudian, centang aplikasi yang hendak disembunyikan. Lalu, klik opsi Hide guna menyembunyikan aplikasi.
  5. Biasanya, aplikasi yang berhasil disembunyikan bakal dimunculkan pada halaman Hide Home dari perangkat itu.
  6. Pertama unduh dan instal aplikasi Hide dari Google Play Store.

Itulah beberapa rekomendasi cara menyembunyikan aplikasi Android yang bisa Anda coba terapkan, cukup mudah bukan?

 

Sumber gambar: Unsplash Free Image

Leave a Comment